Gimp, Alternatif Adobe Photoshop gratis

- Diupdate November 12, 2021
Gimp, Alternatif Adobe Photoshop gratis
Gimp, wikimedia, CC BY-SA 4.0

Siapa yang tidak kenal dengan Adobe (baca: adobi) Photoshop? program editor grafis milik Adobe ini hampir ada sebagai software bonus yang telah terinstal pada komputer desktop maupun laptop yang baru dibeli. Walaupun kebanyakan saya yakin bajakan.

Meskipun banyak terpasang, nyatanya Photoshop kabarnya jarang digunakan. Yah bisa benar sih, toh Photoshop memang merupakan program untuk editing tingkat lanjut. Bagi mereka yang orang awam dan tidak memiliki niatan untuk memiliki skill mengedit foto yang luat biasa, mereka lebih memilih program yang sifatnya lebih instan.

Misalkan untuk membuat gambar feed di facebook atau instagram, banyak lebih memilih menggunakan aplikasi instan yang ada di smartphone. Ambil foto dengan kamera smartphone, import ke aplikasi editor gambar dan cukup dengan beberapa tap efek-efek keren bisa didapatkan.

Photoshop sendiri merupakan program yang memiliki harga mahal, Untuk bisa menggunakannya secara legal perlu berlangganan dengan harga $27.62 - $41.43 perbulan $315.61 pertahun. Mahal memang tapi bagi mereka yang berkecimpung di duni desain grafis harga ini cukup sebanding dengan fitur yang ditawarkan.

Untuk Photoshop yang sudah terinstal di komputer kalian, kemungkinan besar itu adalah bajakan. Bisa berupa krek maupun patch. Jadinya cukup berbahaya karena semua program-program yang diperoleh secara ilegal seperti memiliki kemungkinan yang sangat besar berisi malware atau virus berbahaya.

Keberadaan malware bisa membuat pemiliknya terekspos. Semua data pribadi yang tersimpan di komputer yang terserang malware tersebut bisa dicuri oleh hacker. Data-data ini nantinya bisa di salah-digunakan, pemilik komputer diblackmail seperti pada kasus Ransomware, atau data-data tersebut bisa dijual.

Baca Juga: Cara Mudah Menghilangkan Background Gambar Tanpa Aplikasi Seperti Phostoshop

Jadi bisa dibilang keberadaan Photoshop bajakan ini sangat merugikan. Tidak heran jika banyak yang menyarankan untuk menhapus program tersebut dan menggantinya dengan alternatif lain yang jauh lebih aman.

Alternatif Adobe Photoshop

Ada program editor grafis alternatif Photoshop yang bisa digunakan secara gratis. Program ini mungkin tidak akan sepowerful Photoshop. Namun untuk masalah kelengkapan fitur tidak bisa diremehkan.

Namanya adalah GIMP yang merupakan singkatan dari GNU Image Manipulation Program. Gimp merupakan software dengan sumber terbuka dan tentunya gratis, tersendia untuk Windows, Linux dan bahkan Mac OS.

Dari segi tampilan Gimp memiliki layout yang mirip Photoshop. Bagian atas terdapat menu/opsi dan pada bilah samping terdapat opsi tool. Jadi untuk yang sudah terbiasa dengan Photoshop maka mengoperasikan Gimp tentu bukan hal yang sulit.

Dari segi fitur Gimp sudah pasti tidak akan selengkap Photoshop. Maklum saja namanya juga program gratisan. Namun fitur dasarnya sudah lengkap. Selain itu fitur tambahan bisa diperoleh sebagai plugin yang bisa diperoleh secara gratis dan berbayar yang tersedia di komunitas.

Meski gratisan bukan berarti Gimp boleh diremehkan. Manipulasi foto dengan banyak efek bisa dilakukan dengan program ini. Painting? juga bisa dilakukan dengan program ini. Apalagi jika hanya diperuntukkan untuk General Purpose. Jadi jangan heran kalau program ini menjadi alternatif utama pengganti Photoshop. Bahkan banyak juga desainer grafis profesional yang menggunakan program ini.

Untuk bisa mendapatkan Gimp cukup mudah, langsung saja menuju ke situs resminya di https://www.gimp.org/. Ukurannya cukup kecil sehingga tidak membebani ruang penyimpanan dan untuk System Requirementnya sendiri tidak akan seberat yang dipersyaratkan Photoshop.

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan