5 manfaat pola hidup sehat yang bisa diperoleh saat musim hujan tiba

- Diupdate Oktober 28, 2021
5 manfaat pola hidup sehat yang bisa diperoleh saat musim hujan tiba

Sebentar lagi kita akan memasuki musim hujan. Di musim ini tubuh menjadi lebih rentan terkena penyakit langganan musiman, dan cara untuk mengatasinya tentunya yaitu dengan menjaga pola hidup sehat. Selain itu ada banyak manfaat pola hidup sehat lain yang bisa kita peroleh.

Pola hidup sehat yang perlu dilakukan saat musim hujan

Saat musim hujan perubahan suhu dan lingkungan secara drastis akan berdampak langsung pada daya tahan tubuh. Maka dari itu sangat penting untuk menerapkan pola hidup sehat. Berikut kiat-kiat yang bisa kita lakukan agar pola hidup sehat tetap terpenuhi.

1. Makan makanan sehat dan bergizi

Di musim hujan, suhu lingkungan yang dingin akan membuat tubuh membakar kalori lebih banyak agar tubuh tetap hangat. Hal itu membuat perlu menjadi cepat lapar. Naman saat perut lapar kita sebaiknya jangan asal makan saja. Kita perlu mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi secara berimbang agar tubuh menjadi sehat.

2. Olahraga secara teratur

Salah satu cara untuk menjaga agar tubuh tetap segar bugar adalah olahraga secara teratur. Jangan biarkan musim hujan membuat kita malas berolahraga. Olahraga yang bisa dilakukan saat musim hujan adalah olahraga indoor seperti aerobik, yoga, skipping dan sebagainya. Lakukan olahraga secara teratur setiap hari atau minimal tiga kali seminggu.

3. Mengkonsumsi vitamin C

Vitamin C yang sangat penting untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain terdapat pada sayur dan buah, vitamin ini juga bisa kita dapatkan dalam bentuk tablet yang tesedia di apotik. Ada pula yang berupa minuman. Perlu diperhatikan mengenai berapa jumlah vitamin C yang bisa dicerna oleh tubuh jangan sampai kita mengkonsumsi vitamin ini secara berlebihan.

4. Istirahat dan tidur yang cukup

Agar badan tetap fit di musim hujan, jangan untuk beristirahat yang cukup. Dalam satu rentang waktu kita harus mengistirahatkan tubuh dengan menghindari segala aktifitas fisik. Begitupula dengan tidur, pastikan waktu tidur kita cukup sehingga tubuh bisa selalu segar.

5. Minum air putih yang cukup

Di musim hujan tubuh cenderung jarang berkeringat. Akibatnya kebutuhan tubuh akan air putih juga berkurang. Hanya saja ada kalanya karena kebutuhan air yang kurang itu kita merasa tidak haus dan sampai lupa untuk minum air putih. Padahal air putih sangat penting karena membantu penyerapan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

6. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Saat musim hujan cuaca menjadi lebih dingin, udara menjadi lebih lembab. Virus maupun bakteri mudah menyebar kemana-mana. Maka dari itu sangat penting untuk selalu membersihkan diri, mencuci tangan menggunakan sabun. Begitupula dengan lingkungan sekitar. Area yang basah dan lembab menjadi tempat bakteri dan virus berkembang. Air hujan yang tergenang menjadi tempat yang ideal bagi nyamuk bertelur. Pastikan membuang atau menghilangkan air yang tergenang tersebut agar tidak menjadi tempat bertelur nyamuk.

7. Hindari terkena air hujan secara berlebihan

Saat turun hujan terjadi perubahan suhu yang sangat drastis. Akibatnya tubuh perlu beradaptasi. Perubahan suhu tersebut juga akan menurunkan daya tahan tubuh. Apalagi jika tubuh terkena air hujan secara langsung. Jadi jangan heran jika tubuh menjadi lebih mudah terserang oleh penyakit. Hindari terpapar air hujan secara langsung. Saat hujan sebaiknya kita berteduh sampai hujan tersebut reda.

Manfaat menjaga pola hidup sehat saat musim hujan

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan tetap menjaga pola hidup sehat di musim hujan antara lain:

1. Terhindar dari berbagai penyakit yang muncul di musim hujan

Beberapa penyakit yang sering muncul saat musin hujan antara lain demam ringan, diare, flu, sakit kepala, demam berdarah dengue, malaria dan banyak lainnya. Maka dari sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga pola hidup sehat agar kita terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.

2. Menjaga sistem imun tubuh

Menerapkan dan menjaga pola hidup yang sehat seperti dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga tentunya akan membuat daya tahan tubuh atau imun meningkat sehingga tubuh lebih kebal terhadap penyakit-penyakit yang sering muncul di musim hujan.

3. Meningkatkan stamina dan energi tubuh

Menjaga pola hidup sehat dengan mengkosumsi makanan sehat yang berimbang tentunya akan membuat stamina dan energi yang dihasilkan tubuh menjadi meningkat. Apalagi jika diimbangi dengan olahraga rutin akan membuat tubuh menjadi lebih kuat dan segar.

4. Aktifitas yang tetap lancar

Jika sistem imun tubuh bagus dan jauh dari penyakit tentunya membuat aktivitas tetap lancar tanpa takut dengan cuaca yang dingin. Jadi dengan tetap menjaga pola hidup yang baik di musim hujan kita tidak perlu khawatir aktifitas sehari-hari terhambat karena terkena demam, flu dan sebagainya.

5. Lingkungan yang bersih dan sehat

Penerapan pola hidup sehat itu sifatnya luas tidak hanya pada pola makan yang baik, aktifitas fisik yang baik dan sebagainya. Tetapi juga pada pengelolaan lingkungan yang baik. Saat musim hujan, lingkungan sekitar menjadi kotor, banyak genangan air dan sebagainya. Menjaga kebersihan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, membuang genangan air yang bisa menjadi media kembang jentik nyamuk dengue tentunya memberikan manfaat yang luar biasa. Lingkungan menjadi lebih nyaman dan sehat.

Akhir Kata

Saat musim hujan tiba, lingkungan mengalami perubahan yang cukup drastis. Tubuh pun menjadi lebih rentan terkena penyakit-penyakit yang umumnya muncul di musim hujan. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk menjaga pola hidup sehat sehingga tubuh tetap sehat dan segar serta aktifitas sehari-hari tetap lancar, lingkungan sekitar tempat tinggal kita tetap bersih, nyaman dan sehat

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan