Ketika Gambar Untuk Blog TIDAK DIKOMPRES

Beberapa hari yang lalu ketika berkunjung ke blog teman saya iseng-iseng ngeklik salah satu profil blogger lain di kolom komentar yang berflatform disqus. Ceritanya sih ya untuk nambah teman Bw. Saat nemu link blognya saya langsung klik siap menuju ke tkp.

Judul blog yang bersangkutan yang berupa gambar berukuran besar perlahan-lahan mulai muncul. Sambil menunggu blognya termuat sempurna saya buka tab baru dan berkunjung ke blog teman lainnya. Setelah membaca postingan terbaru yang cukup singkat dari blog teman saya langsung berkomentar dan beralih tab ke tab blog sebelumnya.

Namun ternyata blog tersebut belum termuat sempurna. Baru ujung-ujung gambar di postingan paling atas. Saya coba reload dan ternyata masih lama termuat. hmm

Iseng saya langsung buka gtmetrix untuk menganilisis halaman beranda dari blog tersebut. Ternyata proses pengjian di Gtmetrix juga berlangsung lama.

Dalam hati saya berkata "Ah semartpren apakah pemakain kuota normalmu hari ini sudah tercapai? atau mungkin jaringan engkau sedang down?", karena saya pikir ini masalah jaringan maka saya coba uji dulu dengan membuka blog lain dan ternyata lancar jaya.

Setelah beberapa menit, mungkin 10 menit lebih hasil pengujian blog tersebut dan hasilnya cukup mencengangkan.

Skor pagespeed-nya cuman 38% sedangkan total page size-nya mencapai 55,3 MB gila bukan?

Kalau Gambar Untuk Blog TIDAK DIKOMPRES


Melihat ke waterfall hasil pengujian ternyata blog tersebut di dominasi oleh gambar yang jelas belum dikopres. Banyak gambarnya berukuran hampir mencapai 2 MB. Pantas saja blognya lama termuat toh ukuran lamannya excess.

Padahal rata-rata ideal ukuran page adalah 3 MB saja. bahkan situs berisi tutorial yang menggunakan banyak gambar saja page-sizenya bisa ramping. Kenapa? yah karena gabarnya sudah pasti dikompress.

Satu hal yang perlu teman-teman pahami, mengunduh file berukuran 55 MB tidak akan sama cepatnya saat memuat halaman blog berukuran 55 MB. Mengunduh file dengan ukuran seperti itu hanya membutuhkan beberapa detik saja jika menggunakan koneksi 4G.

Namun berbeda dengan sebuah halaman blog contohnya seperti blog di atas. Sekalipun menggunakan koneksi 4G maka proses pemuatannya akan tetap sangat lama. Kenapa? karena ukuran tersebut merupakan akumulasi dari banyak elemen slah satunya gambar. Setiap elemen diproses dalam beberapa tahap seperti request, waktu tunggu dan transfer.

Memiliki ukuran laman yang besar inilah yang berimbas pada pagespeed blog. Skor super rendah seperti di atas tentunya sangat buruk untuk kesehatan blog. Blog seperti ini bisanya memilki trafiik yang rendah serta bounce rate yang tinggi.

Maka dari itu bagi teman-teman blogger sangat penting untuk melakukan optimasi pada blo khususnya gambar yang akan digunakan.  Lagian caranya super mudah. Cukup menggunakan layanan kompresi gambar online seperti imagecompressor. Ukuran yang bisa dihilangkan bisa mencapai 70%

Cara kompres gambar online.

1. Buka imagecompressor.com
2. Pilih upload files atau bisa drag and drop
3. Setelah file teropload maka gambar akan langsung dikompres
4. Jika proses kompresi selesai silahkan klik tombol download
5. Selesai.

Cukup mudah bukan?
komentar