Pentingnya Journaling untuk Mental yang Lebih Sehat

- Diupdate November 08, 2021
Pentingnya Journaling untuk Mental yang Lebih Sehat

Mungkin, saat kecil dulu, kamu sering menuliskan diary di buku khusus berwarna-warni. Nah, saat ini, ada juga istilah yang serupa dengan menulis diary yakni journaling. Ini adalah sebuah kegiatan menuangkan semua pikiran serta perasaan ke dalam bentuk tulisan sehingga kamu bisa memahami dengan lebih jelas.

Lalu, apa saja tulisan yang dapat dituangkan ke buku? Kamu bisa menuliskan apapun itu, bisa berbentuk planning, goals, emosi yang dirasakan, dan masih banyak lagi. Jurnal juga bisa kamu hias se-estetik mungkin. Bisa dengan pulpen berwarna warni, atau menambahkan sticker.

Meskipun terlihat sepele, tetapi, journaling itu sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental. Lalu, apa saja dampaknya? Simak yuk!

1. Hidup Lebih Damai, Tenteram, dan Bersyukur

Journaling ternyata dapat melatih kepekaan diri untuk menyadari berbagai hal yang ada di dalam hidup. Selain itu, kamu juga akan mampu mengidentifikasi semua emosi yang dirasakan. Dengan begitu, kamu pun akan jadi lebih tenteram, damai, serta bersyukur atas semua yang terjadi di dalam hidup ini.

Baca Juga: Kapan Kamu Sebaiknya Mulai Social Media Detox?

2. Mengasah Kreativitas

Maud Purcell, seorang psikoterapis serta ahli pada bidang journaling menyebutkan jika journaling akan melibatkan penerapan dua belah otak dalam satu waktu. Dimana otak kiri yang analitis dan rasional sibuk untuk berpikir. Sementara itu, otak kanan yang sensitif, kreatif, serta intuitif akan aktif.

Sehingga, ini akan membantu kamu menghilangkan hambatan mental dalam diri. Dengan begitu, kamu bisa mengasah kemampuan otak untuk memahami diri sendiri serta dunia yang ada di sekitar.

3. Bisa Menentukan Target Kamu

Journaling juga memiliki manfaat yang baik dalam menentukan target. Bisa dalam pekerjaan maupun hidupmu. Dimana kamu akan menuliskan sesuatu yang diinginkan, alasan, serta cara untuk mencapainya.

4. Melupakan Emosi yang Terpendam

Dalam hidup ini, tentu ada banyak masa yang membuat kamu merasa tertekan. Baik karena masalah pekerjaan maupun masalah pribadi. Nah, journaling bisa membuat kamu mudah meluapkan emosi serta perasaan dengan bebas. 

Baca Juga: 5 manfaat pola hidup sehat yang bisa diperoleh saat musim hujan tiba

Kamu pun bisa merefleksikan emosi dalam diri dan mampu berpikir jernih sebelum bereaksi terhadap sesuatu yang sedang terjadi. Jadi, pikiran dan hatimu akan lebih tertata dan memiliki keputusan yang paling tepat dan bijak.

Demikian manfaat journaling yang baik untuk kesehatan mentalmu. Yuk, mulai sekarang, tuliskan semua yang terjadi, ide-ide, serta rencana agar hidup jadi lebih bahagia. Selamat mencoba!

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan