Cara mengatasi koneksi internet bengong pada ponsel android

Cara mengatasi koneksi internet bengong pada ponsel android
Kadang saat kita sedang berselancar di dunia maya atau bersosial media ria baik itu menggunakan smartphone maupun portable computer alias Pc tiba-tiba koneksi internet menjadi bengong. Tentunya hal tersebut membuat kita sangat jengkel. Koneksi internet yang bengong kebanyakan dialami oleh para pengguna perangkat ponsel pintar android. Penyebabnya entah berasal dari perangkat kita atau dari penyedia layanan internet saya kurang tahu pasti. Jika kalian mengalami hal ini tenang saja, berikut ini beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi hal tersebut, dijamin work!

1. Matikan dan hidupkan kembali data seluler
Cara yang pertama yaitu dengan mematikan data seluler selama beberapa saat kemudian menghidupkannya kembali. Dengan cara ini kita merefresh koneksi dan kita akan mendapatkan alamat ip baru dan yang pastinya koneksi akan normal kembali. cara ini biasanya work.

2. Masuk ke mode pesawat
Cara ini sebenarnya sebenarnya mirip saja dengan cara yang pertama, namun prinsip kerja dari cara ini sedikit berbeda. Pada saat kita masuk ke mode pesawat, radio dari perangkat kita akan dimatikan total artinya ponsel benar-benar terputus dari layanan operator seluler. Akibatnya kita tidak bisa melakukan panggilan, mengirim dan menerima sms, internetan dan sebagainya. Untuk mengatasi koneksi bengong cukup aktifkan mode pesawat selama beberapa saat lalu matikan kembali mode ini. Radio ponsel akan secara otomatis mengirimkan permintaan registrasi ke jaringan operator secara otomatis untuk mendapatkan layanan kembali.

3. Mengganti APN
Apn merupakan singkatan dari "access point name". Yaitu nama dari sebuah gerbang/penghubung antara gsm, gprs, 3g, 4g jaringan seluler dan jaringan lain komputer. Singkatnya apn ini adalah sebuah konfigurasi yang menghubungkan sebuah perangkat dengan internet. Jadi bisa dibayangkan betapa pentingnya apn ini. Apn untuk setiap operator penyedia layanan internet biasanya berbeda-beda dan terkonfigurasi secara otomatis saat kita menggunakan layanan mereka. Namun jika koneksi internet bengong kita bisa mencoba terhubung ke internet dengan menggunakan apn dari operator lain. Misalnya jika kita menggunakan layanan telkomsel, kita bisa menggunakan apn dari axis atau dari operator lainnya, tetap work kok. Silahkan dicoba saja.

Namun jika ketiga cara di atas tidak work, silahkan periksa kondisi jaringan di status bar ponsel kalian. Apakah tulisan 3G, H atau 4G ada atau tidak. Jika tulisannya menghilang artinya sedangkan ada gangguan pada pada layanan operator. Silahkan ditunggu beberapa saat, bisa dalam hitungan menit sampai berjam-jam, nanti akan normal lagi. Atau kalian bisa menghubungi costumer service menanyakan perihal status koneksi internet kalian. Biasanya layanan ini akan dikenai biaya sekitar Rp. 300 per panggilan.

Jika tulisan tersebut di atas ada namun koneksi tetap bengong, coba kalian cek dululah apa kuota internet kalian masih ada atau tidak. Jika ternyata sudah habis, angkat tangan dengan telapak tangan menghadap dan sejajar dngan muka kalian terus silahkan tampol muka kalian sendiri heheh.

ok ok demikian postingan singkat yang berjudul "cara mengatasi koneksi internet bengong pada ponsel android", semoga berfaedah.