Tips membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar

- Diupdate Februari 24, 2022
Tips membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar

Hal pertama yang harus anda siapkan jika yang ingin melamar pekerjaan di suatu tempat atau perusahaan adalah surat lamaran kerja.

Surat lamaran kerja ini menjadi sinyal pertama bagi para HRD untuk mengetahui bahwa anda memiliki niat untuk bekerja di perusahaan mereka.

Di dalamnya berisi permohonan dan niat anda untuk diberikan kesempatan bergabung pada perusahaan tersebut dan juga daftar kualifikasi anda.

Namun ada hal yang jarang bahkan tidak diketahui oleh para pelamar pekerjaan ini tentang surat lamaran pekerjaan bahwasanya berkas ini memiliki kriteria tertentu yang harus dipenuhi.

Surat lamaran kerja yang baik dan benar tentunya harus sesuai dengan standar yang diinginkan oleh pihak HRD itu sendiri, bukan semau pelamar menuliskan apapun yang mereka inginkan.

Ada rambu-rambu atau aturan tentang penulisan surat lamaran kerja ini, bahkan terlepas dari kualitas pelamarnya sendiri kadang surat lamaran dengan presentasi yang buruk menyebabkan peluang anda untuk diterima menjadi sangat kecil.

Terdengar kejam memang, namun mau bagaimana lagi, hal tersebut menjadi kriteria atau bahkan etik yang dimiliki para HRD dalam melakukan seleksi para pelamar.

Maka dari tiu sangat penting bagi anda untuk mengetahui cara penulisan yang baik dan benar agar potensi anda untuk diterima semakin besar.

Apalagi di era dimana semua informasi bisa diperoleh lewat internet, bukan hal yang sulit untuk bisa mengetahui atau mendapatkan contoh surat lamaran kerja yang bagus.

Lalu bagaimana sih surat lamaran kerja yang baik dan benar itu? Surat lamaran kerja yang baik setidaknya memiliki format atau struktur yang benar serta menggunakan bahasa yang baik dan benar sesuai ejaaan yang disempurnaka.

Tips membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar

Untuk membuat surat lamaran kerja yang bagus silahkan ikuti tips berikut ini:

  1. Menggunakan bahasa yang baik dan benar
  2. Format penulisan yang terstruktur dan rapi
  3. Melengkapi data-data yang dibutuhkan
  4. Melampirkan berkas dan dokumen pendukung lainnya

1. Menggunakan bahasa yang baik dan benar

Menggunakan bahasa yang baik yang benar tentu menjadi salah satu poin utama apakah surat lamaran kerja yang anda buat memenuhi kriteria benar atau tidak.

Bahasa yang digunakan haruslah bahasa formal dan mengedapankan sopan santun. Tata bahasanya baik dengan pemilihan kata yang tepat dan benar sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.

Jangan sekali-kali menggunakan kata-kata yang tidak standar atau gaul karena hampir 100% HRD akan membuang surat lamaran anda ke tong sampah.

2. Format penulisan yang terstruktur dan rapi

Sangat penting untuk dipahami agar surat lamaran kerja memiliki format penulisan yang baik seperti berikut:

  1. Lokasi dan tanggal penulisan surat lamaran pekerjaan
  2. Perihal surat
  3. Identitas penerima surat dan alamat perusahaan
  4. Salam hormat
  5. Kalimat pembuka
  6. Identitas / biodata diri
  7. Kalimat promosi diri
  8. Lampiran surat lamaran pekerjaan
  9. Penutup dan salam
  10. Nama pelamar dan tanda tangan

3. Melengkapi data-data

Pastikan untuk memasukkan data-data yang benar tentang tentang diri anda, mulai dari data profil diri, kemampuan atau skil anda, riwayat pekerjaan dan sebagainya.

Jangan pernah berpikir untuk memberikan data palsu dengan niat untuk meningkatkan kualitas diri anda.

4. Berkas dan dokumen pendukung lainnya

Sealain berkas atau dokumen utama seperti Curriculum Vitae (CV), scan atau foto copy ijazah, foto copy KTP, kartu kuning dan sebagainya, jangan lupa sertakan dokumen lain seperti surat pengalaman kerja, sertifikat pelatihan kalau ada bahkan sertifikat organisasi dan lain-lainnya.

Percaya atau tidak setifikat-sertifikat tersebut akan menjadi bahan pertimbangan HRD dan memperbesar pelung anda untuk diterima.

5. Surat lamaran kerja ditulis tangan ata print out?

Baiknya surat lamaran kerja ditulis tangan atau diketik alias print out? Banyak yang menyarankan bahwa surat lamaran yang ditulis tangan lebih baik karena beberapa hal seperti: Menunjukaan effort (usaha) dan kesungguhan, tidak ada praktik copy paste, karakter pelamar bisa dilihat menggunakan ilmu graphology goresan tulisan serta lamaran yang ditulis tangan lebih mengesankan.

Namun ternyata berdasarkan jawaban di situs tanya jawab di Quora, hampir semua penjawab yang berprofesi di bidang rekrutmen menyarankan agar surat lamaran kerja diketik di komputer dan diprint out.

Ke warnet, mengetik di komputer dan sebagainya juga bentuk effort, untuk masalah copy paste lumrah saja. Begitupula dengan yang ditulis tangan, tidak ada jaminan, bisa jadi hasil nyontek juga.

Bahkan dari salah satu jawaban mengatakan bahwa jika surat lamaran yang ditulis tangan jelek, kurang rapi dan sulit dibaca akan langsung diskip. Jadi kesimpulannya surat lamaran yang yang ditulis tangan tidak lebih baik daripada yang diketik. Bahkan bisa merugikan pelamar.

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar

Ada banyak sekali contoh surat lamaran kerja yang bisa anda temukan di internet. Berikut ini satu contoh surat lamaran kerja yang saya ambil dar situs https://mamikos.com/info/

contoh surat lamaran kerja
Contoh surat lamaran kerja, sumber: mamikos
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan