Bitcoin, Mata Uang Digital


Apa itu Bitcoin

Bitcoin adalah sejenis mata uang elektronik atau cryptocurrency yang digunakan dalam sistem pembayaran digital. Bitkoin ini dibuat oleh Satoshi Nakamoto yang mempublikasikan penemuannya dalam sebuah mailing list dengan judul "Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System" pada 31 oktober 2008. Transaksi dengan bitcoin menggunakan model pembayaran peer to peer desentralisasi yang airtinya model pembayarannya dikontrol langsung oleh pihak pertama dan kedua tanpa melibatkan pihak lain atau pihak ketiga. Beberapa orang berpikir bahwa bitcoin merupakan mata uang masa depan yang akan menggantikan model uang masa kini. Hal ini tentunya masuk akal mengingat transaksi digital dengan bitcoin merupakan transaksi yang terbilang mudah dan sangat aman.
Bitcoin, Mata Uang Digital
Bitcoin, Mata Uang Digital

Satuan Bitcoin

Satuan terkecil dari bitcoin disebut satoshi dengan nilai 0.00000001 B untuk setiap satoshinya. Untuk bisa mendapatkan 1 Bitcoin diperlukan 100000000 satoshi. Untuk lengkapnya silahkan lihat dibawah conversinya:
1 Satoshi = 0.00000001 B
10 Satoshi = 0.0000001 B
100 Satoshi = 0.000001 B
1,000 Satoshi = 0.00001 B
10,000 Satoshi = 0.0001 B
100,000 Satoshi = 0.001 B
100,000,000 Satoshi = 1 B
Lalu bagaimana dengan nilai nilainya dalam mata uang umum?
Nilai aetiap bitcoin terhadap mata uang umum seperti dolar Amerika terbilang sangat tinggi. Bayangkan saja untuk 1 bitcoin itu setara dengan 3917.00 US Dollar atau hampir 52 juta rupiah. Tren bitcoin sangat positif, jadi nilai tiap bitcoinnya akan terus bertambah.

Kelegalan Bitcoin

Bitcoin sejauh ini merupakan mata uang yang legal secra luas. Namun ada beberapa negara seperti Argentina dan Rusia, negara bagian di Amerika yang mengilegalkan penggunaan mata uang digital ini. Ada juga negara yang melegalkan namun membatasi transaksi dengan bitcoin ini.

Keamanan Bitcoin

Bitcoin disimpan dalam wallet yang dimana data/identitas pengguna bisa dilindungi dengan backup dan enskripsi jadi sangat kecil kemungkinan identitas pengguna dicuri. Setiap pemilik bitcoin memiliki public key atau semacam nomor identitas. Dalam proses transaksi akan ditampilkan nomor identitas. Dalam melakukan transaksipun hanya bisa dilakukan oleh pengguna yang sah dan dengan sistem pengamanan kriptografi

Transaksi Dengan Menggunakan Bitcoin

Dalam melakukan transaksi dengan menggunakan sistem bitcoin diperlukan sebuah database global yang namanya rantai-blok (blockchain). Blockchain merupakan sebuah rekaman terhadap seluruh proes transaksi yang pemiliknya pernah lakukan dengan menggunakan mata uang bitcoin. Blockchain ini juga memberikan informasi mengenai bitcoin yang diterima dan dikirim lengkap dengan jumlah dan alamat dompet pengirimannya. Dengan adanya blockhain, komputer pengguna bisa melakukan verifikasi terhadap keabsahan sebuah transaksi. Transaksi dengan menggunakan bitcoin terbilang cukup mudah, cukup dengan mengirimkan sejumlah satoshi dari wallet (dompet) ke wallet pengguna lain.

Bitcoin untuk aktivitas ilegal? kembali lagi bahwa bitcoin itu mata uang, jadi transaksi baik legal maupun ilegal bisa dilakukan dengan menggunakan bitcoin. Bahkan sekarang transaksi di darkweb semua menggunakan bitcoin karena dianggap aman (anonymous).

Kepopuleran Bitcoin

Tidak bisa dipungkiri bahwa bitcoin sudah dikenal secara luas dan memiliki tingkat kepopuleran yang tinggi. Sejak tahun 2012 bitcoin sudah diekspos oleh banyak media. Dengan nilai yang terus bertambah signifikan setiap tahunnya, banyak orang yang mengincar untuk memiliki bitcoin ini.

Cara Mendapatkan Bitcoin

Cara untuk mendapatkan bitcoin biasanya disebut menambang (mining). Proses menambang ini menggunakan bantuan perangkat lunak khusus. Selain itu diperlukan juga komputer dengan spesifikasi posessor tinggi dikarena dalam menggenerate bitcoin ini memerlukan perhitungan matematis yang sangat rumit. Nantinya para penambang ini akan diberikan beberapa satoshi sebagai upah. Selain itu banyak juga situs khusus yang akan memberikan satoshi dengan melakukan beberapa tugas (tasks) seperti memasukan chaptca. Setelah chaptca dimasukkan dan digenerate, nanti pemilik situs akan memberikan beberapa satoshi ke akun kita. Proses yang sama bisa dilakukan kembali setelah beberapa menit namun dengan syarat laman web tersebut tidak boleh ditutup alias harus tetap online. Jumlah satoshi yang diberikan pun bervariasi bahkan ada yang bisa memberikan sampai 2000 satoshi. Cukup mudah kan untuk mendapatkan satoshi ini, cukup masukkan chaptca kita sudah diberikan beberapa satoshi yang pada jumlah tertentu bisa dikirinkan ke wallet kita. Lumayan kalau kalau rajin bukan tidak mungkin kita bisa menghasilkan 1 bitcoin. Bagaimana, tertarik?
Komentar

Temporary Disabled