Cara memilih jam tangan pria yang harus kamu tahu

- Diupdate Juni 10, 2022
Cara memilih jam tangan pria yang harus kamu tahu

Salah satu cara untuk menunjang penampilan seseorang pria menjadi lebih maksimal adalah dengan menggunakan akseseris tambahan, salah satunya adalah dengan memakai jam tangan atau arloji.

Kebanyakan orang umumnya memilih membeli jam tangan sesuai dengan selera atau semaunya saja. Entah karena jam tangan tersebut terlihat bagus, keren, murah dan sebagainya.

Tidak salah juga, toh jam tangan walaupun menjadi objek yang kadang cukup menonjol namun sering diabaikan oleh orang yang melihatnya.

Padahal seharusnya tidak bisa seperti itu. Pemilihan jam tangan sebaiknya memperhatikan beberapa aspek sehingga aksesoris pergelangan tangan ini bisa terlihat lebih matching dan fit dengan pemakainya.

Jika pemilihan jam tangan ini tepat, maka bisa dipastikan pria yang memakainya bisa menunjukkan penampilan yang lebih keren, maksimal serta bisa memunculkan aura yang bisa dibilang "khas". 

Penggunaan jam tangan yang tepat mampu memberikan kesan estetis, mapan, elegan, berkelas, bahkan intelek. Maka dari itu  sangat penting untuk mengetahui cara memilih jam tangan yang benar.

Berikut ini beberapa cara memilih jam tangan pria yang harus kamu tahu.

1. Brand

Ada banyak sekali brand atau merek jam tangan yang dijual di pasaran. Ada yang sangat terkenal dan ada juga yang namanya tidak pernah terdengar sama sekali.

Brand yang terkenal umumnya memberikan jaminan kualitas yang bagus. Jadinya tidak ada rasa was-was akan fungsi maupun umur dari jam tangan tersebut.

Jika kamu ingin membeli jam tangan maka ada baiknya jika kamu memilih jam tangan yang memiliki merek yang cukup dikenal. Selain kualitasnya yang terjamin, klaim garansi juga mudah.

2. Model

Berikutnya adalah model atau jenis dari jam tangan tersebut. Ada beberapa model jam tangan yang tersedia yang bisa kamu pilih seperti jam tangan kasual, jam tangan formal, dan tangan sporty.

Pilihlah jam tangan yang matching dengan keseharian atau kepribadian kamu. Misalkan jika kamu adalah seorang mahasiswa, kamu bisa memilih jam tangan kasual atau sporty.

Jika kamu seorang karyawan kantoran dengan pakaian kerja berupa kemeja, maka jam tangan kasual dan formal adalah pilihan yang tepat.

3. Material

Berikutnya adalah materialnya. Jam tangan mempunyai material yang berbeda-beda, mulai dari body sampai strap atau talinya.

Umumnya body jam tangan terbuat dari mkaterial logam, seperti logam campuran, stainless steel, keramik, sampai plastik. 

Untuk talinya juga bervariasi, ada yang terbuat dari bahan stainless steel, kulit, keramik, karet, tali nilon dan sebagainya.

Untuk memilih material jam tangan yang cocok denganmu, kamu bisa mempertimbangkan beberapa aspek seperti kenyamanan dengan kulit dan durability dari jam tangan tersebut.

Jangan memilih jam tangan yang strapnya terbuat dari nilon atau karet jika kulitmu tipe kulit yang berkeringat parah untuk menghindari iritasi kulit. Kamu bisa memilih jam tangan dengan strap berupa stainless steel.

4. Ukuran

Berikutnya adalah ukuran jam tangan. Sangat penting untuk memperhatikan ukuran jam tangan akan kamu pilih.

Sebaiknya sesuaikan dengan ukuran pergelangan tanganmu. Jangan pernah memilih jam tangan yang ukurannya besar jika pergelangan tanganmu kecil karena akan menghilangkan kesan balance

Begitupula sebaliknya jika tanganmu besar atau gemuk, jangan memilih jam tangan dengan body dan strap yang terlalu kecil dan tipis.

Selain itu ketebalan dari jam tangan juga perlu diperhatikan. Jangan memilih jam tangan dengan body tebal jika ukuran tanganmu kecil. Kamu bisa menggunakan chart di bawah ini sebagai acuan.

  • Lebar pergelangan tangan 15-17 cm = Rekomendasi lebar jam 38 mm, 40 mm, dan 42 mm.
  • Lebar pergelangan tangan 19-20 cm = Rekomendasi lebar jam 44 mm dan 46 mm.
  • Lebar pergelangan tangan 20 cm = Rekomendasi lebar jam 48 mm dan 50 mm.

5. Warna

Jam tangan tersedia dengan pilihan warna yang cukup banyak. Tentu tidak semua warna jam tangan bisa fit dengan pemakainya.

Namun jika kamu meinginkan jam tangan yang memberi kesan calm, kamu bisa memilih jam tangan dengan warna hitam atau gelap dengan body sedang - kecil dan strap berupa nilon atau rubber.

Berikutnya mempertimbangkan kesesuaian dengan warna kulitmu. Jangan memilih jam tangan dengan warna cerah seperti putih, kuning jika warna kulit tanganmu gelap. Pilih warna yang cukup lembut coklat muda, grey atau maroon. 

Jika warna kulitmu cerah, kamu bisa memilih jam tangan dengan warna apa saja. 

Itulah beberapa cara memilih jam tangan pria yang sebaiknya kamu ketahui sebelum memutuskan untuk memiliki/membeli jam tangan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan