Buah gayam dan manfaatnya untuk kesehatan

Gayam [Inocarpus fagifer (Parkinson ex Zollinger) Fosberg] merupakan pohon dari suku polong-polongan yang tumbuh tersebar di dataran rendah tropis di kawasan Asia Pasfik Barat Daya dan juga di sepanjang daratan Indo-malayo. Dalam bahasa Inggris gayam dikenal dengan nama Tahitian chestnut, Polynesian chestnut, aila atau mape tree.

Pohon gayam mapu tumbuh hingga mencapai tinggi 20 meter di daerah tropis. Gayam juga mampu tumbuh dengan baik pada tanah berpasir, loamy, liat bahkan pada tanah yang memiliki kadar nutrisi yang rendah.

Buahnya memiliki bentuk sekilas mirip dengan jambu klutuk. Kulit buah gayam cukup keras dan mempunyai 1 biji berbentuk gepeng. Kulit biji keras dengan endosperm putih. Pada buah yang masih mentah warnanya hijau dan menjadi kuning atau kecoklatan ketika masak.


"Gayam mentah" oleh Hendro Hadi, Wikimedia, lisensi CC BY-SA 4.0


Buah gayam sendiri termasuk buah yang beracun terutama daging pada cangkangnya. Bagian yang bisa dikonsumsi dari buah gayam ini hanyalah bijinya saja. Itupun harus melalui beberapa treatment sampai biji gayam ini benar-benar aman dan siap untuk dikonsumsi seperti direbus. Untuk produk olahan dari gayam ini sendiri bisa berupa keripik gayam yang rasanya sangat gurih.

Kandungan buah Gayam
Buah gayam pada sebuah jurnal penelitian memiliki kandungan protein sebesar 11% lebih, kandungan karbohidrat sebesar 74% lebih dan lemak sekitar 2%.

Manfaat buah Gayam untuk kesehatan
Buah gayam sering digunakan oleh orang-orang Fiji dalam pengobatan tradisional dengan beberapa pengaplikasian. Kulit buah gayam bisa digunakan untuk mengobati demam, luka bakar, diare, masalah gigi pada anak. Air rebusan kulitnya dipercaya mampu menyembuhkan kudis. Ekstrak dari kulit buah yang dipanaskan bisa digunakan untuk mengobati pneumonia. Kulit kering bagian dalam bisa digunakan untuk mengobati patah tulang. Tanaman ini juga dipercaya mampu menghentikan pendarahan internal.

Source: https://pfaf.org/user/Plant.aspx?LatinName=Inocarpus+fagifer

Iklan di atas postingan

Iklan di tengah postingan 1

Iklan di tengah postingan 2

Iklan di bawah postingan