Untuk Pertama Kali, Pembelian Rumah Menggunakan Bitcoin

Biasanya transaksi dengan mata uang digital ini hanya dilakukan untuk pembelian barang maupun jasa dengan nilai kecil seperti yang biasa kita lakukan dalam transaksi online. Transaksi dengan menggunakan bitcoin masih terbatas karena tingkat kepercayaan masyarakat yang masih kurang, serta kurangnya pengetahuan tentang bagaiman mengkonversi bitcoin tersebut menjadi mata uang biasa. hal tersebut membuat orang lebih memilih transaksi dengan transfer bank, paypal atau transkasi dengan menggunakan akun virtual lainnya.

Untuk Pertama Kali, Pembelian Rumah Menggunakan Bitcoin
bitcoin the future currency, credit: public domain

Namun tidak dengan transaksi yang satu ini. Untuk pertama kalinya, sebuah perusahaan real estate yang berbasis di Texas, Kuper Sotheby’s International Realty menerima pembayaran berupa bitcoin. Jika transaksi sebelumnya terbatas dan hanya untuk stuff yang kecil saja, kini sudah menjangkiti pangsa yang lebih besar, tidak tanggung-tanggung sebuah rumah real estate.  Menurut agen dari penjualan real estate tersebut, transaksi dengan menggunakan bitcoin ini adalah yang pertama kali setelah 33 tahun. Transaksinya berlangsung sangat singkat karena pembeli hanya mentransfer sejumlah bitcoin ke perusahaan real estate tersebut tersebut. Dalam 10 menit bitcoin tersebut kemudian dikonversi menjadi dolar.

Ini merupakan sebuah berita yang positif mengingat di Amerika tingkat kepercayaan masyarakat terhadap mata uang digital ini masih rendah. Bahkan menurut sebuah artikel dari forbess dikatakan hanya sekitar 78.50% warga Amerika yang tahu tentang bitcoin. Sekitar 11% dari warga yang tahu tersebut berpendapat bahwa memiliki bitcoin legal, sedangkan 48% lainnya tidak yakin mengenai kelegalan bitcoin ini. Transaksi dengan bitcoin ini tentu akan semakin meningkatkan popularitas serta kepercayaan masyarakat Amerika dan masyarakat global tentang bitcoin. Apalagi dengan nilainya tiap waktu terus bertambah. Per 19 September 2017 saja nilainya sudah menyentuh 4000 dolar Amerika untuk 1 bitcoinnya. hal tersebut juga bisa menjadi pertimbangan untuk menggunakan bitcoin sebagai objek investasi selain emas dan property.

Beberapa pengamat berpendapat bahwa bahwa bitcoin akan menjadi mata uang yang akan menggantikan mata uang yang sekarang di masa depan. Sedangkan beberapa yang lain masih berpendapat bahwa bitcoin adalah sebuah penipuan bahwa masih banyak yang tidak tahu menahu tentang bitcoin ini.  Bitcoin adalah mata uang masa depan adalah sebuah konsep yang masuk akal. Kemudadahan transaksi dengan uang digital tentu bisa dijadikan sebagai salah satu menjadi alasan.

Ada beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan mengapa kita harus memiliki bitcoin beberapa diantaranya yaitu:

1. Nilainya terus bertambah

Tidak bisa dipungkiri bahwa nilai bitcoin terus bertambah seiring berjalannya waktu. Saat ini saja nilai satu bitcoin adalah sekitar 4000 dolar Amerika atau kalau di rupiahkan sekitar 54 juta rupiah. Hal ini membuat bitcoin sebagai objek investasi selain emas dan property. Misalnya bulan lalu nilai 1 bitcoin sekitar 3500 dolar Amerika, sekarang sudah tembus 4000 doalar Amerika, naiknya sangat-sangat signifikan. bahkan kita bisa berspekulasi bahwa dalam 10 tahun kedepan nilai satu bitcoin bisa saja ekivalen 100000 dolar Amerika.

2. Kemudahan dan keamanan transaksi

Transaksi dengan menggunakan bitcoin juga terbilang mudah, hanya dengan mengirimkan sejumlah bitcoin ke alamat wallet dan transaksi selesai. Selain itu transkasinya juga dikalim aman. Belum lagi transaksi dengan bitcoin tidak dikenai pajak.

3. Diterima secara global

Keyakinan bahwa mata uang digital akan diterima secara global pastinya besar. Seiring perkembangan jaman yang semakin canggih, segala sesuatu yang ada serba virtual. hal ini pastinya akan membuat bitcoin mudah diterima oleh masyarakat global sebagai sebuah alat transkasi yang sah menggantikan mata uang umum. Di beberapa negara transaksi dengan menggunakan bitcoin sudah dilegalkan oleh pemerintah, salah satunya adalah Jepang, ada juga yang melegalkan tapi membatasi. Selain itu bitcoin tidak dikuasai oleh bank sentral sehingga bisa meningkatkan kredibilitas bitcoin dan transparansi penggunaannya.

Nilai yang terus bertambah secara konstan membuat bitcoin sebagai mata uang masa depan sangat tidak mustahil. Jika sekarang saja transaksi dengan menggunakan bitcoin sudah merambah ke real estate, sangat besar kemunkinan akan merambah ke transaksi besar yang lain. Mungkin nantinya tidak hanya rumah, kita bisa membeli mobil dengan bitcoin. Bagaimana, apakah anda tertarik memiliki bitcoin?

Demikian artikel singkat tentang bitcoin ini, semoga bermanfaat.
Komentar

Temporary Disabled