Tes logika dan jawaban 1 kelinci melihat 6 gajah

- Diupdate Desember 15, 2021

Di edisi gabut kali ini mimin akan membahas satu tes logika atau teka-teki yang saya dapat di group facebook. Kali ini bukan anaknya diana atau pria yang mencuri uang 200 ribu di warung, tapi tentang 1 kelinci yang melihat 6 ekor gajah.

Kalimatnya kurang lebih seperti ini:

1 Kelinci melihat 6 Gajah ketika menuju sungai…Setiap Gajah melihat 2 Monyet menuju sungai…Setiap Monyet membawa 1 Jangkrik ditangannya.  *Jadi Berapa Hewan yang menuju Sungai?

Tes logika dan jawaban 1 kelinci melihat 6 gajah
Tes logika dan jawaban 1 kelinci melihat 6 gajah...

Coba kita pisah-pisah dulu kalimatnya agar lebih mudah dipahami.

  1. 1 kelinci melihat 6 gajah ketika menuju sungai
  2. Setiap gajah melihat 2 monyet menuju sungai
  3. Setiap monyet membawa 1 jangkrik di tangannya

Pembahasan

Mari kita bahas satu per satu

1 kelinci melihat 6 gajah ketika menuju sungai

Banyak yang berpikir bahwa ini adalah kalimat yang ambigu. Bagi yang belum tahu apa itu ambigu, ambigu berarti memiliki dua makna. Dari kalimat di atas mungkin akan memunculkan pertanyaan siapakah yang sedang menuju ke sungai, apakah kelinci atau gajah?

Jika kalimat di atas memang ambigu maka bisa diuraikan seperti ini:

  1. 1 kelinci menuju sungai
  2. 6 gajah menuju sungai

Apakah betul penguraian di atas? Jawabannya salah. Kalimat di atas bukan kalimat ambigu sama sekali jadi tidak bisa diurai sedemikian rupa. Kuncinya adalah penggunaan kata "ketika". Dalam KBBI, ketika berarti pada waktu [yang bersamaan].

Penggunaan kata ketika di sini menunjukkan bahwa satu subjek melakukan 2 aktifitas secara bersamaan. Dalam kalimat di atas 2 aktifitas itu adalah "melihat" dan "menuju". Jadi jelas di sini bahwa yang menuju ke sungai hanya kelinci saja. Jadi bukan kalimat ambigu yah.

Dari pernyataan di atas bisa disimpulkan bahwa yang menuju ke sungai adalah 1 ekor kelinci tersebut

Setiap gajah melihat 2 monyet menuju sungai

Berikutnya setiap gajah melihat 2 monyet menuju sungai. Jika setiap gajah melihat 2 ekor monyet, maka jumlah monyet yang menuju ke sungai adalah 6 dikali 2 jadinya ada 12 ekor monyet. Apakah seperti itu? Ah tunggu dulu, ada kemungkinan lain.

Bagaimana jika setiap gajah melihat 2 monyet yang sama? Maksudnya gini, hanya ada 2 monyet yang menuju sungai, tentu 6 ekor gajah tersebut melihat monyet yang sama. Jika seperti ini maka hanya akan ada 2 monyet yang menuju ke sungai, ya kan?

Tapi itu kalau gajahnya dalam kawanan/kelompok. Bagaimana kalau ternyata 6 gajah ini terpisah-pisah dan memang masing-masing melihat 2 monyet yang berbeda? Kan mungkin saja. Apalagi pertanyaannya dari awal memang terasa ngambang.

Setiap monyet membawa 1 jangkrik di tangannya.

Jika ada 12 monyet yang setiap monyetnya membawa 1 jangkrik, maka total jangriknya ada 12 dong. Namun jika merujuk ke pernyataan lain bahwa hanya ada 2 monyet yang dilihat oleh gajah maka total jangkriknya hanya ada 2.

Jawaban yang benar

1. Versi cepat/logis

Jika kalian menginginkan jawaban cepat, maka jawabannya adalah 1 kelinci, 12 monyet dan 12 jangkrik.

2. Versi kritis

Namun jika menginginkan jawaban yang lebih kritis maka jawabannya adalah 1 kelinci, 2 monyet dan 2 jangkrik.

Lalu yang manakah jawaban teka-teki 1 kelinci melihat 6 gajah... yang paling benar? Kalau mimin pribadi yang ditanya maka mimin akan memilih jawaban versi cepat. Meski ada yang bilang kalau semua jawaban benar karena pertanyaan ini ditujukan untuk mengetahui kepribadian seseorang.

Ya memang benar tapi itu jika yang bertanya seorang psikolog, orang HRD saat wawancara kerja atau orang tertentu yang memang niatnya untuk melihat kepribadian seseorang. Namun jika yang bertanya selain itu yah jawabannya tidak bisa dibilang benar semua dong.

Tapi itu pendapat mimin saja. Jika ada yang punya pendapat lain terkait jawaban teki-teki ini, silahkan ditulis di kolom komentar.

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan