Cara mengatasi tulisan dokumen Microsoft Word tanpa spasi/bersambung di Microsoft Office 2007

- Diupdate 20 September
Cara mengatasi tulisan dokumen Microsoft Word tanpa spasi/bersambung di Microsoft Office 2007

Pernah gak kalian dikirimi atau mendownload file Microsoft Office Word dan saat dibuka semua kata-katanya bersambung alias tanpa spasi? Kalau sudah begitu pasti bingung kan? Mau diberi spasi satu-satu secara manual mungkin ok saja kalau masih satu halaman. Namun bagaimana kalau ada lima halaman atau lebih, pastinya bikin capek.

Kata-kata yang bersambung ini dikarenakan kalian menggunakan versi Microsoft Word yang lawas sedangkan file yang kalian buka dibuat dengan menggunakan Microsoft Word yang lebih baru seperti versi 2013 ke atas. Walaupun file tersebut bisa dibuka di Microsoft Word 2007, namun bisa dibilang sudah tidak kompatibel lagi.

Cara mengatasi tulisan dokumen Microsoft Word tanpa spasi/bersambung di Microsoft Office 2007 ini sebenarnya cukup mudah. Caranya yaitu dengan membuat antara program dan filenya bisa kompatibel satu sama lain. Baik itu dengan mengupgrade programnya atau sebaliknya mengubah filenya.

Upgrade Program Microsoft Office

Cara ini mungkin cara yang anti ribet tapi mahal. Cukup lakukan upgrade pada program Microsoft Office kalian. Versi terbaru saat ini adalah Microsoft Office 365. Biaya yang kalian bisa bulanan atau tahunan dan tersedia juga versi sekali beli. 

Harga subscription Microsof Office 365 berkisar anatara Rp959.999 - Rp1.299.999 pertahun dan Rp1.899.999 untuk versi sekali beli. Cukup mahal kan untuk orang Indonesia? makanya tidak heran jika banyak yang lebih memilih versi bajakannya hehe.

Memanfaatkan Google Docs

Jika harus mengupgrade Microsoft Office terasa berat, kalian bisa menggunakan Google Docs. Google Docs merupakan salah satu dari aplikasi online Google Sheets. Aplikasi ini layaknya Microsoft Office namun hanya bisa diakses melalui browser secara online. Google Docs berfungsi dengan baik membuka semua file word. Dari segi layout kalian tidak akan kesulitan menggunakan Google Docs ini. Untuk menggunakan Google Docs silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Buka browser Chrome kalian
  2. Buka situs https://docs.google.com/document/?usp=mkt_docs
  3. Pilih simbol + (kosong) untuk membuat documen baru
  4. Saat aplikasi terbuka klik file > Buka
  5. Berikutnya pilih tab Upload
  6. Upload file yang word kalian

Nah dokumen kalian pastinya akan aman dari kata-kata tanpa spasi.

Baca Juga: 2 Cara mengekstrak dan menyimpan gambar dari Microsoft Word 2007/2010 ke komputer

Mengkonversi file dari *docx ke *doc

Cara berikut ini merupakan cara yang menurut saya paling mudah dan rasional untuk kalian. Caranya yaitu cukup mengkonversi file dokumen word tersebut ke versi file word 2003. Bisa terlihat dari ekstensinya yang berubah dari docx ke doc.

Apakah mengkonversi file ini aman? tenang saja, berdasarkan pengalaman saya selama ini belum pernah terjadi hal yang aneh pada file hasil konversinya. Kata-katanya masih lengkap dan formatnya juga masih aman. Untuk mengkonvesri file word ini caranya cukup mudah. Kita hanya menggunakan layanan pihak ketiga. Silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Masuk ke situs https://cloudconvert.com/
  2. Tekan tombol Select File lalu cari file word yang akan kalian konversi
  3. Klik Convert
  4. Tunggu sampai proses konversi selesi lalu tekan tombol Download

Mudah bukan? Semoga postingan singkat Cara mengatasi tulisan dokumen Microsoft Word tanpa spasi/bersambung di Microsoft Office 2007 bisa membantu.

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan