Memanfaatkan backlink untuk website bisnis

— Diupdate November 22, 2022
Memanfaatkan backlink untuk website bisnis

Apakah anda seorang pebisnis yang memiliki website sebagai salah satu media pemasaran? Tentu anda menginkan website anda ramai dengan pengunjung. Pengunjung yang banyak berarti potensi peningkatan order produk anda juga meningkat.

Penerapan SEO

Untuk bisa meningkatkan jumlah pengunjung website anda maka yang harus anda lakukan adalah melakukan optimasi pada website anda agar lebih ramah pada mesin pencari. Cara ini dikenal dengan nama Search Engine Optimization (SEO).

Jika penerapan SEO bagus, maka setiap postingan atau produk anda merangkak naik di halaman pertama pada hasil pencarian mesin pencari. Berada di halaman pertama berarti website anda memiliki potensi diklik lebih besar. Dengan begitu traffik organik akan mengalir ke website anda.

Penerapan SEO meliputi dua hal utama, yaitu optimasi on-page dan off-page. Optimasi on page artinya melakukan pengoptimalan dari dalam website anda agar lebih ramah terhadap mesin pencari. Ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu perbaikan struktur dari website, penulisan konten original yang berkualitas dengan keyword atau kata kunci tertarget dan sebagainya.

Sedangkan optimasi off-page berarti semua aktivitas yang dilakukan guna mengoptimalkan website dari luar seperti melakukan promosi, link building, backlink dan sebagainya. Backlink sendiri merupakan salah faktor yang berperang penting dalam optimasi off page pada website. Lalu apa itu backlink?

Memanfaatkan backlink untuk website bisnis

Backlink adalah link atau tautan yang tertanam di website, direktori atau web node lainnya yang mengarah ke website lain. Backlink ini menjadi salah satu indikator sebarapa bagus atau penting konten anda. Dan hal ini menjadi salah satu acuan mesin pencari merengking website anda.

Backlink menunjukkan seberapa populer sebuah konten atau bahkan website secara umum. Backlink menunjukkan bahwa sebuah konten menjadi rujukan dan menjadi rujukan itu adalah hal yang bagus. Bot mesin pencari menjadikan backlink tersebut sebagai acuan untuk mengetahui bahwa konten rujukan memiliki kualitas yang bagus, kredibel dan sebagainya.

Manfaat yang bisa anda dapatklan dari backlink adalah menaikkan visitor organik ke website anda, menambah authority website anda, menaikkan rangkin website anda di mesin pencari, memperluas jangkauan target anda, memperkuat brand anda dan sebagainya.

Jadi semakin banyak backlink yang tertanam di website lain maka akan semakin bagus juga website asal backlink tersebut di mata mesin pencari. Imbas positifnya tentu saja ranking yang lebih baik. Apabila disertai dengan optimasi on-page yang tepat maka posisi 1 di hasil pencarian bukan hal yang mustahil.

Namun tidak semua backlink itu bagus atau setidaknya berpengaruh baik untuk website anda. Semuanya tergantung pada implementasinya. Secara umum backlink yang bagus itu memiliki anchor teks yang sesuai keyword serta linknya bersifat dofollow. Selain itu tempat konten bahasan dimana backlink tersebut berada harus sesuai atau setema, jika tidak malah akan dianggap spam.

Tips mendapatkan backlink

Ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan backlink, salah satunya yaitu dengan menggunakan penyedia jasa backlink. Menggunakan jasa backlink berarti anda membeli jasa agar website lain menaruh backlink yang mengarah ke situs anda di dalam konten atau postingan mereka.

Umumnya penyedia jasa backlink ini bekerja sama dengan blogger atau pemiliki website lain. Saat anda membeli backlink pada penyedia jasa tersebut maka sistem mereka akan memilih blog/website yang ssuai dengan kriteria anda. 

Selanjutnya anda cukup memberikan order bagaimana backlink anda harus diimplemetasikan. Hal ini cukup penting agar backlink anda tidak dianggap spam. Anda cukup meminta agar pemilik website menulis konten yang sesuai dengan backlink anda, seperti review atau ulasan.

Membeli backlink bukan hal yang buruk. Meski dianggap tidak sebaik backlink yang diperoleh secara organik, anda percaya atau tidak secara power keduanya sama saja selama backlink yang dibeli tersebut tertanam pada konten yang relevan. Artinya ada tetap akan membperoleh manfaat yang sama.

Ada banyak yang menyediakan jasa backlink di luar sana. Harga yang ditawarkan juga bervariasi. Ada yang murah ada juga yang mahal tergantung situs dimana backlink tersebut akan ditanam. Umunya patokan pada metrik-metrik tertentu seperti Domain Authority (DA), Page Authority (PA), Domain Ranking (DR) dan Alexa Rank.

Salah satu penyedia jasa backlink murah yang bisa anda pertimbangkan adalah rajabacklink. Di sana terdapat lebih dari 12 ribu website yang bisa anda pilih.


Mengingat pentingnya sebuah backlink untuk bisnis anda, ada baiknya anda mulai mempertimbangkan dari sekarang untuk mulai menggunakan backlink.

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan