Perlu Diingat, Begini Tips Memilih Jasa Pendaftaran Merek Berpengalaman

— Diupdate Oktober 30, 2022
Tips Memilih Jasa Pendaftaran Merek Berpengalaman

Saat perusahaan mengeluarkan sebuah produk jasa pendaftaran merek murah dan terpercaya tentu menjadi sebuah pertimbangan. Pendaftaran merek dagang atau produk sendiri perlu dilakukan agar terlindungi dari yang namanya pencurian hak cipta.

Selain melindungi hak cipta, pendaftaran merek juga akan membantu promosi jauh lebih mudah dan terarah. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran merek atau produk, berikut ulasan selengkapnya.

Keuntungan Memakai Jasa Pendaftaran Merek

Pendaftaran merek yang dimiliki perusahaan memang dapat dilakukan secara mandiri. Akan tetapi, proses yang lama bisa cukup melelahkan bagi kebanyakan orang, terutama perusahaan. Untuk itu, penting untuk memilih jasa mendaftarkan merek karena beberapa keuntungan yang bisa diperoleh, seperti:

1. Tidak perlu repot dengan prosedur yang ada

Salah satu keuntungan besar menggunakan jasa pendaftaran produk atau merek dagang adalah tidak perlu repot akan prosedur yang ada. Pasalnya, hasil langsung bisa diterima dengan hanya memberikan data dan informasi yang dibutuhkan terkait merek.

2. Layanan yang diberikan bermanfaat

Jasa untuk mendaftarkan merek biasanya memberikan layanan yang bermanfaat, mulai dari pra pendaftaran hingga pasca pendaftaran. Tak jarang, jasa pendaftaran produk juga memberikan layanan arbitrase terkait sengketa merek.

Sengketa merek biasanya terjadi akibat pihak lain menggunakan merek terdaftar tanpa izin atau lisensi dari pemilik. Dengan bantuan dari pihak yang lebih professional, tentu solusi dan penanganan terbaik terkait penyelesaian sengketa merek bisa didapatkan.

3. Mengurangi risiko permohonan ditolak

Masalah yang sering dihadapi pendaftar merek adalah ditolaknya permintaan permohonan merek. Alasan penolakan juga beragam, seperti kurangnya dokumen, salah dalam pengisian data, merek tidak sesuai kriteria, maupun merek mirip dengan yang sudah pernah didaftarkan.

Masalah-masalah tersebut tentunya dapat diminimalisir jika menggunakan bantuan dari jasa pendaftaran produk atau merek dagang. Meski harus membayar sedikit lebih mahal, namun hasil yang diperoleh akan sepadan.

Tips dalam Memilih Jasa Pendaftaran Produk

Agar tidak salah dalam mengambil keputusan, berbagai hal perlu dipertimbangkan sebelum menetapkan jasa untuk mendaftarkan merek dagang. Beberapa pertimbangkan ketika akan menetapkan jasa pendaftaran produk, di antaranya:

1. Sudah terdaftar di pangkalan data

Dalam membantu pengguna jasa, konsultan HKI diperlukan selama proses mengajukan merek produk atau dagang. Pemilihan konsultan HKI pun harus yang sudah terdaftar di pangkalan data. Hal ini diharapkan akan mempermudah dan mempercepat proses pendaftaran merek dagang. 

2. Perhatikan jam terbang

Selanjutnya, jam terbang juga harus diperhatikan saat memilih jasa untuk mendaftarkan merek. Layanan pendaftaran merek yang memiliki jam terbang tinggi menandakan bahwa jasa tersebut bisa diandalkan.

Pasalnya, semakin banyak jam terbang yang dimiliki, maka klien sudah banyak mempercayakan proses pendaftaran pada jasa tersebut. Selain itu, dari segi portofolio yang dimiliki pun lebih banyak dan mampu menyelesaikan berbagai permasalahan.

3. Mematuhi kode etik profesi

Tips lain untuk memilih jasa pendaftaran produk adalah memastikan sudah mematuhi kode etik profesi. Pastikan bahwa jasa tersebut tidak menyampaikan informasi menyesatkan atau menjelekkan jasa lain.

4. Memberikan garansi

Saat sudah memilih layanan pendaftaran merek, pastikan untuk mengetahui keberadaan garansi. Dengan adanya garansi, tentu akan sangat menguntungkan bagi pemohon pendaftaran merek. Tak hanya itu, nantinya pihak pemohon tidak perlu mengeluarkan anggaran lain untuk mengajukan merek.

5. Mampu menangani dari awal hingga akhir

Peran dari jasa untuk mendaftarkan merek adalah mengajukan produk kepada Ditjen HKI melalui berbagai tahapan. Dengan begitu, ada baiknya untuk memilih jasa pendaftaran produk yang mampu menangani proses dari awal hingga akhir pengajuan merek.

Itu dia beberapa informasi terkait keuntungan menggunakan jasa pendaftaran merek dan tips dalam memilihnya. Jika ingin proses mendaftarkan merek atau produk berlangsung lancar, maka pilihlah jasa yang profesional, ya!

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan