Apa Itu Produk Obligasi dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Produk asuransi terbaik saat ini banyak diminati oleh masyarakat, begitu pula dengan produk investasi. Obligasi merupakan salah satu produk investasi yang sangat menguntungkan. Walaupun memiliki keuntungan yang besar, sayangnya masih banyak orang yang belum memahami dengan benar seluk beluk obligasi.

Obligasi adalah

Tidak hanya produk asuransi, bagi Anda yang ingin melakukan perencanaan investasi, maka tidak ada salahnya untuk memahami beberapa jenis produk investasi terbaik salah satunya adalah obligasi. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah informasi terkait seluk beluk obligasi beserta cara kerjanya.

Seluk Beluk Obligasi
Apa itu obligasi? Berbeda dengan produk asuransi, obligasi sejatinya merujuk kepada sertifikat berharga yang berisi pengakuan hutang. Produk obligasi ini biasanya diterbitkan. Penerbit obligasi sendiri dikenal dengan sebutan debitur atau peminjam. Sedangkan pemegang obligasi lebih dikenal dengan sebutan kreditur atau pemberi pinjaman.

Untuk bunga pinjaman yang harus dibayar ke pihak debitur kepada kreditur lebih dikenal dengan sebutan kupon obligasi. Layaknya Bunga pinjaman, kupon ini harus dibayarkan secara rutin dan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Berbeda dengan produk asuransi, investasi bentuk obligasi ini biasanya diterbitkan dalam jangka waktu yang cukup tetap dan rata-rata berada diatas 10 tahun.

Cara membelinya juga bisa dilakukan dengan menggunakan Surat Utang Negara (SUN) karena memiliki jangka waktu 1 hingga 10 tahun. Sedangkan untuk surat utang negara yang berada dibawah 1 tahun lebih dikenal dengan sebutan Surat Perbendaharaan Negara (SPN). Anda bisa memilih jenis surat apa yang akan digunakan untuk transaksi ini.

Adanya penerbitan surat utang negara ini membuat para debitur atau penerbit obligasi menjadi lebih diuntungkan karena mereka bisa memperoleh pembiayaan investasi dalam periode yang cukup panjang. Pembiayaannya juga berasal dari berbagai sumber dana yang ada di luar perusahaan.

Cara membeli obligasi yang lebih aman tidak harus dilakukan dengan mendatangi broker langsung. Untuk lebih praktis dan aman, Anda juga bisa melakukan transaksi obligasi di website http://id.tanamduit.com. Proses pembayarannya juga lebih mudah karena ada berbagai pillihan metode yang bisa digunakan sesuai dengan keinginan.
0 comments