Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca Di Laptop

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca Di Laptop - Pernah tidak kalian mengalami hardisk eksternal kalian tidak terlihat di "My Computer" laptop?. Nah ini kejadian yang baru-baru saya alami. Pas saya colok hardisk eh malah ikon drivenya tidak muncul. Padahal tooltip pemberitahuan device dicolok muncul di toolbar.

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca Di Laptop

Awalnya saya pikir colokannya saja yang longgar. Makanya saya coba colok-cabut eh masih tetap sama. Laptop direstart juga masih sama. Saya sempat berpikir bahwa hardisk eksternal saya rusak Padahal lampu indikatornya nyala kok. Nah terus masalahnya kira-kira dimana.

Saya cek perangkat yang terhubung ke laptop di toolbar. Kebetulan saya menggunakan aplikasi "USB safely remove" dan di sana terlihat jelas hardisk saya terhubung. Artinya hardisk bunkannya tidak terbaca apalagi rusak. Akan tetapi tersembunyi atau sistem tidak mengenali path-nya.

Saya mencoba melihat ruang penyimpanan di Computer Management untuk mengecek masalah hardisk eksternal saya ini dan benar saja, hardisk terkoneksi namun tanpa letter dan tanpa path. Makanya sistem ridak menampilkannya. Entah kenapa drive letter hardisk eksternal saya bisa hilang begini. Mungkin ini perbuatan virus, entahlah.

Langkah-langkah mengatasi hardisk eksternal tiak terbaca di laptop

Solusinya sederhana. Cukup beri drive letter saja dan sistem windows akan kembali menampilkannya di area my computer. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah berikut.

1. Klik kanan ikon my computer lalu pilih manage

2. Pilih Disk Management. Pilih Hardisk yang tidak terbaca kalian. Bisa dilihat volume yang tanpa label atau ukurannya.

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

3. Klik kanan drive tersebut lalu pilih Change drive letter or path

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

4. Pilih add

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

5. Terakhir pilih letter/huruf yang kalian inginkan lalu klik ok

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Hardisk sudah muncul kembali
Hardisk sudah muncul kembali

Jadi jika hardisk kalian tidak muncul di area my computer seperti kasus saya maka silahkan lakukan langkah-langkah di atas. Namun jika pada disk managemen hardisk eksternal kalian tidak muncul maka ada kemungkin ada kerusakan. Mungkin pada kabel konektor atas hardisk eksternalnya.

edit
Tambahkan Komentarmu Sembunyikan Komentar