Cara mengatasi add-on tidak kompatibel setelah update firefox

Ketika sedang berinternet tentu kita akan menggunakan browser atau perambaan. Melalui aplikasi ini informasi mengenai banyak hal ditampilkan, menadi jendela interaksi dan transaksi serta banyak hal lainnya yang bisa dilakukan dengan menggunakan browser. Browser sendiri ada banyak, yang paling populer adalah google chrome, mozilla firefox, safari dan lain-lain.

Mozilla firefox merupakan aplikasi browser yang dijalankan pada berbagai sistem operasi seperti windows maupun android. Browser ini merupakan browser ke dua terbanyak digunakan pada pc/laptop setelah google chrome. Browser buatan mozilla corp ini merupakan browser yang bisa didownload gratis di situs resminya. Versi terbaru dari browser ini adalah versi 54.0.1.

Secara default browser-browser terkini sudah mendukung proses update secara otomatis. Pada saat kita terhubung ke internet, browser secara otomatis akan memeriksa apakah versi terbaru sudah tersedia atau belum. Jika sudah tersedia maka browser seperti firefox akan memunculkan pop up update untuk melakukan pembaruan.  Sangat disarankan untuk melakukan pembaruan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti masalah keamanan, kompatibilitas, performa, tampilan laman dan sebagainya.

Pada firefox, pada saat selesai melakukan pembaruan kadang add-ons aplikasi pihak ke tiga malah jadi tidak berfungsi. Alasannya adalah add-on tersebut tidak kompatible dikarenakan versi mereka lebih lawas daripada versi browser dan signature mereka tidak bisa diverifikasi. Salah satu add-on yang paling banyak terinstal pada browser adalah ad-on internet download manager (IDM). Add-on ini menjadi korban pematian secara sepihak oleh browser. Jika kita membuka tab add-on, maka tampak semua add-on aplikasi pihak ke tiga kecuali yang diunduh di market place semuanya didisable. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Ada dua pilihan yang disediakan yaitu mencopot pemasangan/menghapus serta melakukan pemasangan aplikasi add-on versi terbaru. Kita ambil contoh idm saja, kita bisa memperbaiki ketidak kompatibelan ini dengan cara mengunduh idm versi terbaru lalu memasangnya/upgrade. Hal ini tentu merepotkan mengingat aplikasi ini adalah aplikasi komersial alias berbayar. Memang sih sebenarnya cukup mudah untuk menemukan crack dari aplikasi ini namun rasanya cukup merepotkan.

Namun sebenarnya ada alternatif lain yang bisa dilakukan yaitu melakukan pengaturan manual pada firefox agar mengabaikan dan mengaktifkan kembali add-on tersebut. Caranya cukup mudah sebenarnya, kita hanya perlu mencari line mana yang perlu diubah pada konfigurasi firefox. Untuk lebih jelasnya silahkan simak step by step nya di bawah.

Cara mengatasi add-on tidak kompatibel setelah update mozilla firefox

1. Pada adress bar firefox ketikkan about:config lalu tekan enter. Nanti akan muncul pesan peringatan, klik tombol biru bertuliskan "I accept the risk"


2. Pada kolom search ketik signature nanti akan muncul list yang salah satunya xpinstall.signatures.required lalu cukup dengan klik dua kali pada tulisan tersebut maka valunya akan berubah dari true menjadi false.


3. Silahkan restart browser dan lihat hasilnya.
Dengan cara ini maka firefox tidak akan melakukan verifikasi signature pada add-on pihak ketiga alias mengabaikannya. Adanya add-on yang dimatikan setelah selesai melakukan pembaruan firefox kadang menjadi alasan bagi kita untuk melakukan pembaruan kedepannya, padahal seperti yang tersebutkan di atas bahwa pembaruan browser itu sangatlah penting. Ada penambalan sistem keamanan, ada peningkatan performa, serta yang tidak kala penting adalah tampilan laman suatu web yang lebih baik serta banyak manfaat lainnya. Contohnya saja pada pembaruan firefox, ada beberapa masalah yang di perbaiki antara lain yaitu: fix a display issue of tab title, fix a display issue of opening new tabfix a display issue when opening multiple tabs, fix a tab display issue when downloading files, fix a PDF printing issue, fix a Netflix issue on Linux. Jadi guys apa kalian merasa bahwa pembaruan itu perlu atau tidak ya itu terserah kalian that's your choice!


Komentar

Temporary Disabled