11 Tips Beri Nama Toko yang Bagus dan Mudah Diingat

— Diupdate November 22, 2022
11 Tips Beri Nama Toko yang Bagus dan Mudah Diingat

Pemilihan toko menjadi faktor penting dalam membangun sebuah usaha, pemilihan nama toko murah dan terpercaya juga menjadi hal penting yang perlu pertimbangan matang ketika menjalankan sebuah bisnis

Baik bisnis offline maupun online keduanya memerlukan akurasi pemilihan nama yang tepat dan tentunya berdampak pada keberlangsungan bisnis. 

Tips Memilih Nama Toko yang Bagus

1. Lakukan Riset Pemilihan Nama Toko

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memberi nama toko adalah melakukan riset yang matang, untuk mendapatkan ide nama toko dan menghindari adanya duplikasi nama toko oleh pihak lain.

2. Gunakan Nama Sederhana dan Hindari Pemilihan Nama Sulit

Pilih nama produk yang mudah diucapkan, sederhana dan tentunya tidak sulit dibaca agar nama toko yang Anda bangun mudah diingat oleh khalayak umum.

Penggunaan nama sederhana juga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan ketika konsumen akan mencari nama toko sehingga toko yang Anda bangun mudah ditemukan.  

3. Gunakan Nama Akronim

Pemilihan nama akronim biasanya menjadi jalan ninja bagi beberapa pemilik bisnis besar, selain unik penggunaan akronim juga biasanya mudah diingat dan memiliki kesan khas.

Namun, perlu kembali diingat gunakan naka akronim yang sederhana, simpel namun berkelas agar citra nama toko yang kalian bangun bisa memberi kesan bagi para calon konsumen

4. Menggunakan Huruf Latin

Penggunaan huruf latin sebagai nama bisnis bisa mempermudah nama toko Anda dibaca dan diingat.

5. Gunakan Nama Bermakna Positif

Anda pernah mendengar nama adalah doa? Kurang lebih alasan ini cukup menjadi rekomendasi Anda untuk menamai nama toko dengan nama positif. Seperti penambahan nama berkah, sejahtera dan sejenisnya. 

Sebaliknya, jangan gunakan nama toko yang bermakna negatif karena makna negatif toko biasanya juga akan membangun toko dengan citra negatif di mata konsumen.

6. Gunakan Nama Anti-mainstream

Gunakan nama anti-mainstream, tidak harus formal namun memiliki kesan bagi para pendengar dan calon konsumen. 

Pemilihan nama anti-mainstream juga menjadi rekomendasi nama yang sering digunakan pebisnis millennial di era sekarang.

7. Sesuaikan Nama dengan Jenis Produk/ Usaha

Anda juga bisa menyesuaikan nama toko dengan nama produk yang ada jual, cara ini juga bisa menjadikan toko mudah ditemukan di mesin pencari, biasanya terpengaruh dari keyword produk yang sedang dicari calon konsumen.

8. Jangan Gunakan Angka 

Jika bisa usahakan jangan menyelipkan angka dalam nama toko Anda, karena penambahan angka biasanya akan mempersulit calon konsumen mencari toko Anda. 

9. Hindari Menggunakan Nama Tempat/Daerah

Jika toko Anda memang direncanakan hanya bertempat di satu wilayah atau menjual barang khas wilayah tertentu saja Anda bisa menggunakan nama tempat atau daerah.

Tapi, jika Anda memiliki rencana lain selain di atas sebaiknya jangan gunakan nama daerah karena hal ini bisa mempengaruhi kepercayaan konsumen.

10. Pilih Nama Domain Jika Menggunakan Website

Pemilihan nama domain memiliki sistem siapa cepat dia dapat, sehingga Anda perlu mencari nama se-kreatif mungkin agar Anda bisa mendapatkan nama domain yang Anda inginkan.

11. >Gunakan Tools untuk Mengecek Nama Toko

Tips terakhir, Anda bisa memanfaatkan tools gratis dari website-website penyedia untuk mengecek nama toko yang ada gunakan untuk menghindari duplikasi dengan pihak lain.

Tetap kreatif dan beri nama toko yang bagus dan mudah diingat untuk sukseskan bisnis yang Anda kembangkan, semoga bermanfaat.

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan