Cara Mendownload Installer Windows 10 Terbaru

Tidak dapat dipungkiri bahwa sistem operasi windows merupakan sistem operasi terbanyak yang tertanam di perangkat komputer dan versi teranyar dari platform ini adalah windows 10 yang boleh dikatakan sebagai versi terbaik dan termutakhir yang perlahan-lahan menggusur popularitas versi sebelumnya yaitu windows 7. Windows 10 hadir dengan banyak sekali fitur yang membuatnya lain dari pada yang lain, termasuk sistem operasi seperti masc, linux maupun dari versi windows sebelumnya. Awalnya sistem operasi ini bisa diunduh secara gratis jika perangkat komputer yang kita miliki sebelumnya sudah terpasang windows versi sebelumnya seperti windows 7, 8, 8.1 dan vista.

Cara Mendownload Installer Windows 10 Terbaru


Windows 10 merupakan sistem operasi versi teranyar yang dikembangkan dan dirilis oleh microsoft. Setelah sebelumnya pengembangan dari versi lawas seperti xp sampai 8 sudah dihentikan, sistem operasi ini menurut kabar merupakan yang terakhir yang artinya kedepannya tidak akan ada windows 11, 12 atau yang lainnya. Hanya versi 10 ini saja yang akan terus dikembangkan dengan pembaruan-pembaruan terbaru sesuai dengan kebutuhan konsumen maupun perkembangan jaman. Sistem operasi ini bisa dibilang penyempurnaan maupun kombinasi dari versi sebelumnya yang ditambah dengan banyak fitur baru. Selain itu desain dari windows 10 bisa dibilang sangat catchy, sangat update dengan gaya flat yang kini sedang naik daun.

Pada artikel ini akan saya jabarkan cara mengunduh installer windows 10 baik 32bit maupun 64bit langsung di situs resminya. File yang akan disownload nantinya dalam format iso yang bisa diburn pada dvd ataupun flashdish sebagai installer.

Cara Mendownload Installer Windows 10 Terbaru

Sebelum kita menuju ke cara mendownload installer window 10 terbaru ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan di sini yaitu antara lain:
  1. Koneksi internet. Pastikan koneksi internet yang kita miliki cepat dan bagus karena ukuran file installer windows 10 yang akan kita download tidak kecil, sekitar 3 GB.
  2. Persyaratan minimum perangkat. Perlu diperhatikan bahwa sebelum men download dan memasang windows 10 kita harus memastikan terlebih dahulu bahwa perangkat kita sudah memenuhi kriteria alias persyaratan minimum yang dibutuhkan dalam pemasangan sistem operasi windows 10, yaitu:
  • 20 GB ruang kosong pada hardisk
  • Ram paling sedikit 1 GB, direkomendasikan ramnya 2 GB ke atas.
  • Proseccor setidaknya dual core
Jika semua persyaratan terpenuhi maka kita bisa langsung menuju ke tahap download. Untuk mendownload installer windows 10 di situs resmi microsoft, bisa menggunakan dua metode yaitu dengan memanfaat aplikasi downloader yang bernama windows media creation tool yang disediakan oleh microsoft. Fungsi aplikasi ini yaitu sebagai downloader sekaligus writer pada usb driver maupun dvd installer. Metode berikutnya yaitu bisa dengan tips yang sedikit tricky tanpa menggunakan bantuan aplikasi pihak ke tiga. Berikut ini langkah-langkahnya:

Dengan menggunakan media creation tool
  • Silahakan masuk ke area download pada situs resmi microsoft pada link di bawah
  • Klik tombol download tool now untuk mengunduh aplikasi windows media creation tool. Ukuran kecil sekitar 18 MB.
  • Buka media creation tool nanti akan muncul popup keamanan, cukup klik yes.
  • Klick accept persetujuannya.
  • Pilih bahasam edisi windows, architecture apakah x32 atau x64, lalu klik next.
  • Pilih file iso lalu tekan enter.
  • Pilih lokasi penyimpanan file iso windows 10 ini, lalu silahkan tunggu samapi proses download selesai.
Mendownload tanpa menggunakan Media Creation Tool
Mincrosoft sebenarnya memiliki aturan tidak mengijinkan kita mendownload windows 10 secra langsung tanpa menggunakan media creation tool makanya saya bilang bahwa cara ini cukup tricky yaitu dengan memanfaatkan kenyataan bahwa aturan tersebut hanya berlaku pada pengguna pc saja. Di sini kita menggunakan fitur browser yaitu responssive design mode jadi seakan-akan kita akan mendownload dengan menggunakan perangkat mobile. Berikut ini langkah-langkahnya:
  • Silahkan menuju ke link download di bawah
  • Klik kanan lalu pilih inspect element
  • Pilih responsive design view pada firefox atau tab device pada chrome lalu refresh/reload halaman download tersebut.
  • Silahkan pilih versi, edisi, update, bahasa maupun asitekturnya.
  • Selesai.
Jika download sudah selesai, kita tinggalnya membuat media installer windows 10 saja.
Komentar

Temporary Disabled