Begini Cara Membuat Blog dari Blogger.com dan WordPress

Kunci untuk menjadi seorang blogger profesional adalah adanya blog yang bagus dan responsif. Blog ini sangat penting untuk dibuat dengan baik karena akan sangat menentukan pengunjung blog Anda. Nah, sebelum membuat blog, Anda harus mengetahui dahulu bagaimana cara membuat blog yang bagus sehingga bisa berfungsi secara optimal sesuai dengan kebutuhan blogging Anda.

Begini Cara Membuat Blog dari Blogger.com dan WordPress

Anda tidak perlu memahami coding untuk bisa membuat blog dan menjadi blogger karena sudah tersedia platform yang mudah untuk digunakan. Setidaknya ada 2 platform blog yang umum digunakan yaitu Blogger.com dan WordPress. Nah, bagaimanakah cara dan langkah untuk membuat blog pada kedua platform tersebut?

Cara dan Langkah Membuat Blog yang Optimal dan Efektif

Sebenarnya bukan hanya Blogger.com dan WordPress saja platform blog yang tersedia, hanya saja dari beberapa jenis yang ada keduanya memang yang paling umum digunakan. Sebagai pemula dalam dunia blogging Anda juga bisa membuat dan membangun blog pada kedua platform tersebut. Lalu bagaimanakah cara untuk membuat blog yang bagus itu?

1. Tentukan Tema yang Menarik 

Cara dan langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih tema yang menarik untuk blog nantinya. Ada banyak topik atau tema yang bisa dipilih sebagai materi blog Anda hanya saja sangat disarankan memilih sesuai minat. 

Namun kalau memang Anda berniat menghasilkan uang dari blog maka pemilihan tema bisa dilakukan dengan survei lebih dulu. Tujuannya adalah agar Anda tahu tema apa yang sedang banyak dicari dan digemari orang sehingga bisa membantu trafik blog Anda nantinya. Dalam dunia blogging tema atau topik disebut dengan istilah niche.

2. Pilih Platform Terbaik

Seperti yang sudah dikatakan di awal artikel ini bahwa Anda bisa menggunakan dan memilih platform yang tersedia untuk membangun blog. Platform yang paling banyak digunakan orang terlebih oleh mereka yang masih pemula adalah Blogger.com dan WordPress. Sebagai referensi Anda bisa melihat beberapa jenis platform blog di bawah ini:

A. WordPress.com

Jika Anda pemula dan ingin merasakan platform blog yang cukup lengkap pilih saja WordPress.com. Domain dan hosting pada WordPress.com sudah tersedia secara gratis dan siap digunakan.

B. WordPress.org

Kalau kurang puas dengan WordPress.com maka Anda bisa memilih WordPres.org. Anda akan memiliki kebebasan untuk mengatur blog hanya saja harus beli dan hosting secara terpisah.

C. Blogger

Platform selanjutnya adalah Blogger.com yang bisa dikatakan paling ramah bagi pemula dunia blogging. Dalam menggunakannya Anda tidak perlu pusing dengan teknis coding dan sebagainya. Selain itu Blogger sudah otomatis terhubung dengan berbagai layanan Google.

D. Weebly

Pemula dunia blogging yang tidak ingin ribet dengan urusan coding dan sebagainya juga bisa menggunakan Weebly. Platform ini cocok untuk orang awam dan pemula di dunia blogging.

3. Pilih Hosting dengan Layanan Terbaik

Selanjutnya adalah pilih platform dengan layanan hosting yang terbaik. Hosting adalah tempat dimana Anda akan menyimpan semua file dalam blog tersebut seperti konten, video, gambar, audio dan sebagainya. Jika menggunakan Blogger dan WordPress.com layanan hosting sudah tersedia.

4. Pilih Domain yang Mudah Diingat

Orang membutuhkan alamat untuk bisa mengakses blog Anda jadi harus ada domain. Nah, alamat blog inilah yang disebut dengan domain. Sebaiknya pilih domain yang mudah untuk diingat orang agar lebih mudah juga ditemukan. Contoh domain misalnya www.belibeli.com.

5. Instal Blogger atau WordPress

Anda tidak bisa menjadi blogger kalau tidak menginstal platform yang digunakan. Oleh sebab itu setelah yakin platform apa yang akan digunakan lalu lakukan penginstalan sesuai pilihan. Ikuti petunjuk instalasi sesuai dengan platform yang dipilih.

6. Mulai Buat Konten dan Publikasikan Blog

Untuk membangun blog yang dikenal orang Anda butuh konten yang bagus. Karena itulah buatlah konten sebagus mungkin sesuai dengan niche dan publikasikan agar dikenal orang. Publikasikan blog Anda dengan membagikannya ke media sosial.

Nah, itulah beberapa cara dan langkah untuk membuat serta membangun blog yang bagus. Berbagai cara ini diharapkan bisa membantu langkah Anda untuk memiliki sebuah blog yang bagus dan profesional. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba! 

Sumber :

https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-membuat-blog/

Tampilkan Komentar Sembunyikan Komentar 4

4 Komentar

Batalkan