Tidak bisa "Request Indexing" di Google Search Console?

Tidak bisa "Request Indexing" di Google Search Console?
Jadi ceritanya kemarin itu saya buat artikel tentang AMP untuk blogger dan pada saat saya mau meminta pengindeksan di lewat Url Inspection Tool di Google Search Console eh ternyata tidak bisa. Tombol "Request Indexing" didisable dan di bagian atas ada notifikasi "Page actions are temporarily disabled".

Cek per cek ternyata hal tersebut dikarenakan sedang melakukan proses update di Google Search Console. Dari laman bantuan Search Console, pen-disable-an ini sudah dilakukan sejak tanggal 14 Oktober dan diharapkan bisa diaktifkan kembali minggu depannya.

Satu-satunya cara agar postingan kita bisa diindeks oleh Google yaitu dengan mengirimkan sitemap atau peta situs di Google Search Console. Caranya cukup loggin di Google Search Console, pada menu di bagian kiri klik "Sitemaps" atau "Peta Situs" jika kalian menggunakan bahasa Indonesia.

Setelah itu cukup masukkan sitemap blog kita dengan menggunakan alamat seperti berikut:

  • https://www.goinsan.com/sitemap.xml/
  • https://www.goinsan.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Sisanya cukup menunggu saja sampai pihak Google memasukan alamat postingan kita ke daftar indeksnya.

Berdasarkan pengalaman sih kalau hanya memanfaatkan sitemaps, butuh waktu yang sangat lama sampai postingan kita benar-benar masuk dalam daftar indeks. Bisa berminggu-minggu sampai berbulan-bulan jika tidak dilakukan melalui Url Inspection Tool.

Mari kita berdoa saja agar proses update di Google Search Console bisa segera rampung dan bisa digunakan kembali secepatnya.

Batalkan

Iklan di atas postingan

Iklan di tengah postingan 1

Iklan di tengah postingan 2

Iklan di bawah postingan