Gila 1 Bitcoin = $16842.33 atau sekitar Rp.240 juta hari ini!

Gila!! itu kata pertama yang keluar dari mulut saya ketika melihat nilai tukar untuk 1 bitcoin pada sebuah situs konverter pada hari ini. Bagaimana tidak hasil yang ditunjukan situs tertsebut terlalu mengejutkan. Nilai tukar untuk satau bitcoin pada hari ini (sekitar pukul 10 pagi WITA) terbilang amat sangat fantastis sekali yaitu $16842.33 atau lebih dari 240 juta rupiah atau tepatnya Rp. 240.604.714 (kurs = Rp. 13.593/USD) untuk satu bitcoin.

Padahal pada artikel tentang bitcoin yang saya tulis pada pertengahan bulan September lalu nilai tukar untuk satu bitcoin adalah $3800-an. Jadi dari pertengahan bulan September sampai hari ini, 12 Desember 2017, nilai tukar untuk 1 bitcoin meroket tajam. bagaimana Saya tidak kaget cobak. Kenaikannya sangat tajam dalam rentang waktu 3 bulan, bisa saya simpulkan bahwa kenaikan nilai tukarnya secara kasar lebih 100% perbulan. wow...

Setelah melihat nilai tukar bitcoin per hari ini saya langsung membuka akun blockchain saya yang isinya bisa dibilang stagnan untuk melihat berapa nilainya sekarang. Terpampang di dashboard jumlah saldo bitcoin saya 0.00146034 BTC atau sekitar $24.25. Saldo tersebut saya dapat dari berburu satoshi (satuan terkecil bitcoin) beberapa tahun yang lalu, tepatnya transaksi terakhir pada tahun 2014. Coba seandainya saya rajin berburu bitcoin sampai hari ini mungkin saya sudah bisa mengumpulkan 1 bitcoin. Sungguh sangat di sayangkan.

Coba kita perhatikan grafik nilai tukar bitcoin yang saya screenshoot dari halaman blockchain di bawah ini.

Grafik Nilai Bitcoin

Nilai tukar bitcoin terus pada grafik di atas sangat positif tampak pada 9 atau 10 Desember nilainya meroket tajam menyentuh angka $17500, Gila, walaupun hari berikutnya sempat anjlok namun kembali menguat bahkan sampai menyentuh angka $17300-an. Pada saat screenshoot ini saya ambil $16658,33 per bitcoinnya, minus hampir $200 pada saat saya ke situs konversi pagi tadi. Angka-angka tersebut menunjukkan seberapa volatilnya nilai tukar dari bitcoin ini. Namun terlihat juga bahwa nilainya terus meningkat setiap bulannya.

Berbicara tentang bitcoin di Indonesia, mata uang digital ini masih samar-samar. Kebanyakan orang belum mengetahui bahwa bitcoin itu apa, untuk apa cara pakainya bagaimana, bagaimana cara belinya dan sebagainya. Tentu saja mereka masih awam. Yang tahu cuman mereka yang aktif mengakses internet karena pada hakikatnya bitcoin itu mata uang digital.

Tingginya nilai tukar bitcoin yang kini menyentuh angka Rp.240 juta tentu membuat masyarakat merasa curiga dan tidak yakin dengan yang namanya bitcoin ini. Kebanyakan mereka pasti berpendapat bahwa berinvestasi dengan bitcoin itu rawan alias bahaya. Kebanyakan pasti berpikir investasi pada bitcoin itu semacam skema PONZI, padahal tidak mirip sama sekali, tidak ada struktur piramid, tidak upline yang diuntungkan saat anda berinfestasi pada bitcoin. Banyak juga yang takut berinvestasi karena mereka berfikir bahwa jika banyak orang yang berinvestasi secara besar-besaran dan mencairkan bitcoin tersebut saat nilainya tinggi akan menyebabkan nilai tukar bitcoin anjlok. Hal-hal ini membuat orang semakin skeptis mengenai bitcoin. Namun saya sendiri yakin bahwa dengan tren yang sangat positif pasti bitcoin akan menjadi sangat populer.

Berdasarkan beberapa artikel yang saya baca, di Amerika sendiri sudah banyak pengusaha besar yang berinvestasi pada bitcoin. Pengusaha besar loh, mereka yakin bahwa bitcoin ini memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Bahkan ada real estate yang sudah menerima transaksi dengan bitcoin.

Saya juga pernah melihat sebuah video tentang seseorang yang membeli bitcoin di sebuah kota di Inggris. Dia membeli bitcoin cukup dengan menggunakan uang kertas yang dimasukkan langsung pada mesin ATM khusus bitcoin yang terdapat pada toko-toko tertentu, ia membelanjakan tiap 10 dolar pada rentang waktu tertentu untuk melihat seberapa volatile nilai bitcoin. Sungguh luar biasa keberadaan ATM ini, orang yang ingin berinvestasi pada bitcoin tentu merasa lebih di permudah. Bagaimana di Indonesia? Apakah ATM semacam ini sudah tersedia? Sepertinya belum, coba kalau sudah ada pasti saya akan berinvestasi besar-besaran.

Bagaimana? nilai 1 bitcoin saat ini sekitar Rp. 240000000, ayo berburu bitcoin :)
Komentar

Temporary Disabled