Pahami Perbedaan Genset Bensin dan Diesel Sebelum Menyewa Genset

20 Agustus


Generator set atau genset adalah sebuah perangkat yang dapat memasok sejumlah daya listrik baik ke perusahaan ataupun institusi. Genset menjadi pilihan pemasok listrik utama terutama ketika terjadi masalah aliran daya dari listrik PLN. Selain itu, rental genset juga menjadi pilihan bagi perusahaan dan institusi besar sebagai cadangan pasokan listrik apabila terjadi masalah transmisi listrik atau kelebihan beban listrik.

Perbedaan Genset Bensin dan Diesel
Perusahaan dan institusi umumnya memilih opsi menyewa genset sebagai tambahan cadangan listrik. Namun, tidak semua pihak ternyata memahami perbedaan antara genset diesel dan juga bensin yang ditawarkan oleh vendor.  Berikut perbedaannya.

1. Genset Bensin
Bahan bakar genset bensin adalah bensin yang kemudian dibakar menggunakan percikan bunga api dari listrik bertegangan tinggi. Sehingga dibutuhkan pasokan listrik bertegangan tinggi untuk memantik terjadinya pembakaran pada mesin bensin. Kelebihan genset bensin adalah harga jualnya yang cenderung lebih murah. Tingkat kebisingan kerja genset bensin juga tidak separah genset diesel.
Namun, genset bensin memiliki kekurangan berupa bahan bakar yang boros. Genset bensin juga sangat cepat panas ketimbang genset diesel.

2. Genset Diesel
Genset berjenis diesel menggunakan bahan bakar berupa solar. Cara kerja mesin diesel adalah dengan mengkompresi udara yang kemudian bekerja membakar solar pada mesin. Solar yang dibakar inilah yang kemudian akan menjadi sumber energi mekanik mesin dan dikonversi menjadi listrik. Genset berjenis diesel memiliki kelebihan yakni efisiensi pembakaran yang lebih tinggi ketimbang mesin bensin.

Ketahanan genset  diesel juga lebih baik ketimbang genset berjenis bensin. Dari segi perawatan genset diesel juga lebih sederhana dan mudah karena tidak adanya busi pada mesin diesel. Sementara kekurangan dari genset diesel adalah jauh lebih bising ketimbang genset bensin saat bekerja. Anda juga harus menyediakan tempat lebih besar untuk menyimpan genset diesel karena ukurannya yang besar dan berat.

Gunakan produk Sewatama untuk kelancaran pasokan daya listrik ke institusi atau perusahaan Anda. PT Sumber daya Sewatama adalah perusahaan penyedia jasa sewa genset yang sudah berdiri sejak lebih dari 20 tahun yang lalu melayani kebutuhan industri tanah air.