Konsultan Pajak Adalah: Peran, Skill, dan Keuntungan

— Diupdate Oktober 30, 2022
Konsultan Pajak Adalah: Peran, Skill, dan Keuntungan

Saat Konsultan pajak adalah murah dan terpercaya pihak yang membantu wajib pajak dalam mengurusi keperluan mereka. Pada dasarnya jika ingin menjadi konsultan terdaftar, konsultan pajak mempunyai lisensi yang resmi dari lembaga terkait. Layanan satu ini diberikan guna melaksanakan segala hak serta memenuhi segala kewajiban perpajakan yang tentunya sesuai dengan undang-undang perpajakan.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak sekali pelaku usaha yang memakai jasa satu ini guna mengefisiensi perusahaannya. Adapun syarat untuk menjadi seorang konsultan pajak yaitu dengan menjadi anggota resmi pada asosiasi konsultan pajak yang mana sudah didaftarkan di Ditjen Pajak. Asosiasi tersebut antara lain Asosiasi Konsultan Pajak Publik Indonesia dan Ikatan Konsultan Pajak Indonesia.

Peran dari Konsultan Pajak Adalah

Dalam membantu klien, konsultan pajak memiliki berbagai peranan, yaitu: 

1) Mempersiapkan laporan SPT pajak

Konsultan berperan dalam membantu laporan SPT, entah untuk perorangan ataupun badan usaha. Biasanya konsultan akan memberikan strategi supaya klien memperoleh pengurangan pajak. Oleh karenanya, mereka membutuhkan informasi terkait peraturan perpajakan.

2) Menentukan jumlah pajak

Peran dari konsultan juga untuk menentukan banyaknya jumlah pajak. Di beberapa kasus, ada juga konsultan pajak yang menentukan banyaknya klien dalam membayar pajak berlebih. Jumlah tersebut harus dibuat dengan detail dan rinci, supaya datanya semakin akurat. Guna menghasilkan keputusan yang pas, biasanya para konsultan akan mengikuti instruksi dari tabel dan formulir pajak.

3) Mewawancarai klien

Konsultan mewawancarai klien untuk mendapatkan informasi mengenai tunjangan penghasilan, besaran penghasilan kena pajak, hingga biaya yang dapat dikurangkan. Informasi tersebut nantinya digunakan untuk menyiapkan pengembalian pajak klien. Konsultan juga perlu memberikan informasinya kepada klien, supaya pengembalian pajak disiapkan dengan mandiri.

4) Memahami aturan dan regulasi pajak

Kadangkala perubahan terhadap kebijakan pemerintah membuat kode pajak berubah. Maka dari itu, konsultan juga bertugas dalam memperbaharui wawasan supaya mereka dapat dengan akurat menginformasikannya ke klien. Salah satunya yaitu dengan bergabung ke komunitas terkait. 

Skill yang harus dimiliki konsultan pajak

Sementara itu, konsultan juga harus mempunyai kemampuan agar para klien mempercayai jasanya. Adapun skill yang wajib dikuasai di antaranya:

  1. Komunikasi
    Komunikasi yang efektif merupakan skill yang wajib dimiliki oleh konsultan pajak. Supaya dapat tercipta suatu kolaborasi yang sempurna Bersama klien.
  2. Mendengarkan
    Selain berbicara, konsultan juga perlu mendengarkan berbagai kebutuhan kliennya dengan cermat. Hal ini agar konsultan paham dengan situasi keuangan sang klien secara akurat. Dengan begitu, tidak ada lagi miss komunikasi di antara kedua pihak.
  3. Berpikir kritis
    Di setiap pekerjaan, kita tentunya dituntut untuk selalu berpikir secara kritis, mendetail, dan efektif. Agar dalam menghadapi permasalahan dapat menghasilkan pendekatan atau solusi yang strategis.
  4. Pemecahan masalah
    Bekerja di bidang perpajakan atau data keuangan, seringkali terlibat berbagai permasalahan yang cukup kompleks dan rumit. Sang konsultan pun perlu mengetahui bagaimana cara menangani serta mengembangkan solusi yang strategis dalam setiap permasalahan klien.

Keuntungan memakai konsultan pajak

Dari peran dan skill seorang konsultan di atas, tentu saja kamu akan memperoleh berbagai keuntungan dari memakai layanan satu ini, di antaranya: 

  • Perusahaan jadi lebih fokus untuk mengembangkan usahanya, sebab beban yang dimiliki untuk mengurus pajak sedikit berkurang. 
  • Mengurangi berbagai macam risiko kesalahan yang akan terjadi. 
  • Pemilik usaha tidak merasa terbebani dengan adanya urusan administratif perpajakan saat proses pembuatan laporan berlangsung. 
  • Waktu yang dipakai dalam mengelola administrasi pajak lebih hemat. 
  • Perusahaan dapat merencanakan pajak dengan lebih efektif. 
  • Dapat menangani berbagai permasalahan dengan cepat hingga tuntas.

Jadi, konsultan pajak adalah pihak yang berwenang untuk membantu keperluan orang-orang yang berkaitan dengan pajak. Adanya konsultan pajak ini diharapkan para pemakai jasa bisa menerapkan kewajiban pajaknya dengan sungguh-sungguh.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan