Ketahui Adab Membaca Alquran Yang Disunnahkan Oleh Nabi Muhammad SAW

Ketahui Adab Membaca Alquran Yang Disunnahkan Oleh Nabi Muhammad SAW

Salah satu amalan yang akan membuatmu diganjar banyak pahala adalah membaca Alquran. Bahkan perintah untuk melakukan amalan ini ada disebutkan dalam beberapa ayat alquran, salah satunya adalah surat al-baqarah ayat 212. Ayat tersebut berbunyi “Orang-orang yang telah kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya, dan barangsiapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi.”

11 Adab Dalam Membaca Alquran

Jika dirunut melalui ajaran Rasul, ada sekitar 11 adab yang patut dilakukan sebelum dan selama membaca alquran. Berikut ini adalah penjelasannya :

  1. Membersihkan mulut atau bersiwak
  2. Berwudhu terlebih dahulu untuk mensucikan diri
  3. Menghadap arah kiblat
  4. Mengucapkan taawudz. “Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk.”
  5. Membaca basmalah. “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.”
  6. Dalam keadaan tenang dan khusyu sehingga bisa merenungi makna dari ayat-ayat alquran. 
  7. Menangis namun dimaksudkan karena membayangkan betapa Allah sayang pada umatNya sehingga menurunkan kitab suci untuk pedoman hidup. 
  8. Membaca dengan tafsir. Untuk bisa memahami arti serta makna dari ayat yang dibaca, sebaiknya kita membaca alquran yang dilengkapi dengan tafsir. 
  9. Membaca berulang-ulang. Tujuannya adalah tak lain untuk mendapatkan pemahaman dan perenungan isi dari ayat-ayat alquran yang dibaca. Sebab dalam alquran terdapat petunjuk yang diberikan oleh Allah SWT. 
  10. Bersikap memuliakan. Alquran adalah pedoman hidup umat islam, karenanya jangan sampai kita tidak memperlakukannya dengan baik. Hal ini bertujuan agar kita hidup mendapatkan rahmat dariNya.
  11. Memohon perlindungan dan rahmat dari Allah. Ada kalanya kita membaca ayat alquran yang berisi tentang siksaan. Kala itu, dianjurkan untuk langsung memohon rahmat pada Allah supaya tidak didekatkan dengan siksaan tersebut. 

Sekarang ini, membaca alquran bisa dilakukan secara digital mengingat teknologi yang semakin mempermudah. Kitab suci umat islam ini sudah banyak hadir di aplikasi-aplikasi, seperti alquran digital yang juga tersedia di aplikasi MAQMUR. Kamu mungkin jadi penasaran, apakah adab untuk membaca al quran digital sama dengan alquran fisik pada umumnya? 

Pada Republika Ustaz Rakhmad Zailani Kiki menyebutkan bahwa tidak ada perbedaan dalam adab untuk keduanya. Alquran sebaiknya dibaca dengan tajwid, bersungguh-sungguh, dalam keadaan berwudhu hingga menghadap arah kiblat sebagaimana adab yang dianjurkan oleh Rasulullah.

Ayat Yang Berisi Perintah Membaca Alquran 

Ada beberapa ayat di alquran yang berisi tentang perintah Allah untuk membaca kitab suci. Ayat-ayat tersebut adalah : 

  • “Orang-orang yang telah kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya, dan barangsiapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi.” (QS. Al-Baqarah : 212)
  • “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari keji dan mungkar. Dan sungguh mengingat Allah lebih besar. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Ankabut : 45)
  • “Sesungguhnya orang-orang yang diberi pengetahuan sebelumnya apabila Al-Quran dibacakan kepada mereka, niscaya mereka tersungkur atas muka sambil bersujud.” (QS. Al Isra’ : 107)
  • “Karena itu bacalah apa yang mudah dari Al-Quran.” (QS. Al-Muzzammil : 20)

Seperti yang diketahui, dalam alquran terdapat pedoman hidup untuk umat manusia. Selain itu, terdapat juga banyak manfaat yang bisa diperoleh jika membaca kitab suci ini setiap harinya. Adapun manfaat membaca alquran dijelaskan berikut ini : 

  • Memperoleh pahala yang berlimpah
  • Mendapatkan rahmat dan perlindungan malaikat
  • Diberikan syafaat di hari kiamat
  • Memberi ketenangan dan ketentraman pada hati
  • Terselamatkan dunia akhirat
  • Disembuhkan dari penyakit hati
  • Bisa digunakan untuk memberi perlindungan bagi orang tua di hari akhir

Islam adalah agama yang memudahkan bahkan dalam hal yang diperintahkan seperti membaca Alquran. Tidak perlu ragu jika kamu lebih memilih membaca alquran digital karena lebih praktis, asal hal tersebut dilakukan dengan menggunakan adab-adab yang ada. Pun, semoga dengan adanya alquran digital di ponselmu diharapkan kamu jadi peduli dengan apa yang kamu masukkan di dalam ponselmu seperti dokumen atau aplikasi lainnya. Sehingga kamu pun terlindung dari godaan duniawi yang tak memiliki manfaat. 

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan