Iklan Adsense tidak muncul di sambungan HTTPS?

Baru-baru ini saya mencoba mengubah sambungan http menjadi https pada situs goinsan.com dengan menggunakan ssl gratis dari cloudflare. Alhasil setelah menunggu selama 24 jam akhirnya goinsan.com bisa diakses dengan prefiks https yang menunjukkan situs ini dienskripsi dalam sambungan aman.

Iklan Adsense tidak muncul di sambungan HTTPS

Tentu hal ini menjadi sebuah keuntungan karena google sendiri sangat mendorongan pemilik situs untuk menggunakan sambungan aman dan bahkan menjajikan rangking yang lebih baik di mata search engine-nya. Belum lagi sertifikat yang diberikan oleh cloudflare gratis.

Namun masalah lain yang muncul setelah saya menggunakan sambungan aman pada situs ini. Ternyata beberapa iklan malah blank alias kosong. Berdasarkan beberapa artikel yang saya baca, beberapa perusahaan pengiklan memberikan link iklan yang belum support sambungan aman. Alhasil ya iklan tidak akan ditampilkan di browser. Hal ini sungguh ironi mengingat google mendorong penggunaan sambungan aman namun menyediakan iklan yang belum mendukung sambungan aman.

Saya sering mendengar banyak teman blogger yang mengatakan bahwa beralih dari http menjadi https menurunkan pendapatan mereka dan kini saya tahu alasannya kenapa. Iklan yang tidak muncul jelas akan mengurangi kemungkinan klik terjadi, alhasil yah pendapatan anjlok.

Lalu bagaimana cara mengatasi iklan yang tidak muncul pada sambungan https ini?
Saya pun mengajukan pertanyaan di forum bantuan adsense dengan tajuk "Adsense ads are not showing in https" entah bahasa Inggris saya sudah benar atau tidak yah, bodoh amat hehe. Deskripsi saya kurang lebih seperti ini:
Hi...
I've changed my site from http to https but now I'm having a problem. Some adsense ads disappear. I've search the solution but couldn't find any. Is it possible to be fixed?
thank bh
Insan

Saya akhirnya mendapatkan tanggapan seperti ini dari "pakar" Adsense:

You may be running old ad code which supports http only (not https)
The new code supports both http and https
What is your website?

Kalau diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih seperti ini: "sepertinya anda masih menggunakan kode iklan yang lama yang hanya mendukung http saja". Saya langsung paham maksud kalimat tersebut karena sebelumnya saya sudah mengakses bantuan adsense yang menujukkan bahwa kode iklan lama seperti apa. Kode iklan tersebut masih menggunakan "http://" pada kode protocol-less-nya. Namun untuk kode iklan yang baru hanya menggunakan "//" tanpa awalan http yang menunjukkan bahwa kode iklan adsense ini mendukung sambungan http maupun https.

Sampai artikel ini dibuat, trit yang saya buat belum mendapatkan jawaban berarti dari para pakar.  Jika seperti ini maka artinya belum ada solusi yang pasti mengenai permasalahan ini. Situs ini pun sudah dialihkan kembali ke http.
avatar
Written by

"A good boy who keeps dreaming to have a better live but doing nothing to achieve it"