Cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka di Mozilla Firefox

— Diupdate Desember 04, 2021
Cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka di mozilla firefox

Youtube merupakan salah satu platform berbagi video terbesar di dunia. Selain itu platform ini juga menjadi salah satu situs yang paling sering dikunjungi.

Di Youtube ada jutaan video yang dihost di sana. Semua jenis video tersedia. Ada hiburan seperti video music, animasi, banyak juga eduksi sampai video-video yang tidak jelas semua bisa dinikmati secara gratis.

Vido Youtube sendiri bisa diakses melalui browser web atau aplikasi Youtube untuk perangkat smartphone baik di sistem operasi android atau pun Ios.

Di desktop pastinya video Youtube harus di lihat melalui web browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Microsoft Edge dan beberapa browser lainnya. Hal ini karena memang Youtube tidak tersedia sebagai aplikasi pada perangkat desktop.

Salah satu browser yang paling nyaman diguanakan untuk menonton Youtube adalah Mozilla Firefox. Hanya saja di beberapa kesempatan banyak yang mengeluhkan bahwa video youtube tidak bisa diputar.

Beberapa penyebab Youtube tidak bisa dibuka di mozilla firefox

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kenapa di Youtube tidak bisa dibuka di Mozilla Firefox. Seperti:

  1. Koneksi internet yang tidak stabil atau putus
  2. Kesalahan pengaturan proxy
  3. Terblokir add-on
  4. javascript dimatikan
  5. Ruang penyimpanan di komputer penuh
  6. Mozilla Firefox rusak
  7. Server Youtube sedang down

Mengatasi Youtube tidak bisa dibuka di Mozilla Firefox

Untuk mengatasi permasalahan ini tentunya perlu diketahui dulu penyebabnya. Karena dengan mengetahui penyebabnya apa tentu bisa diatasi dehan cepat.

Berikut langkah-langkah mengatasi Youtube tidak bisa dibuka di Mozilla Firefox.

  1. Pastikan apakah koneksi internet lancar
  2. Cek pengaturan proxy Mozilla Firefox. Caranya masuk ke Option atau ketik about:preferences di address bar. Scroll ke bawah ke netwrok settings lalu klik settings dan pastikan memilih Use system proxy settings
  3. Ada beberapa jenis add-on yang khusus memblokir website. Mungkin kalian pernah memasangnya. ketik about:addons di address bar lalu periksa add-on yang mungkin memblok youtube
  4. Beberapa add-on Mozilla Firefox juga bisa mematikan javascript. Jika javascript tidak dimuat, Youtube tidak akan bisa dimuat dengan sempurna. caranya mengatasinya seperti di nomor 4.
  5. Ruang penyimpanan komputer yang penuh. Semua jenis website termasuk youtube yang dimuat di browser asetnya akan disimpan dikomputer dalam bentuk cache. Jika ruang penyimpanan tidak tersedia maka browser tidak bisa menyimpan cache akibatnya website tersebut idak akan terbuka. Untuk mengatasi cukup pastikan komputer memiliki ruang penyimpanan yang cukup.
  6. Menghapus cache. Kadang kala cache yang disimpan oleh browser bisa menyebabkan website tertentu tidak bisa dibuka. Untuk mengatasinya cukup dengan menghapus cache tersebut. Caranya ketik about:preferences di address bar. Scroll ke bawah sampai ke Cookies and Site Data. Klik clear data dan cek Cached Web Content lalu klik Clear.
  7. Jika Youtube maupun website lainnya tidak bisa terbuka namun di browser lain seperti Chrome bisa terbuka padahal pengaturan proxy sudah benar, artinya program Mozilla Firefox nya bermasalah. Uninstall Mozilla Firefox tersebut lalu instal yang baru yang bisa di download di https://www.mozilla.org/id/firefox/download/thanks/
  8. Jika masalahnya server Youtube sedang down maka tidak ada yang bisa kita lakukan kecuali menunggu.

Semoga bermanfaat

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan