Fitur Baru Gmail Mudahkan Pencarian Email

29 Februari

Fitur baru Gmail dihadirkan Google untuk memudahkan pencarian email oleh penggunanya. Gmail atau Google Mail sendiri merupakan produk Google yang banyak digunakan di internet, tentunya selain mesin pencariannya.



Gmail ditujukan bagi para pengguna smartphone, baik Android maupun iOS. Layanan mengirim surat elektronik sudah lama jadi bagian dari Google dan sangat bermanfaat untuk proses korespondensi via internet.

Gmail sebagai salah satu email atau electronic mail (surat elektronik) dianggap lebih canggih dibanding layanan surat elektronik lainnya. Hal itu terlihat dari berbagai pembaruan yang dilakukan Gmail. Pembaruan dilakukan karena Google terus berinovasi menghadirkan berbagai fitur untuk kemudahan para penggunanya.

Sebelum menggunakan Gmail, Anda tentu harus punya akun dulu. Akun ini dibutuhkan untuk langkah verifikasi saat Anda menggunakan smartphone. Akun Gmail bahkan berguna saat Anda akan masuk ke berbagai platform maupun aplikasi. Karena biasanya dibutuhkan verifikasi lewat email. Kode verifikasi akan dikirim lewat email.

Fitur Baru Gmail
Gmail saat ini pun hadir membawa fitur baru. Fitur ini hadir untuk membantu penggunanya dan membuat penggunanya nyaman. Fitur ini akan mempermudah pengguna Gmail dalam proses pencarian email. Sehingga pengguna tidak akan kesulitan saat harus mencari email.

Untuk mendapatkan fitur baru ini, Anda terlebih dahulu harus melakukan pembaruan, sehingga muncul fitur terbaru Gmail yang memudahkan proses pencarian email.

Fitur ini berupa Bubble atau Search Chips, fungsinya untuk menyempitkan hasil pencarian. Saat melakukan search pada fitur ini, nantinya email akan muncul dalam kolom pencarian.

Ketika Anda ingin mencari email dalam akun Gmail dengan fitur ini, maka pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan subyek email yang dicari. Email ini nantinya akan muncul dalam kolom pencarian.

Kelebihan Fitur Baru Gmail
Keberadaan Search Chips pada Gmail ini akan membuat waktu pencarian semakin cepat dan efektif. Selain itu, seperti yang sudah disebutkan di atas, fitur ini akan menyempitkan hasil pencarian secara keseluruhan.

Kelebihan lainnya, seperti dikutip dari laman harapanrakyat.com, fitur ini akan mengabaikan hal-hal yang tidak termasuk pada email yang dicari. Seperti chat dan tanggal pengiriman, termasuk lampiran yang dinilai tidak sesuai.

Sementara tentunya sudah banyak email yang terkirim ke akun Gmail, karena itu email yang dicari bisa jadi tertimbun, ini tentu menyulitkan proses pencarian email tersebut. Karena itu fitur baru Gmail ini hadir untuk mempercepat proses pencarian email yang tertimbun.

Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci email yang Anda cari. Sehingga tidak perlu lagi mencari email satu per satu. Kemudahan ini bisa didapatkan setelah Anda melakukan pembaruan.

Dengan keberadaan fitur ini maka lengkap sudah fitur yang ada pada Gmail. Setidaknya ada 15 fitur canggih yang disematkan pada Gmail. Tentunya keberadaan fitur-fitur Gmail ini akan membantu Anda saat mengirim pesan, terlebih pesan berbentuk file.

Apalagi selain bisa digunakan lewat smartphone, Gmail juga bisa digunakan melalui PC komputer maupun laptop. Namun, belum diketahui apakah fitur baru ini juga tampil dalam PC. Gmail hanya memberitahukan fitur terbarunya hadir dalam Android dan iOS.

Itulah penjelasan seputar fitur baru Gmail berupa Search Chips yang bisa memudahkan Anda melakukan pencarian email dalam akun Gmail. Segera lakukan pembaruan Gmail untuk mendapatkan kemudahan tersebut.