Pengalaman menggunakan AMP pada blogger

Pengalaman menggunakan AMP pada blogger

Efek menggunakan AMP pada blog memang terasa luar biasa. Saat alamat blog yang muncul pada halaman search engine diklik, halaman akan terbuka secepat kilat.

Blog ini sendiri menggunakan AMP sejak beberapa bulan yang lalu, entah kapan tepatnya saya lupa. Hasilnya dari segi kecepatan memang luar biasa. Tapi perlu diingat, cepat tidaknya halaman AMP dimuat itu hanya jika dibuka pada hasil penelusuran google. Jika diakses langsung lewat alamat blog, kecepatannya biasa saja bahkan bisa lebih lambat dari blog yang tidak menggunakan AMP.

Selain dari kecepatan yang meningkat drastis, menurut banyak klaim, menggunakan AMP juga akan meningkatkan revenue adsense secara signifikan Katanya, iklan terbuka lebih cepat dan juga nilai iklannya juga meningkat. Itu salah satu alasan mengapa saya memutuskan untuk menggunakan AMP pada blog ini.

Menggunakan AMP juga bisa membuat halaman blog kita bisa muncul di story, tapi itu jika blog kita adalah blog berita. Dan yang lebih para itu jika blog kita mampu bersaing dengan blog berita besar sebut saja detik, tribun dan situs lainnya.

Lalu bagaimana perkembangan blog ini sejak menggunakan AMP? Jujur rasanya tidak ada perkembangan yang signifikan selain kecepatan. Dari segi ranking juga biasa-biasa saja. bahkan beberapa halaman yang mojok di pageone terlempar ke antah berantah. Entah murni karena AMP atau sirus lain postingannya lebih disukai google. Keuntungan menggunakan AMP di blogger juga rasanya tidak luar biasa malah banyak kerugiannya. Berikut beberapa keuntungan dan kerugian yang saya rasakan setekah menggunakan AMP pada blog ini.

Keuntungan menggunakan AMP blogger

  • Halaman terbuka sangat cepat tapi hanya jika link halaman dibuka lewat hasil penelusuran google

Kerugian menggunakan AMP pada blogger

  • Styling terbatas karena tidak bisa menggunakan custom javascript
  • Kode html berantakan. Yah blogger tidak mendukung AMP. Jadinya untuk menerapkan AMP, tag head dan body perlu diakali agar blogger mengabaikannya.
  • Blog jadi lambat saat koneksi internet lambat, bahkan yang terburuk fungsi AMP ditiadakan.
  • Kerja ekstra saat membuat postingan, semua gambar harus menggunakan tag amp-img
  • Revenue Adsense menurun, berbeda dengan banyak klaim, pendapatan blog ini menurun drastis

Nah bagi saya menggunakan AMP pada blogger lebih banyak kerugiannya dari pada keuntungannya, itu menurut pengalaman saya yah. Jadi jika teman-teman bertanya apakah saya merekomendasikan teman-teman untuk menerapkan AMP pada blogger, jawaban saya tidak!, kecuali pada akhirnya google memutuskan untuk menjadikan AMP sebagai ranking factor.

Batalkan

Iklan di atas postingan

Iklan di tengah postingan 1

Iklan di tengah postingan 2

Iklan di bawah postingan