🌾 Pengertian Agrikultur dan Contohnya

— Diupdate Januari 10, 2023
agrikultur dan contohnya
Tanaman Pangan merupakan salah satu sektor agrikultur

Pengertian Agrikultur

Pengertian Agrikultur dan Contohnya - Agrikultur 🌾 atau pertanian adalah kegiatan yang dilakukan manusia untuk memperoleh bahan pangan dengan cara memanfaatkan sumber daya hayati yang ada demi memenuhi kebutuhan hidup.

Indonesia sendiri bisa dikatakan negara agraria namun hanya mampu menghasilkan produk hasil pertanian sekitar 14.43% pada tahun 2013 dari total pendapatan domestik bruto. Walaupun begitu, sektor agrikultur ini masih menjadi salah satu kunci dari kekuatan ekonomi Indonesia.

Sektor pertanian ini mempekerjakan sebagian besar penduduk dan memberikan kontribusi signifikan pada produk domestik bruto (PDB) negara. Tanaman utama yang ditanam di Indonesia meliputi padi, singkong, kacang-kacangan, karet, kakao, kopi, dan kelapa sawit.

Indonesia juga merupakan salah satu produsen kelapa sawit terbesar di dunia, yang digunakan dalam beragam produk, termasuk makanan, kosmetik, dan bahan bakar bio. Namun, ekspansi perkebunan kelapa sawit di Indonesia menjadi masalah kontroversi, karena ini menyebabkan hancurnya hutan hujan dan pengungsi masyarakat setempat.

Indonesia juga dikenal karena beragam buah-buahannya, seperti durian, manggis, dan rambutan, yang diekspor ke pasar di seluruh dunia. Selain itu, negara ini adalah produsen besar ikan, seperti tuna, udang, dan kepiting.

Salah satu tantangan yang dihadapi sektor pertanian di Indonesia adalah ketersediaan lahan pertanian yang terbatas, karena sebagian besar lahan ditutupi oleh hutan dan pegunungan. Selain itu, sektor ini menghadapi persaingan yang semakin ketat dari sektor lain seperti manufaktur dan jasa.

Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah telah menerapkan kebijakan yang ditujukan untuk meningkatkan produktivitas dan meningkatkan kesejahteraan petani. Ini termasuk fokus pada pengembangan tanaman bernilai tinggi, penggunaan teknik pertanian modern, dan promosi agro-wisata.

Sektor Agrikultur

Sektor Agrikultur
Sektor Agrikultur

Jika berbicara tentang agrikulur atau pertanian maka yang terlintas dalam pikiran kita bahwa segala sesuatu yang hanya berhubungan dengan tanaman saja. Namun tidak demikian. Sektor ini secara umum mencakup 5 sektor yaitu:

  1. Tanaman pangan
  2. Perkebunan
  3. Kehutanan
  4. Peternakan dan
  5. Perikanan

Produk-produk Agrikultur

1. Tanaman pangan

Tanaman pangan adalah tanaman yang ditanam dengan tujuan untuk dikonsumsi oleh manusia. Padi merupakan salah satu produk dari sektor tanaman pangan ini. Pada tahun 2017 produsksi gabah kering giling di Indonesia mencapai 82.3 juta ton. Contoh produk tanaman pangan:

  1. Padi
  2. Jagung
  3. Ubi
  4. Sayuran
  5. Buah-buahan

2. Perkebunan

Perkebunan menjadi salah satu sektor yang mengalami pertumbuhan yang cukup konsisten, dimana antara areal perkebunan maupun hasil produksi dari perkebunan ini berbanding lurus terhadap satu sama lain. hasil perkebunan ini memilki peranan yang cukup penting dalam pendapatan negara mengingat hasil dari perkebunan ini menjadi komoditi ekspor. Contoh produk perkebunan:

  1. Karet
  2. Kelapa Sawit
  3. Kelapa, Kopi
  4. Coklat (kakao)
  5. Teh.

3. Kehutanan

Kayu merupakan hasil dari sektor agrikultur ini. Produksi kayu harus mengikuti regulasi dari pihak terkait dalam hal ini kementrian lingkungan hidup dan kehutanan karena jika produksi kayu yang sembarang bisa berimbas pada kelestarian alam. Berikut produk dari sektor kehutanan:

  1. Kayu
  2. Pulp dan Kertas
  3. Minyak Atsiri

4. Peternakan

Sektor peternakan di Indonesia hampir semuanya diolah oleh rakyat sebagai sebuah usaha skala kecil. Di Indonesia peternakan digolongkan menjadi dua berdasarkan ukuran hewan ternaknya, yaitu peternakan besar seperti peternakan sapi, kuda, kerbau dan uyang kedua yaitu peternakan kecil seperti peternakan ayam, peternakan bebek dan lain-lain. Produk dari peternakan ini yaitu:

  1. Daging
  2. Susu
  3. Telur
  4. Wol.

5. Perikanan.

Indonesia merupakan negara maritim denga luas perairan laut mencapai 3.25 juta km persegi. Laut Indonesia yang kaya denga segala potensi di dalamnya terutama ikan menjadikan sektor ini memegang peranan penting dalam struktur sosial dan ekonomi. Produk perikanan seperti ikan selain digunakan untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri juga dijadikan sebagai komoditas ekspor. 

  1. Ikan
  2. Udang
  3. Rumput laut
  4. Mutiara

Penutup

Agrikultur adalah sektor yang sangat penting bagi perekonomian negara, Namun masih ada banyak ruang untuk perbaikan dan inovasi untuk mendukung petani, untuk mengurangi tekanan pada sumber daya alam dan memastikan praktek pertanian yang berkelanjutan.

Di sektor agrikultur ini terutama untuk sektor tanaman pangan, pemerintah harus lebih fokus guna meningkatkan hasil pangan. Ketersedian alat-alat pertanian modern seperti mobil pembajak dan pemanen tentunya sangat membantu pelaku pertanian untuk meningkatkan hasil produksi mereka.

Selain itu ketersediaan pupuk juga sangat penting. Pemberian subsidi pada pupuk oleh pemerintah ini tentunya sangat membantu petani walaupun masih banyak yang mengeluhkan bahwa harganya masih mahal.

Namun bukan itu yang menjadi masalah utama. Ketersediaan dan distribusi dari pupuk inilah yang menjadi masalah bagi para petani. Kadang terjadi kelangkaan pupuk di berbagai tempat yang entah penyebabnya karena produksi dari industri pupuk yang memang sedikit atau ada mafia-mafia pupuk yang sengaja memotong distribusi pupuk kepada petani.

edit
Tambahkan Komentarmu Sembunyikan Komentar 2

Batalkan

2 Komentar