Pengen liburan? coba ke Jogja aja

10 Oktober


Berlibur merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi jika dilakukan dengan teman atau keluarga. Berlibur setelah menjalani aktivitas harian yang melelahkan pastinya akan memberi rasa segar pada jiwa dan pikiran kalian. Maka dari itu sabaiknya sempatkanlah diri kalian untuk berlibur setidaknya dua kali dalam setahun. Baik itu berlibur sendirian, bersama teman atau bersama keluarga.

Berlibur bukanlah sekedar kegiatan mengunjungi tempat-tempat yang berkesan, ada banyak manfaat yang bisa kalian dapatkan dengan berlibur. Mulai dari manfaat fisik sampai psikis, seperti meningkatkan kesehatan fisik, meningkatkan kesehatan dan kekuatan mental, meningkatkan keharmonisan dalam keluarga, meningkatkan rasa kebahagiaan dan sebagainya. Itulah sebabnya cukup banyak ahli yang menyarankan untuk menyempatkan diri berlibur.

Sebelum berlibur pastikan sudah membuat persiapan yang matang. Apalagi jika lokasi liburan yang kalian akan kunjungi cukup jauh. Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan seperti transportasi, apakah memakai transportasi pribadi, kereta api, pesawat dan sebagainya. Berikutnya masalah penginapan, pastikan ada penginapan yang cukup dekat pada lokasi wisata yang akan kalian kunjungi. Dan yang paling penting adalah budget.

Untuk masalah desitnasi wisata liburan kalian bukan menjadi sebuah persoalan, mengingat ada banyak sekali spot wisata yang bisa kita kunjungi. Kalian bisa memilih lokasi wisata yang paling dekat dengan tempat tinggal kalian atau yang paling jauh sampai ke luar daerah. Yah Indonesia memang terkenal sebagai salah satu negara Asia yang memiliki banyak lokasi wisata yang keren dari ujung timur sampai ujung barat. Yang paling terkenal tentunya pulau Dewata Bali.

Tidak hanya Bali, banyak daerah lain yang mampu menyajikan keindahan alam dan budaya yang pastinya bisa menjadikan liburan kalian menjadi lebih berasa. Salah satunya yang bisa kalian lirik adalah DI Yogyakarta. Provinsi yang terletak di tengah pulau Jawa ini memiliki banyak sekali lokasi wisata yang keren dan cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan Jogja menjadi daerah kedua yang paling banyak dikunjungi setelah bali.

Ada banyak sekali tempat wisata di Jogja. Kalian bisa mengunjungi banyak candi yang jumlahnya ada lebih dari tigapuluh. Yang paling terkenal tentu saja Candi Prambanan. Bangunan candi Prambanan yang kokoh dan megah sangat pas bagi kalian yang suka mengambil gambar epic untuk diposting di instagram. Ada juga candi Ratu Boko, di mana kalian bisa menikmati keindahan kompleks candi serta menikmati indahnya matahari terbit di bukit Tugel.

Candi Prambanan

Selain candi ada juga wisata pantai yang bisa kalian kunjungi. Ada pantai Parangtritis yang menyajikan pemandangan sempurna matahari tenggelam. Sangat cocok untuk dinikmati bersama pasangan tercinta. Ada juga pantai Pulang Sawal atau yang lebih populer disebut pantai Indrayanti yang menyajikan hamparan pasir putih yang indah. Selain wisata pantai masih banyak wisata alam yang bisa kalian kunjungi di Jogja. 

"Pantai Pulang Sawal/Indrayanti", oleh Arif Putra, Wikimedia, CC BY 3.0


Jika kalian sebelumnya sudah pernah mengunjungi candi ataupun pantai, kalian bisa mencoba mengunjungi area wisata lainnya. Ada Jogja Bay Waterpark di daerah Sleman. Tempat wisata ini menyediakan banyak wahana yang pastinya keren dan menyenangkan terutama untuk anak-anak.

Sumber: jejakpiknik.com


Jangan lupa juga untuk menikmati wisata belanja di Kota Jogja. Ada landmark iconic kota Jogja, Malioboro dan sebagainya. Kalian bisa membeli cindera mata khas Jogja di Malioboro mall, Kasongan, pasar Beringhadjo atau Jogja city mall untuk keluarga atau teman kalian.

Jika kalian memutuskan untuk berlibur di masa pandemi sekarang ini, pastikan saja bahwa lokasi wisata yang akan kalian kunjungi beroperasi, serta jangan lupa untuk mengikuti protokol-protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.