Cara Meroot Android Hanya Dalam 1 menit Tanpa Komputer

Pengguna ponsel pintar dari tahun ke tahun meningkat secara drastis. hal ini disebabkan karena kemudahan mendapatkan serta harga yang semakin terjangkau dari ponsel pintar tersebut. Di Indonesia sendiri pengguna ponsel pintar juga bertumbuh dengan pesat. Lembaga riset digital marketing Emarketer bahkan memperkirakan bahwa pada 2018 jumlah pengguna aktif ponsel pintar di Indonesia lebih dari 100 juta orang. Untuk jenis ponsel pintar tersebut bervariasi namun didominasi oleh ponsel android.


Pada dasarnya, ponsel android yang kita beli berisi aplikasi bawaan yang ditanamkan oleh pembuat ponsel tersebut. Keberadaan aplikasi ini tentu saja ada yang sangat berguna bagi pengguna ponsel namun ada pula yang tidak berguna atau yang biasa kita sebut bloatware. Keberadaan aplikasi-aplikasi bloatware ini tentunya bisa menjadi pengganggu dalam ponsel kita. bagaimana tidak, aplikasi tersebut memakan ram dan ruang penyimpanan serta bisa memperlambat kinerja dari ponsel kita.

Yang jadi masalah lain, beberapa aplikasi bawaan dari produsen ponsel android ini tidak bisa di buang/uninstal begitu sahaja seperti aplikasi lain karena aplikasi bawaan ini tertanam sebagai sistem yang hanya bisa diakses oleh superuser saja. Sedangkan dalam keadaan default kita hanya sebagai pengguna saja yang tidak bisa mengakses dan merubah fungsi dari sistem tersebut. Dari sinilah muncul sebuah solusi agar kita bisa memiliki akses penuh pada ponsel android kita yaitu dengan me-root os ponsel tersebut.
Daftar Isi

    Apa itu root, rooting/Me-root Android

    Root merupakan sebuah folder superuser binary (su binary) yang dimiliki oleh ponsel bersistem operasi android. Secara default hak akses ke folder tersebut dikunci oleh pembuat ponsel tersebut, sehingga bebrapa aplikasi bawaan tidak bisa diakses/dimodifikasi oleh pengguna biasa. Sedangkan Rooting Android merupakan proses modifikasi sistem operasi Android sehingga pengguna memiliki akses tanpa batas pada sistem tersebut. Akses tanpa batas berarti kita bisa mengubah, menghapus, menambahkan, mengacak-acak sistem android tersebut. Aktifitas rooting pada dasarnya diperbolehkan mengingat sistem operasi android merupakan sistem operasi open source yang dikhususkan untuk developer, yang artinya kita bisa melakukan modifikasi sebagai konstribusi dalam pengembangan sistem operasi tersebut.

    Fungsi rooting android

    Ada banyak skali manfaat dari me-root sistem operasi ponsel android, salah satunya yaitu untuk menghapus aplikasi bawaan  dari ponsel. Selain itu kita juga bisa melakukan pengaturan, tweaking dan merubah tampilan dari ponsel android, mulai dari animasi boot up sampai tema dan tampilan sistem. Mungkin yang paling utama adalah tweaking guna mendongkrak performa dari ponsel android kita. Selain itu kita juga bisa mengalihkan ruang instalasi aplikasi dari memori internal ke memori eksternal/sd card. Pemindahan ini bisa kita lakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ke tiga.  Hal ini tentu saja menguntungkan kita karena kita bisa memasang banyak aplikasi tanpa khawatir memori ponsel kita akan penuh.

    Keuntungan Dan Kerugian Rooting Android

    Perlu kita ketahui bahwa rooting pada ponsel android memiliki keuntungan dan pastinya kerugian. Ada banyak keuntungan yang bisa menjadi alasan mengapa kita harus meroot ponsel android kita. Bayangkan saja dengan kata "akses penuh" artinya kita bisa melakukan banyak tweaking pada ponsel sesuai dengan selera kita. Namun ada pula beberapa kerugian yang bisa kita dapatkan jika meroot sebuah ponsel android, dan jika tidak berhati-hati, maka hasilnya bisa fatal. Berikut ini beberapa keuntungan dan kerugian rooting ponsel android:

    Keuntungan Rooting Android

    • Akses penuh pada sistem operasi Android yang mana user dengan hak akses 'root' dapat dengan leluasa melakukan pengubahan apapun seperti halnya seorang developer/pengembang.
    • Dapat dengan leluasa menghapus aplikasi bawaan dari vendor ponsel android serta menginstal aplikasi tertentu sebagai sistem.
    • Bisa melakukan backup aplikasi dan sistem, pemulihan sistem, sehingga proses restore bisa dilakukan dengan mudah.
    • Bisa memasang kustom ROM guna mendapatkan tampilan serta performa yang lebih baik.
    • Kontrol penuh dari CPU dan kernel sehingga pengguna dapat melakukan Overclock prosesor perangkat Android sehingga kinerja ponsel menjadi lebih maksimal.

    Kerugian Rooting Android

    • Menghilangkan / membatalkan garansi produk perangkat Android.
    • Kegagalan pada proses rooting bisa menyebabkan malfungsi yang ditandai dengan kegagalan ponsel melakukan boot up atau biasa diistilahkan bootloop.
    • Kesalahan saat tweaking bisa menyebabkan malfungsi pada ponsel android, ponsel restart, atau mati sama sekali.
    • Kesalahan tweaking bisa saja menurunkan performa dari ponsel.

    Persiapan sebelum melakukan rooting Android

    • Backup semua data penting kalian seperti kontak, pesan dan sebagainya
    • Pastikan daya cukup.

    Cara rooting android kurang dari 1 menit tanpa pc/laptop

    Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk me-root android, bisa menggunakan aplikasi pihak ke tiga, langsung pada ponsel tersebut atau dengan menggunakan pc/laptop. Disini saya kan memberikan cara melakukan root tanpa menggunakan pc/laptop melainkan dengan menggunakan aplikasi yang bernama kingroot.apk, untuk langkah-langkahnya silahkan di simak di bawah:
    "ingat, resiko ditanggung sendiri!"

    • Download aplikasi kingroot langsung pada situs resminya di kingroot.net
    • pasang aplikasi tersebut lalu jalankan
    • Pada saat aplikasi tersebut dibuka, ia akan melakukan scan pada os kita untuk mengetahui apakah statusnya rooted atau tidak. Nanti akan muncul pemberitahuan “Root Access Unavailable”
    • tap tombol Try To Root
    • Silahkan tunggu sampai proses rooting selesai

    Cara mengetahui apakah proses rooting berhasil atau tidak

    Untuk mengetahui apakah proses rooting pada ponsel android kita berhasil atau tidak bisa dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama root checker yang bisa diunduh secara gratis di playstore.

    Akhir kata

    Perlu teman-teman pertimbangkan mengenai keuntungan dan kerugian sebelum melakukan rooting pada ponsel android kalian, jangan sampai kalian maun untung eh malah buntung. So jika kalian memutuskan untuk melakukan rooting sebaiknya lakukan dengan hati-hati sesuai dengan langkah-langkah yang disediakan di atas.