Cara Mengatasi SD Card Tidak Terbaca Di Android

SD Card merupakan sebuah media penyimpanan berupa kartu memori flash yang digunakan pada perangkat portable seperti smartphone, music player atau kamera digital.

SD Card yang paling umum digunakan saat ini khususnya pada smartphone adalah model kartu dengan ukuran kecil yang biasa disebut micro SD card. Untuk kapasitasnya sendiri cukup variatif dengan ukuran paling kecil 512MB.

Cara Mengatasi SD Card Tidak Terbaca Di Android
SD Card

SD Card sendiri sudah menjadi bagian integral bagi pemilik smartphone. Bagi anak-anak milenial semakin besar kapasitas kartu memori akan semakin baik mengingat tingginya aktifitas menyimpan data mereka seperti foto, video, lagu, ataupun data sekolah/kuliah.

Mengingat pentingnya SD Card ini khusunya untuk kaula muda maka akan sangat mengganggu jika suatu ketika sd card ini tiba-tiba mengalami masalah.

Masalah yang paling sering muncul adalah SD Card tidak terbaca oleh perangkat smartphone. Hal ini pastinya bisa membuat kalian pusing tujuh keliling jika di dalamnya banyak data-data penting yang kalian simpan dan kalian tidak mempunyai backup dari data-data itu.

Lalu bagaimana cara mengatasi SD Card yang tidak terbaca oleh perangkat samartphone? silahkan disimak cara di bawah ini:

1. Bersihkan Fisik SD Card
Jika kartu memori tiba-tiba tidak terbaca maka bisa jadi salah satu penyebabnya karna ada yang menghalangi antara adaptor kuningan pada kartu dengan smartphone. Cabut sd card lalu bersihkan kuningannya dengan menggunakan tissu atau karet penghapus.

2. Masukkan di smartphone lain
Tujuannya untuk mengetahui apakah yang bermasalah adalah sd card-nya atau malah smartphonenya. Bisa jadi slot sd card pada smartphone kotor atau rusak atau mungkin ada aplikasi virus yang merusak sistem pembaca kartu yang terinstall.

3. Format
Jika cara ke 2 tidak berhasil maka jalan terakhir yang bisa kalian lakukan yaitu melakukan format. Itupun jika sd card terdeteksi namun jika tidak maka jalan satu-satunya ialah mengupgrade SD Card kalian alias ganti baru. Untuk memformat sd card silahkan pergi ke menu Settings > Storage > Portable storage dan pilih drive kartu SD kamu. Pilih menu Storage settings > Format > Erase & format. Tunggu proses hingga selesai dan
Lihat Komentar