Mengenal Apa Itu Jasa Pendirian PT

— Diupdate Oktober 30, 2022
Mengenal Apa Itu Jasa Pendirian PT

Belakangan ini jasa pendirian PT murah dan terpercaya sangat marak. Tidak heran hal ini dapat terjadi karena pemerintah telah membuka kesempatan luas bagi masyarakat untuk dapat mendirikan suatu usaha. Kebutuhan untuk menjalankan roda ekonomi yang macet akibat pandemik, diyakini sebagai penyebab maraknya usaha ini. 

Jasa Pendirian PT

Sebelum membahas lebih jauh, akan lebih baik kita memahami dulu mengenai pengertian dari PT. Perseroan terbatas atau yang biasa dikenal sebagai PT, merupakan salah satu usaha berbadan hukum dimana modalnya berasal dari berbagai saham. Sekarang ini banyak sekali bermunculan banyak PT baru yang kemudian menyebabkan munculnya penyedia jasa yang bertugas untuk membantu mendirikan PT.

Data Yang Diperlukan

Untuk Mendirikan PT Sebelum memutuskan untuk membuat PT melalui penyedia jasa yang bertugas untuk membantu mendirikan PT alangkah lebih baik menyiapkan data-data administratif yang diperlukan. Adapun data-data yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan administratif adalah sebagai berikut ini : 

1. Nama PT

Pertama ketika mempersiapkan nama untuk PT lebih baik sebelumnya Anda mengetahui peraturan dari pemberian namanya. Nama PT paling sedikit terdiri dari tiga suku kata, tidak boleh menggunakan nama serapan asing, dan yang terpenting tidak boleh menggunakan nama PT yang telah terdaftar sebelumnya.

2. Tempat Serta Kedudukan PT

Selain untuk memenuhi kebutuhan administratif, tujuan dari memastikan tempat dari suatu PT adalah agar PT dapat mentaati aturan dari wilayah hukum yang ditempati. Karena setiap wilayah bisa memiliki aturannya sendiri.

3. Maksud Dan Tujuan PT

Tentunya ketika mendirikan suatu PT Anda memiliki tujuan untuk mendirikannya. Maka dari itu Anda diharuskan membuat data tertulisnya beserta dengan kegiatan usaha apa yang dilakukan di PT tersebut. Data-data yang perlu dipersiapkan yaitu: 

  • Bidang usaha yang dijalankan 
  • Bidang usaha ditulis di akta pendirian 
  • Izin usaha 

4. Struktur Permodalan PT

Sejalan dengan paket kebijakan XII PP No. 29 tahun 2016 tentang Perubahan Modal Dasar Perseroan Terbatas, modal dasar tidak harus lagi minimal 50 Juta Rupiah. Namun, sesuai kesepakatan dari para pendiri PT itu sendiri 

5. Pengurus PT

Unsur wajib dari pengurus PT terdiri atas direktur dan komisaris. Dalam sebuah PT dapat terdiri dari dua orang direktur, begitupun juga pada komisaris. Tugas dari direktur adalah menjalankan roda perusahaan serta berwenang menandatangani kontrak, tanda tangan giro, maupun kegiatan lainnya. Sedangkan untuk komisaris bertugas memberikan arahan kepada direktur. 

6. Dokumen Yang Diperlukan

Tentunya untuk mendirikan suatu PT diperlukan berbagai dokumen untuk memenuhi persyaratan administratif untuk legalitasnya. Adapun dokumen-dokumen yang diperlukan adalah sebagai berikut ini: 

  • Fotokopi E-KTP, Kartu NPWP serta KK dari pengurus dan pemegang saham dari PT tersebut. Sedikitnya masing-masing dari pengurus dan pemegang saham 2 orang. 
  • Foto diri direktur PT, ukuran 3x4 dengan latar belakang berwarna merah. 
  • Fotokopi surat PBB yang terakhir atau yang berjalan sesuai domisili perusahaan. 
  • Fotokopi surat kepemilikan kantor, jika sewa bisa menunjukkan surat kontrak atau sewanya. 
  • Surat keterangan pengelola Gedung perkantoran apabila perusahaan berada dalam suatu Gedung perkantoran. 
  • Jika berada di lingkungan perumahan alias kompleks maupun perkampungan sertakan surat keterangan RT/RW 
  • Melampirkan surat keterangan zonasi dari kelurahan 
  • Menyertakan stempel dari perusahaan 
  • Aturan penting lainnya, kantor PT tidak diperbolehkan berada diluar wilayah dari perkantoran, plaza, maupun ruko.

Jadi, itulah penjelasan mengenai jasa pendirian PT serta apa-apa saja yang dipersiapkan apabila ingin menggunakannya. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda untuk mengetahui jasa penyedia pendirian PT.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan