Cara Ampuh Untuk Menghemat Baterai Smartphone Android

Jaman sekarang setiap aktivitas tidak terlepas dari yang namanya smartphone Android. Namun smartphone rata-rata memiliki kapasitas daya yang cukup kecil kecuali untuk beberapa smartphone merek tertentu dan juga smartphone yang termasuk dalam kategori premium.  Kapasitas baterai yang kecil otomatis membuat masa pakai smartphone sampai pengisian daya ulang relatif singkat apalagi jika frekuensi pemakaian smartphone cukup tinggi. Hal ini bakal menyebabkan kita perlu membawa charger, baterai cadangan maupun power bank kemana-mana.

Cara Ampuh Untuk Menghemat Baterai Smartphone Android

Lalu bagaimana jika kita lupa membawa charger dan kita tidak memiliki baterai cadangan maupun power bank? Hal ini bisa diakali dengan melakukan sedikit pengaturan guna menghemat daya dari baterai smartphone kita agar bisa lebih lama digunakan. Silahkan disimak berikut ini.
Cara Ampuh Untuk Menghemat Baterai Smartphone Android

01

Mengatur Kecerahan


Layar merupakan salah satu bagian yang menyedot daya cukup besar pada baterai smartphone. Jika kalian mengecek baterai pada menu pengaturan, maka yang paling banyak menggunakan daya baterai adalah layar bersama sistem. Secara default kecerahan pada layar diatur dalam mode auto alias otomatis. Fungsi otomatis ini sebenarnya cukup membantu dimana pada saat kita berada diruangan yang cukup terang maka sistem akan secara otomatis mendeteksinya dan menaikkan kecerahan layar sehingga apa yang terdapat pada layer dapat terlihat jelas dengan mata, begitu pula sebaliknya jika kita berada diruangan yang gelap maka kecerahan akan diturunkan.

Namun pada banyak kasus, kecerahan yang diatur sistem secara otomatis terasa terlalu terang. Dengan kata lain perbandingan antara kondisi layar redup dan layar terang lebih banyak terangnya/kecerahan tinggi. Dan tentu saja hal ini akan membuat daya baterai yang dipakai lebih banyak. Jada jika kalian ingin daya baterai smartphone kalian lebih hemat, kalian bisa mengatur ulang kecerahannya, jangan menggunakan mode otomatis namun atur sampai seredup mungkin namun masih bisa terlihat dengan jelas. Caranya cukup swipe turun pada layar dan tap pada tulisan auto, atau masuk pada menu pengaturan lalu pilih display lalu brightness.

02

Matikan koneksi Data Seluler dan Wifi


Cara ini juga sangat efektif dalam menghemat daya baterai smartphone kalian. Pada saat koneksi data seluler dalam kondisi aktif, salah satu bagian dari smartphone yang berfungsi untuk mencari jaringan akan bekerja lebih ekstra mencari jaringan yang terbaik. Bisa kita lihat pada saat kita berada pada lokasi dengan kondisi jaringan yang cukup miskin, maka smartphone akan terasa sedikit lebih panas. Bahkan pada saat koneksi internet yang kita gunakan menggunakan koneksi wifi smartphone akan tetap mencari jaringan seluler yang terbaik jadi sebaiknya jika memang sedang tidak dibutuhkan bisa dimatikan saja. Begitupula dengan koneksi wifi walaupun daya yang digunakan tidak sebanyak jika data seluler diaktifkan, namun sebaiknya dimatikan saja jika tidak digunakan.

03

Matikan Aplikasi Belakang Layar


Pada saat kita memasang aplikasi baru di smartphone kita, maka aplikasi tersebut akan segera memasang service secara otomatis yang bisa berjalan sendiri tanpa membuka aplikasi utamanya. Salah satu contoh service ini seperti notifikasi aplikasi chat seperti whatsapp, line, bbm dan sejenisnya. Pada beberapa merek smartphone sudah memiliki aplikasi seperti mobile manager yang bisa digunakan untuk memanage aplikasi yang berjalan.

04

Matikan Layanan Lokasi/GPS


Kadang kita tidak menyadari bahwa gps pada smartphone kita dalam kondisi aktif. Gps sendiri bisa digunakan oleh aplikasi tertentu seperti facebook untuk menentukan lokasi kita, kamera jika kita mengaktifkan fungsi tag lokasi, dan banyak aplikasi lainnya juga menggunakan servis gps ini. Coba kalian aktifkan gps pada smartphone kalian dan bandingkan lebih panas dan boros baterai mana saat gps sedang aktif atau saat gps sedang dinonaktifkan? jawabannya sudah jelas saat gps diaktifkan. Jadi jika memang sedang tidak menggunakan layanan lokasi ini sebaiknya dimatikan saja. Caranya cukup swipe kebawah pada aria status bar lalu off kan location atau masuk ke menu setting, pilih location dan atur ke posisi off.

05

Aktifkan Fungsi "Do Not Disturb"


Salah satu metode yang bisa kita gunakan untuk menghemat daya baterai yaitu dengan mengaktifkan fitur do not disturb. Caranya masuk ke pengaturan lalu scroll ke bawah dan pilih do not disturb. Silahkan atur sesuai kebutuhan.

Selamat mencoba...
Komentar

Temporary Disabled