Step by Step Langkah Sederhana Melakukan Riset Pasar

- Diupdate November 11, 2021
Step by Step Langkah Sederhana Melakukan Riset Pasar

Ketika Anda ingin membuat produk baru atau mengetes bagaimana tanggapan konsumen terhadap suatu inovasi, diperlukan langkah sederhana melakukan riset pasar. Tak perlu khawatir dengan prosedur yang mudah ini, karena berikut akan ada step by step-nya dalam 4 tahap saja. 

1. Step Pertama: Tahap Survei

Apa saja kebutuhan masyarakat saat ini terkait dengan produk atau layanan yang mungkin Anda luncurkan dalam bisnis? Untuk menjawab hal tersebut, lakukan survei baik melalui observasi, pengisian kuosioner, maupun wawancara terstruktur dengan sampel konsumen sesuai target market. 

2. Step Kedua: Melihat Bagaimana Perkembangan Pasar

Setelah melakukan survei, maka tahap yang berikutnya adalah mengamati tren apa yang sedang nge-hits di sektor pasar Anda. Kemudian, lakukan penyesuaian antara inovasi yang akan dibuat dengan kebutuhan pasar dan selera sesuai tren. 

3. Step Ketiga: Amati Bagaimana Kompetisi di Pasar

Bagaimana kompetitor Anda yang menawarkan produk atau layanan sama dalam menindaklanjuti sebuah tren di masyarakat? Apakah mereka mengeluarkan inovasi baru atau membuat inovasi berdasarkan produk atau layanan lama yang diperbarui? 

Baca Juga: Tips Mengembangkan Startup untuk Pebisnis Pemula

Ini penting untuk diketahui karena tentunya hal tersebut juga mempengaruhi kompetisi di pasar. Jika Anda adalah pionir di bidang tersebut dan belum ada kompetitornya, tetap waspadai adanya orang baru di bidang bisnis tersebut agar siap dalam menghadapi kompetisi di masa mendatang.

4. Step Keempat: Lakukan Uji Coba 

Step terakhir yang wajib dilakukan adalah melakukan uji coba. Penting untuk membuat prototype terlebih dahulu dibanding langsung memproduksi massal. 

Karena jika ada hal yang perlu diperbaiki, maka Anda akan lebih mudah melakukan evaluasi para produk atau layanan yang masih berbentuk prototype. Ini sangat berbanding terbalik jika produk atau layanannya sudah dibuat secara massal. 

Setelah membaca 4 langkah sederhana melakukan riset pasar di atas, tentunya Anda sudah memahami pentingnya prosedur tersebut dilakukan. Karena itulah, jangan lupa untuk melakukan riset secara berkala agar dapat menyamakan kebutuhan konsumen dengan inovasi yang akan dibuat. 

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan