Lebih Efektif dengan SSD Hosting

Lebih Efektif dengan SSD Hosting
Sumber gambar: Freepick

SSD atau singkatan dari Solid State Drive adalah generasi terbaru yang digunakan sebagai tempat penyimpanan data yang digunakan pada komputer. SSD telah menggantikan HDD atau Hard Disk Drive dengan teknologi terbarunya yang sekarang membuat banyak penyedia website lebih memilih SSD dibandingkan dengan HDD. Dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh SSD, artikel ini akan membahas secara detail tentang SSD. Inilah hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang SSD.

Sejarah SSD

Awal mula percobaan yang menyerupai SSD dimulai dari sekitar tahun 1950, dan sekitar tahun 1970-1980 SSD sudah mulai digunakan pada komputer super¬high-end. Namun, teknologi ini hanya menyediakan tempat penyimpanan data sebanyak 2-20 MB. Ditambah lagi saat itu harga teknologi ini sangat mahal jika dibandingkan dengan Ludicrous 5-digit.

Oleh sebab itu, teknologi ini dulunya hanya digunakan untuk kepentingan militer, dan industri penerbangan saja. Lalu, pada awal tahun 1990terjadi penurunan harga SSD akibat adanya inovasi hardwarebaru. 

Sampai akhirnya pada akhir tahun 2000, SSD menjadi teknologi yang telah disempurnakan, dan lebih baik dalam aspek ukuran penyimpanan data, serta ketahanannya. SSD menggunakan kisi-kisi NAND flash cells sebagai memorychip nya. Setiap kisinya dapat menyimpan data sebesar 256 KB, dan 4 MB.

SSD Hosting

SSD hosting adalah teknologi terbaru yang digunakan untuk mempercepat waktu loading pada website. SSDjuga biasa disebut dengan flash disk adalahmerupakan teknologi terbaru yang dibuat untuk menyempurnakan teknologi lama HDD. 

Persamaan dari kedua teknologi ini adalah SSD maupun HDD dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan data secara permanen. Baik SSD atau HDD akan tetap menyimpan data, atau informasi bahkan dalam keadaan komputer sedang tidak dihidupkan, atau terputus dengan jaringan listrik.

Perbedaan terbesar antara SSD, dan HDD terletak pada fisiknya, SSD tidak memiliki bagian-bagian yang bergerak. Dengan tidak adanya bagian yang bergerak pada SSD, maka kamu tidak perlu khawatir akan terjadinyaoverheating, atau suara kuat yang keluarsaat menggunakan SSD. 

Ditambah lagi, dengan adanya NAND memory chip membuat SSD memiliki tempat penyimpanan yang besar. Secara teknis, perbedaan yang terlihat cukup signifikan adalah SSD memiliki waktu membaca yang lebih cepat dibandingkan dengan HDD. Teknologi pendahulunya, HDD memiliki spektrum yang mampu membaca data dengan kecepatan 125 MB setiap detiknya, sementara SSD mampu membaca data dengan kecepatan 500 MB setiap detiknya. Hal inilah yang menyebabkan banyaknya pengguna HDD beralih menggunakan SSD.

Perbedaan yanglebih signifikandapat dilihatpada hosting yang menggunakan NVMe SSD, sebuah teknologi yang membuat kecepatan loading MacBook Pro menjadi secepat kilat. Hal ini disebabkan karena NVMe SSD mampu membaca data 4x lebih cepat, dan mencari data 10x lebih cepat jika dibandingkan dengan SATA SSD card standar. 

Manfaat Menggunakan SSD

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, alasan utama meningkatnya jumlah penyedia website yang lebih memilih menggunakan SSD hosting dibandingkan dengan HDD adalah kualitas SSD yang lebih baik dalam hal ketahanan, dan kecepatan membaca data yang lebih tinggi dibandingkan dengan HDD.Lebih jelasnya lagi, beberapa keunggulan lain yang kamu dapatkan saat menggunakan SSD akan dibahas dibawah ini. SSD Cloud hosting termurah ada di : klik disini

1. Lebih Hemat Listrik
SSD dikenal lebih efektif dalam hal pemakaian listrik. Hal ini sangat bermanfaat bagi penyedia website untuk memangkas dana yang tinggi akibat pemakaian listrik. Baik pada saat diam, atau bekerja, HDD jauh lebih membutuhkan banyak pemakaian listrik dibandingkan dengan SSD. HDD membutuhkan daya input 15x lebih besar pada saat tidak bekerja, dan 7x lebih besar pada saat bekerja jika dibandingkan dengan SSD. 

2. Lebih Ramah Lingkungan
Performa tinggi, dan pemakaian listrik yang efektif yang diberikan SSD membuat pemakaian SSD dalam jangka panjang akan lebih ramah lingkungan. Dengan beralih menggunakan SSD, pengguna SSD dapat menurunkan jejak karbon, dan dapat menarik perhatian client karena client akan lebih menghargai para penyedia website yang menggunakan SSD untuk menjaga lingkungan.

3. Lebih Tahan Lama
Dengan adanya microchips yang kuat di dalam SSD, membuat SSD lebih tahan lama jika dibandingkan dengan HDD. Lain hal nya dengan HDD yang hanya mampu bertahan 3-5 tahun, SSD mampu bertahan dalam jangka waktu sekitar 4x lebih lama dari HDD. Ketahanan SSD yang sangat lama ini membuat hosting menjadi lebih efektif karena tidak adanya biaya maintenance yang dibutuhkannya.

4. Lebih Cepat
Untuk menyempurnakan kecepatan disk dalam membaca data, SSD membuat para user mampu mengakses data mereka jauh lebih cepat, hal ini membuat website yang menggunakan SSD akan menghasilkan lebih banyak keuntungan secara materi. Dibandingkan dengan HDD, riset membuktikan bahwa dengan menggunakan SSD kecepatan hosting akan meningkat hingga 200%.

1 Komentar

Batalkan

Iklan di atas postingan

Iklan di tengah postingan 1

Iklan di tengah postingan 2

Iklan di bawah postingan