Ketahui dan Hindari 3 Kesalahan Bisnis Online yang Membuat Bangkrut

- Diupdate Oktober 16, 2021
Ketahui dan Hindari 3 Kesalahan Bisnis Online yang Membuat Bangkrut

Ketahui dan Hindari 3 Kesalahan Bisnis Online yang Membuat Bangkrut - Apa saja kesalahan bisnis online yang membuat bangkrut? Siapa sangka, meskipun banyak penggiat online shop  baru, tetapi banyak orang belum paham hal-hal yang merupakan kesalahan besar berbisnis seperti berikut ini. 

1. Tidak Berinovasi

Inovasi sebenarnya merupakan hal yang wajib dilakukan oleh semua pebisnis baik online maupun offline. Tetapi di era digital yang semakin cepat berubah ini, inovasi adalah hal mutlak dan bahkan harus dipikirkan setiap hari. 

Inovasi marketing contohnya, harus dipikirkan setiap saat. Bahkan, harus ada penanggung jawab terhadap marketing yang mengerti tentang strategi digital marketing. 

Dengan demikian, tidak berinovasi bisa menjadi kesalahan besar yang membuat bangkrut. Jangan lupa ikuti premis dari Nokia berikut ini: “Kami tidak bersalah apa-apa tetapi kami kalah dan bangkrut,” dan itu adalah karena perusahaan ini tidak melakukan inovasi. 

2. Menggunakan Hanya Satu Media Saja

Saat ini, banyak pebisnis yang nyaman dengan satu marketplace tanpa mencoba membuka toko di marketplace lain. Ini tentunya adalah kesalahan fatal, karena perubahan kecenderungan konsumen semakin masif dan fluktuatif. 

Pastikan untuk menggunakan toko online di berbagai marketplace, memiliki platform sendiri, dan galakkan terus promosi via sosial media mana saja. Bisa jadi, Anda membutuhkan spesialis di bidangnya dan harus di-handle lebih dari 1 pekerja, tetapi itu tidak masalah selama usaha yang dirintis tidak sampai gulung tikar. 

3. Tidak Update Sehari Saja

Siapa sangka, tidak update sehari saja bisa menurunkan semangat penjual dan daya beli konsumen. Melakukan update produk yang sama maupun berbeda setiap hari sangatlah penting, bahkan jika isinya itu-itu saja. 

Lebih baik jika Anda memperbarui jenis katalog dari tampilan visual maupun video. Tetapi jika tidak bisa pun pastikan untuk upload katalog setiap hari di sosial media dan lakukan follow up terhadap penonton story di akun toko maupun akun pribadi Anda. 

Tak ada salahnya melakukan hal kecil secara terus menerus untuk menghindari kesalahan bisnis online yang membuat bangkrut. Dengan langkah preventif, Anda akan bisa memaksimalkan potensi bisnis hingga melejit. 

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan