Channel YouTube yang menyediakan anime/donghua gratis

— Diupdate November 22, 2022
One Punchman
One-Punchman, Sumber: Muse Asia

Nonton anime di YouTube? tentu saja bisa. Jika sebelum-sebelumnya kalian menemukan serial anime di YouTube maka anime itu sudah pasti ilegal. Video animenya juga sudah diedit sedemikian rupa untuk melewati deteksi pelanggaran hak cipta oleh mesin YouTube.

Mulai dari audio yang dibuat cempreng, penambahan frame dan noise, dicrop, bahkan videonya ada yang diflip. Pokoknya gak layak tonton sama sekali. 

Namun beberapa tahun terakhir ini muncul beberapa channel yang menyediakan anime yang bisa ditonton secara gratis. Channel-channel ini umumnya milik perusahaan khusus hiburan yang membeli lisensi hak tayang anime. Dengan begitu mereka bisa menayangkan anime tersebut di YouTube tanpa takut terkena restriksi dan pelanggaran hak cipta.

Memang mengapa bagus jika menonton anime lewat YouTube? Pokoknya ada banyak keuntungan yang bisa kalian dapatkan jika menonton anime lewat YouTube. Jika sebelumnya kalian mengonton animasi di webiste ilegal, maka kalian bisa dikategorikan melanggar hukum. Belum lagi komputer kalian bisa terkena virus atau malware. Sedangkan di YouTube bisa dipastikan aman. 

Berikut ini beberapa channel YouTube yang menyediakan anime yang bisa ditonton gratis

Bandai Spirit Global

Bandai Spirit Global merupakan channel yang meyediakan anime gratis untuk ditonton. Anime yang terdapat di channel ini hanya beberapa saja. Itupun anime seputar mecha seperti gundam yang merupakan produk dari bandai.

Gundam build
Gundam Build, Sumber: Bandai Global Network

Anime By Bilibili

Ketika berbicara serial animasi, maka yang mengikuti Jepang sebagai negara penghasil animasi populer adalah Cina. Jika istilah untuk animasi Jepang adalah anime, animasi dai negeri tirai bambu dikenal dengan nama Donghua.

Sebenarnya channel yang ingin saya bahas di sini adalah yang menyajikan anime berbahasa Indonesia dan gratis sepenuhnya saja. namun rasanya agak sayang jika tidak mengikutkan channel Anime By Bilibili. Soalnya channel ini menyajikan serial donghua 3D yang akhir-akhir ini cukup populer seperti Carp Reborn aka Yuan Long, Mortal Journey To Immortality, The Soul of Soldier Master dan lain-lain.

The Soul of Soldier Master
The Soul of Soldier Master, Sumber: Anime By Bilibili

Di cahnnel ini beberapa serial bisa ditonton semua episode secara gratis. Beberapa lainnya hanya menampilkan sampai empat episode saja sisa harus join untuk bisa mengakses semua episode. Harga joinnya sendiri adalah 40 - 50 ribu perbulannya, cukup murah sih menurut saya.

Ani-one Asia

Channel ini juga menyajikan banyak pilihan anime. Banyak anime yang yang disediakan sepenuhnya gratis tanpa ada restriksi yang mengharuskan join dan sebagainya. Notable anime pada channel ini seperti haikyuu OVA, Higurashi, Code Geass, Konosuba, Saga of Tanya the evil dan lain-lain.

Konosuba
Konosuba, Sumber: Ani-one Asia

Channel ini juga menyangkan anime yang sedang ongoing alias sedang tayang yang akan diupdate sesuai dengan hari episode anime tersebut tayang di televisi. Mungkin sedikit telat karena pihak channel harus membuat subtitelnya dulu.

Selain anime gratis, channel juga meawarkan anime populer yang bisa ditonton jika join. Anime yang dirawarkan adalah anime yang cukup populer seperti Haikyuu, Lupin The Third, Overlord I, II, III dan beberapa anime lainnya. 

Muse Asia Indonesia

Mungkin ini channel terbaik bagi para pecinta anime untuk menonton anime secara gratis. Muse Asia Indonesia merupakan channel khusus dari Muse Asia untuk region Indonesia. Channel ini menyajikan banyak sekali anime, mulai dari anime lawas sampai anime yang sedang tayang. 

Tdak tanggung-tanggung anime yang disediakan juga bukan anime yang memiliki rating rendah ataupun anime yang harga lisensinya murah tapi anime-anime top juga tersedia. Misalnya One-Punchman, Re:Zero, Jojo and Bizzare Adventures, Mushoku Tensei, That Time I Got Reincarnated As Slime dan sebagainya.

One Punchman
One-Punchman, Sumber: Muse Asia

Tidak seperti Ani-one Asia, semua anime yang tersedia di channel ini sepenuhnya gratis tanpa harus join dan sebagainya

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan