Kompetisi Shopee liga 1, akankah bergulir kembali pada November 2020?

11 Oktober

Sumber gambar: Shopee.co.id

Ada kabar baru bagi para penikmat sepak bola tanah air. Pasalnya Shopee Liga 1 dan liga 2 dikabarkan mungkin akan bergulir kembali November alias bulan depan. Sebenarnya jadwalnya bulan Oktober ini, namun kompetesi tidak bisa dilaksanakan karena pihak Polri tidak memberi ijin gara-gara kondisi saat ini yang masih dalam masa pandemi Covid-19. 

Pihak PT. Liga Indonesia Baru (LIB) sendiri akan melaksanakan rapat dengan klub peserta pada tanggal 13 Oktober ini, Jadi keputusan apakah kompetisi betul-betul bisa dimulai kembali atau tidak bisa segera diketahui. Yang pastinya para pecinta sepak bola akan dibuat deg-degan mengenai keputusan yang akan dikeluarkan oleh PT.LIB selaku pelaksana kompetisi Liga 1. 

Bagi kami selaku supporter sebenarnya tidak ada tuntutan mengenai perguliran kompetisi. Semua diserahkan kepada PT. LIB selaku pelaksana. Intinya jika kondisi memang aman dan pihak terkait juga bisa menjamin staf dan pemain maka liga silahkan dilanjutkan. Kalau tidak yah di tahan-tahan dulu, daripada dipaksa bergulir dan ujung-ujungnya hanya menggemukan kluster pasien positif Covid-19.

Tapi kalau melihat trend perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia yang terus meningkat, maka sepertinya akan sulit bagi PT. LIB melanjutkan lagi kompetisi. Kecuali jika pelaksanaan "dipaksakan" yang disertai dengan penerapan protokoler kesehatan seketat mungkin yah kenapa tidak. Di negara lain juga seperti itu, kasus covid-19 masih tinggi namun kompetisi tetap diadakan.

Sebelum kompetisi dihentikan pada maret lalu gara-gara pandemi, sudah ada 26 pertandingan yang dijalankan. Jadi hampir semua klub sudah menjalani 3 pertandingan dimana Persib Bandung berhasil memuncaki klasemen sementara dengan raihan poin sempurna 9 poin. 

Sebagai orang yang lahir dan tumbuh dewasa di tanah para Karaeng, sudah pasti saya menjadi pendukung PSM Makassar. Teringat jaman dulu waktu masih "nakal" saya suka ikut konvoi menuju stadiun Andi Mattalatta di kota Makassar dengan mengenakan kaos khas merah merona ala Laskar Ayam Jantan demi mendukung tim kesayangan.

Untuk PSM sendiri saat ini berada di posisi ke enam dengan raihan 5 poin yang diperoleh dari dua pertandingan imbang dan satu pertandingan menang. Awal yang cukup buruk, meski begitu sebagai seorang suporter saya tetap memberi dukungan seraya berharap supaya pada pertandingan kedepannya bisa memperoleh kemenangan dan memuncaki klasemen liga 1 sampai akhir kompetisi.

Jangan sampai seperti musim lalu, dimana PSM harus puas mengakhiri musim di posisi ke 12 dengan raihan 44 poin saja. Padahal di musim sebelumnya lagi, tim Ayam Jantan Dari Timur ini tampil tangguh dan menggila selama gelaran kompetisi. Keluar sebagai runner up dan hanya terpaut satu angka dari pemuncak klasemen Persija Jakarta.

Jadwal Liga 1 2020 di Oktober dan Siaran Live Streaming

Jika hasil rapat pelaksana 13 Oktober nanti memutuskan untuk menggulirkan kembali kompetisi, maka kemungkinan besar pertandingan pertama akan dihelat tepat pada tanggal 1 November. Semua pertandingan kompetisi Shopee Liga 1 sendiri nantinya akan tetap ditayangkan di salah satu stasiun TV swasta, Indosiar sebagai stasiun TV resmi Shopee Liga 1 dan juga melalui siaran live streaming oleh Vidio secara eksklusif.

Jadi bagi teman-teman sesama pendukung "Juku Eja" PSM Makassar yang tidak bisa menonton pertandingan karena sedang berada di luar rumah atau mungkin remote TV dikuasai anak atau istri, tenang saja kalian bisa menonton pertandingan tim kesayangan kita ini secara live streaming melalui link live streaming PSM Makassar hari ini.