5 Hal yang perlu anda tentukan ketika ingin berlibur

Liburan kini menjadi kegiatan yang sangat penting terutama jika kalian merupakan orang-orang yang sibuk bekerja dan sudah berkeluarga. Kenapa begitu? karena bagi anda yang setiap hari sibuk dengan pekerjaan kantor, anda setidaknya menghabiskan 5 atau 6 hari. Akibatnya waktu yang anda miliki untuk bercengkrama dengan keluarga sangat sedikit terutama dengan anak-anak anda.

liburan

Dengan berlibur anda bisa bersantai, terbebas dari pikiran tentang masalah kantor, pekerjaan, dan sebagainya. Anda bisa mendapatkan waktu yang berkualitas dengan keluarga anda, bersantai dengan pasangan anda dan bermain dengan anak-anak anda. Hal ini seakan-akan menjadikan liburan bukan kebutuhan tersier lagi tetapi sudah menjadi kebutuhan primer.

Jika anda ingin berlibur bersama dengan keluarga anda, maka sebaiknya anda sudah merencanakannya jauh hari sebelumnya. Jangan lakukan secara spontan karena banyak hal-hal yang tidak anda inginkan mungkin terjadi. Akibatnya anda malah gagal untuk pergi berlibur. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda tentukan dalam rencana liburan anda.

1. Destiniasi liburan
Hal pertama yang perlu ada dalam perencanaan liburan anda yaitu menentukan destinasi mana yang akan anda datangi. Apakah dekat dari tempat tinggal anda, atau di luar pulau atau ke mungkin ke luar negeri. Penting bagi anda untuk menentukan dahulu destinasi yang akan anda tuju sehingga anda bisa memepersiapkan hal-hal lainnya, salah satunya adalah budget.

2. Waktu liburan
Jika anda sudah menentukan destinasi liburan anda maka yang selanjutnya adalah mennetukan waktu liburannya. Apakah saat weekend atau bertepatan dengan hari libur nasional atau mungkin di hari biasa. Jika anda memutuskan untuk berlibur pada saat weekend maupun libur nasional maka anda harus mempersiapkan budget lebih karena umumnya pada hari-hari tersebut tarif serba naik.

3. Memesan tiket
Jika anda memutuskan untuk berlibur di tempat yang dekat maka anda bisa menggunakan mobil pribadi atau angkutan umum seperti kereta. Namun jika anda memilih lokasi yang jauh maka yang selanjutnya anda bisa lakukan anda memesan tiket pesawat. Jika anda menginginkan tiket murah anda bisa mencari info promo penerbangan murah yang biasanya diadakan agent penerbangan.

4. Menentukan penginapan
Jika lama liburan yang anda inginkan selama beberapa hari maka anda bisa mencoba mencari penginapan yang dekat dengan lokasi liburan anda. Anda juga bisa mencari informasi penginapan-penginapan yang sedang melakukan promo.

5. Akses dan transportasi
Selain lokasi penginapan yang dekat dengan lokasi liburan anda, pastikan juga akses dari penginapan ke lokasi liburan juga mudah. Jika jaraknya cukup dekat maka anda dan keluarga bisa berjalan kaki, hitung-hitung olahraga. Namun jika cukup jauh maka anda bisa menggunakan sarana transportasi umum.

Dengan perencanaan yang matang maka anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan seperti efiseinsi waktu dan budget.
0 comments
Cancel