Photopea, program edit gambar yang mirip Photoshop

- Diupdate Desember 03, 2021

Mengedit gambar atau foto adalah hal yang sangat menyenangkan. Apalagi jika ilmunya sudah masuk ke tingkat advance yang lingkungannya di area photo manipulation. Meski tidak mudah dan butuh waktu yang cukup lama namun jika sudah sampai di tingkat tersebut, semua waktu dan effort yang dikeluarkan rasanya sangat sepadan.

Program yang paling populer digunakan untuk mengedit gambar atau desain grafis lainnya adalah salah satu program buatan Adobe (baca: Adobi) yaitu Adobe Photosop. Program ini bisa digunakan oleh pemula sampai profesional. Program ini sangat lengkap dan kaya fitur dan bisa dibilang nomor satu untuk urusan edit-mengedit gambar.

Untuk harga Adobe Photoshop sendiri bisa dibilang cukup mahal untuk ukuran kantong orang Indonesia. Untuk bisa menggunakan program ini kita bisa melakukan pembelian lisensi penggunaan baik secara bulanan dan tahunan. Jumlah yang harus dikeluarkan adalah $27.62 - $41.43 perbulan $315.61 pertahun.

Jika terasa berat dengan harganya, ada alternatif lain yang bisa digunakan yaitu GIMP. Yang satu ini adalah program open source dan tentunya tersedia secara gratis. Namun perlu dipahami bahwa program ini dari banyak sisi belum bisa menandingi Photoshop.

Baca juga: Program menggambar dan mewarnai terbaik untuk pemula

Selain GIMP ada juga program editing berbasis web yang bisa digunakan sevara gratis. Namanya adalah Photopea (baca: Photopi). Ptogram ini bisa dibuka menggunakan browser untuk desktop seperti Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge dan sebagainya.

Photopea, program edit gambar yang mirip Photoshop

Yang cukup menarik dari Photopea ini adalah tampilannya. Jika kalian terbiasa atau pernah menggunakan Photoshop, maka menggunakan Photopea tidak akan sulit karena tampilannya sangat mirip dengang Photoshop. Sebenarnya bukan mirip lagi, tapi identik.

Tentunya yang identik yang sebatas tampilan dan sebagian fungsinya saja. Selebihnya pasti terbatas mengingat Photopea adalah program gratis ditambah sifatnya yang berbasis web dan online. Untuk bisa menggunakan Photopea ini, cukup akses ke alamat www.photopea.com.

Untuk jenis file yang didukung cukup banyak yaitu semua format gambar umum seperti jpg, jpeg, png, bmp dan format lain seperti psd, AI, svg, XD, sketch, pdf, xcf dan raw. Lengkap bukan?

Semoga postingan singkat ini bermanfaat.

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan