Contoh Logo Sederhana Beserta Artinya

- Diupdate September 06, 2021

Logo merupakan simbol yang mewakili bisnis yang dijalankan. Meski begitu, banyak perusahaan besar yang menggunakan logo sederhana. Alasan yang paling utama adalah supaya lebih mudah dikenali oleh masyarakat. Dengan begitu, secara tidak langsung, perusahaan juga berusaha untuk menerapkan brand awareness kepada publik.

Jika Anda sedang mencari inspirasi contoh logo sederhana beserta artinya, maka, artikel ini akan memberikan jawaban sepenuhnya. Lantas, apa saja contoh logo tersebut? Berikut beberapa nama perusahaan dan logonya yang sederhana, penuh makna, sekaligus menarik!

Logo Perusahaan Apple Inc.

Salah satu contoh logo sederhana beserta artinya yang banyak dicari baik arti secara implisit maupun eksplisit adalah logo perusahaan Apple Inc. Perusahaan ini memiliki lambang buah apel yang digigit. 

Logo Perusahaan Apple Inc.
Logo Apple

Sekilas, siapa pun akan tahu bahwa ini merupakan buah apel yang digigit. Sehingga makna eksplisit dari logo tersebut sangat tampak. Kemudian, jika ditelisik lebih lanjut, makna implisitnya yaitu gigitan tersebut merupakan simbol dari kata “byte”. Byte merupakan satuan ukuran di bidang teknologi informatika. Sementara itu, kata “bite” yang homofon dengan kata “byte” merupakan kata kerja dalam bahasa Inggris yang artinya gigit. 

Dengan demikian, harapannya adalah Apple Inc dapat “menggigit” sektor pasar di bidang IT dengan menguasai ber”byte-byte” data dan memiliki kapasitas besar sebagai penawaran pada konsumen. 

Itulah kenapa, salah satu produk Apple Inc yaitu iPhone terkenal dengan ponsel tanpa slot memori tambahan, karena memori internalnya sudah sangat besar. 

Unilever 

Selanjutnya, ada brand yang sangat besar yakni Unilever. Perusahaan ini memiliki logo huruf U besar yang berongga dan di dalamnya terdapat aneka jenis motif. Secara eksplisit, ini merupakan logo yang sangat mudah dipahami. Karena masyarakat pasti tahu bahwa U merupakan lambang huruf pertama perusahaan ini. 

Unilever
Logo Unilever

Kemudian, apakah arti eksplisit di balik perusahaan ini? Ternyata, motif yang mengisi rongga tersebut adalah aneka jenis gambar yang merepresentasikan jenis produk. Misalnya pasta gigi, detergen, dan bahkan makanan serta minuman. Apakah Anda menemukan motif-motif tersebut dalam lambang ini? 

Perusahaan Pengiriman FedEx 

Berikutnya yaitu perusahaan pengiriman FedEx. Logo yang sangat mudah ini secara eksplisit akan langsung dipahami oleh masyarakat, karena bertuliskan kata “FedEx” dengan warna ungu dan oranya. Sehingga, customer akan dengan mudah memahami dan melabeli lambang tersebut dengan perusahaan ini. 

Perusahaan Pengiriman Fedex
Logo FedEx

Kemudian, untuk simbol implisitnya yaitu di antara huruf E dan X, terdapat ruang kosong warna putih yang membentuk tanda panah. Itulah yang merupakan sebuah lambang kecepatan, melaju ke depan, dan memastikan barang segera sampai. Sehingga, filosofi ini sangat cocok dengan lambang dan layanan perusahaan tersebut. 

Apakah Anda Bisa Membuat Logo Sederhana yang Kaya Makna Sendiri? 

Setelah mengetahui tentang contoh logo sederhana beserta artinya, maka tentunya akan muncul pertanyaan: “Apakah saya bisa membuat logo se-bermakna itu untuk perusahaan yang akan dibangun?” 

Jika pertanyaan itu muncul dalam pikiran Anda, maka lakukan beberapa hal berikut agar bisa mendapatkan ide lambang terbaik sebagai representasi dari bisnis yang dikembangkan. Karena logo merupakan simbol yang mewakili bisnis. 

Sehingga, penting untuk mengetahui cara membuat logo yang mengesankan untuk bisnis Anda. Agar logo dapat menarik perhatian, dan menciptakan kesan pertama yang kuat di benak konsumen terhadap brand Anda, simak ulasannya! 

  1. Memahami merek dengan baik
  2. Mengungkapkan ciri khas bisnis melalui logo
  3. Pemakaian warna yang efektif
  4. Pilih font terbaik
  5. Ketahui jenis logo yang paling cocok untuk bisnis
  6. Melatih kesederhanaan
  7. Logo harus skalabel
  8. Pakai logo kemudian lindungi 

Itulah beberapa step untuk membuat logo yang sempurna. Lakukan riset secara mendalam agar makna implisit dan eksplisitnya seimbang. 

Pengenalan Logo Via Digital Marketing 

Memperkenalkan logo perusahaan sangat mudah dilakukan, misalnya secara online. Meskipun website sebaiknya dimiliki perusahaan atau pemilik bisnis, tetapi Anda bisa juga memanfaatkan sosial media secara tepat. 

Media sosial menjadi kesempatan bagi perusahaan untuk berkampanye yang dipersonalisasi agar terjalin koneksi lebih kuat antara merek dan pelanggan. Jadi, strategi digital marketing yang komprehensif bisa berdampak pada pertumbuhan bisnis yang luar biasa. Terutama untuk branding dan memperkenalkan logo ketika perusahaan baru dibuat. 

Gunakan pula teknik penulisan SEO untuk copywriting di sosial media. Tujuannya adalah untuk melengkapi logo yang dimunculkan dengan deskripsi tepat. Manfaatkan teknik SEO agar hasilnya lebih maksimal. 

Selain itu, SEO juga menjadi kekuatan untuk meningkatkan lalu lintas website dari visibilitas pencarian langsung. Jika calon pelanggan melakukan pencarian produk di internet untuk memenuhi kebutuhannya, kemudian website Anda muncul paling awal dalam penelusuran. 

Hal ini merupakan salah manfaat SEO dalam pengembangan bisnis. Karena itu, konten seperti artikel, grafik, gambar, serta postingan yang berkualitas akan menjadi nilai tambah untuk masuk pencarian SEO. 

Selain itu, konten berkualitas menjadikan kredibilitas dan kepercayaan merek Anda menjadi lebih kokoh lewat media online. Jadi, digital marketing dapat menjadikan bisnis menempati posisi puncak, dan memberi banyak peluang.

Note:

Gambar yang digunakan di atas adalah logo perusahaan yang memiliki hak cipta. Penggunaannya di website ini untuk kepentingan identifikasi sehingga memenuhi syarat penggunaan wajar (fair use)

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan