Bagaimana Cara membuat Flowchart?

- Diupdate Maret 10, 2022
Image by rawpixel.com

Bagi Anda yang ingin memvisualisasikan dan menggambarkan suatu prosedur, maka diagram alur itu bisa menjadi salah satu pilihannya. Akan tetapi memang tidak banyak orang yang paham dengan baik dan benar soal cara untuk membuat diagram alur tersebut. Padahal kalau Anda sudah tahu bagaimana cara yang benar, kami rasa Anda pasti akan bisa membuatnya dengan lebih mudah.

Bila dilihat dari pilihan cara yang bisa digunakan itu sebenarnya memiliki beberapa pilihan yang bisa Anda pergunakan untuk membuatnya. Tapi pilihan cara tersebut tidak semua orang tahu lho, beberapa orang hanya tahu cara untuk membuatnya secara manual saja. Nah berikut ini kami akan coba jelaskan pilihan cara untuk membuatnya dan langkah secara umum untuk membuat flowchart

Langkah Umum Membuat Diagram Alur

Untuk membuat diagram alur itu ada beberapa langkah umum yang harus dilakukan, dengan cara apa pun langkah ini tetap digunakan. Bisa dibilang juga ini adalah sebuah proses yang harus dijalani apabila ingin membuat diagram alur yang baik dan juga informatif. Berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa step ataupun langkah untuk membuatnya dengan baik dan benar. 

  1. Langkah yang paling pertama adalah dengan mengumpulkan dulu setiap proses dari suatu prosedur yang akan dibuat. Semua prosesnya secara runtut harus dicatat terlebih dahulu, dan harus dipastikan kalau semua proses itu sudah masuk. Urutkan proses tersebut sesuai dengan urutannya agar supaya nantinya diagram alur yang dibuat pun urutannya benar. 
  2. Langkah yang kedua adalah Anda mulai jabarkan ataupun bahas secara detail setiap proses yang sudah Anda urutkan tadi. Ada kemungkinan kalau dalam satu proses akan berlanjut ke lebih dari satu proses karena alasan tertentu. Nah Anda perlu tambahkan proses tambahan tersebut dan jelaskan dengan kondisi yang seperti apa proses tersebut akan berlaku. 
  3. Langkah yang ketiga adalah Anda masukkan semua dokumen yang diperlukan pada setiap proses mulai dari awal sampai akhir. Anda pikirkan juga jumlah dokumen yang dibutuhkan dan juga alur dari setiap dokumen yang dihasilkan dari setiap proses. Jadi nanti setiap dokumen itu akan jelas alurnya berawal dari mana dan akan berakhir di tangan siapa. 
  4. Langkah yang terakhir itu adalah pemeriksaan, ini adalah langkah yang bisa dilakukan sendiri ataupun bersama dengan tim. Pada dasarnya langkah ini untuk memastikan kalau diagram alur sudah benar dan sudah lengkap sesuai dengan prosedur yang diinginkan. Dengan diperiksa bersama tim akan meminimalisir terjadinya kesalahan atau kekurangan. 

Pilihan Cara Membuat Diagram Alur 

Setelah sudah tahu langkah utamanya, maka Anda bisa mulai mencari tahu pilihan cara yang bisa digunakan itu apa saja. Dengan mengetahui beberapa pilihan cara tersebut, maka Anda bisa memilih cara yang menurut Anda paling mudah dan paling sesuai dengan Anda. Berikut ini beberapa pilihan cara untuk Anda membuat diagram alur dengan mudah.

1. Menggunakan Cara Manual

Cara pertama adalah cara manual yang mungkin sedari dulu pun sudah dipergunakan oleh banyak orang untuk membuatnya. Jadi Anda buat dengan catatan terlebih dahulu, Anda konsultasikan dan rapatkan dengan tim untuk membuatnya. Kemudian Anda bisa membuatnya dengan menggunakan Excel ataupun Word bahkan aplikasi paint. 

2. Menggunakan Aplikasi Khusus Pembuat Diagram Alur

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi khusus, karena sekarang sudah ada aplikasi khusus untuk membuat diagram alur. Ini adalah cara yang bisa membantu Anda dalam membuat diagram alur tersebut, karena sudah ada template yang bisa digunakan. Selain itu biasanya ada panduan dan tips membuat diagram alur yang disediakan. 

Tapi tetap ada kekurangannya, yakni adalah harus install dan berarti butuh kapasitas untuk menyimpan aplikasi tersebut. 

3. Menggunakan Aplikasi Online 

Cara yang terakhir adalah menggunakan aplikasi online yang biasanya tersedia di situs tertentu di internet. Ada beberapa kelebihannya, berikut ini kelebihannya. 

  1. Tidak perlu install
  2. Ada fitur berbagi untuk langsung diperiksa oleh pihak yang menentukan
  3. Antarmuka simpel dan sederhana, jadi mudah digunakan
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan