Branding Adalah : Pengertian, Tujuan, Dan Manfaat

— Diupdate Oktober 30, 2022
Branding Adalah : Pengertian, Tujuan, Dan Manfaat

Dalam branding adalah murah dan terpercaya strategi yang digunakan untuk memasarkan sebuah produk ataupun jasa yang dimiliki suatu perusahaan. Strategi ini penting bagi pemilik suatu perusahaan terutama bagi perusahaan baru, agar masyarakat umum mengenal nama perusahaan dan produk yang sedang ditawarkan.

Branding Adalah

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai branding dan pentingnya branding bagi suatu perusahaan, ada baiknya kita mengetahui apa itu branding. Branding berasal dari istilah brand atau merek. Brand merupakan pembeda yang unik antar setiap individu maupun produk. Branding dalam dunia bisnis bisa diartikan sebagai suatu kegiatan pemasaran perusahaan dengan membuat nama, logo, dan motto yang menjadi milik dan ciri khas dari perusahaan tersebut.

Tujuan Branding

Didalam suatu bisnis yang dilakukan perusahaan, kegiatan branding sangat diperlukan. Ini karena branding memiliki fungsi penting untuk sebuah bisnis. Berikut adalah fungsi branding bagi suatu perusahaan :

1. Untuk Pembeda

Fungsi branding yang paling dasar dan utama adalah sebagai pembeda. Dengan memiliki brand yang khas dan kuat, produk dari suatu perusahaan akan lebih mudah dikenal dan diingat oleh konsumen. Bisa dikatakan bahwa branding merupakan penanda dari suatu produk yang memudahkan konsumen membedakannya dari brand perusahaan lain. 

2. Sebagai Daya Tarik Dan Media Promosi

Ketika produk mempunyai brand yang populer dan kuat, otomatis ini akan meningkatkan daya tarik dari suatu produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Sehingga, mempromosikan produk kepada masyarakat akan lebih mudah dilakukan. Dari sini kita semakin tahu dengan jelas mengapa branding penting bagus bisnis suatu perusahaan.

3. Untuk Membangun Citra Perusahaan

Jika suatu perusahaan memiliki reputasi atau citra yang baik di masyarakat, maka perusahaan akan mudah memasarkan produknya. Citra yang baik membuat masyarakat tidak akan meragukan produk dari perusahaan tersebut. Hal ini tentunya tidak lepas dari kegiatan branding yang mampu membangun citra dari suatu perusahaan.

4. Sebagai Pengendali Pasar

Saat kegiatan branding telah dilakukan, dan produk suatu perusahaan telah memiliki nama yang besar dan dikenal masyarakat luas, maka akan menjadikan perusahaan mudah mengendalikan pasar. Hal ini dapat terjadi karena masyarakat telah mengenal produk dari perusahaan dengan baik. 

5. Mempengaruhi Psikologi Konsumen

Terakhir, fungsi dari branding ialah untuk mempengaruhi psikologi konsumen. Ketika branding perusahaan sudah kuat, maka dengan sendirinya konsumen akan menganggap perusahaan tersebut professional sehingga konsumen akan mempercayai perusahaan tersebut. Namun ketika branding suatu perusahaan masih lemah atau bahkan tidak memiliki brand, konsumen akan sulit untuk mempercayai perusahaan tersebut.

Contoh Branding

Supaya mengerti lebih jauh tentang branding, simak beberapa contohnya dibawah ini : 

1. Simbol

Simbol biasanya berupa logo yang dapat dengan mudah dikenali oleh konsumen. Adapun beberapa contohnya adalah, tas belanja pada Shopee, burung terbang pada Traveloka, dan lainnya. Simbol yang menarik memungkinkan konsumen mengingat perusahaan tersebut walaupun melupakan namanya.

2. Slogan

Slogan adalah kalimat khas yang sering diucapkan perusahaan guna mendeskripsikan produknya. Misalnya slogan dari mie instan “Indomie Seleraku”. Slogan dapat membuat konsumen percaya bahwa perusahaan memenuhi keinginan dari konsumen.

3. Diferensiasi

Ketika perusahaan memiliki produk yang sama dengan kompetitor, yang dilakukan adalah menciptakan suatu pembeda. Misalnya dengan kemasan yang lebih baik atau bahan dari produk merupakan bahan kualitas terbaik.

Singkatnya branding adalah strategi yang digunakan untuk memasarkan produk ataupun jasa yang dimiliki suatu perusahaan. Semoga informasi tersebut dapat membantu anda untuk memahami ap aitu branding.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan