Beberapa Manfaat Penting Melakukan Perpanjangan Merek

— Diupdate Desember 23, 2022

Setiap usaha pasti akan memiliki sebuah merek yang bisa membantu nama mereka menjadi lebih diingat oleh publik. Oleh karena itu, sebagai pelaku Anda harus mendaftarkan merek tersebut pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Tidak hanya mendaftarkan saja, namun melakukan perpanjangan merek juga termasuk hal penting, mengapa kah demikian?

Perpanjangan Merek

Proses untuk memperpanjang jangka waktu merek harus dilakukan ketika waktu perlindungan merek sudah jatuh waktu tempo. Lantas, apa saja manfaat yang bisa diperoleh apabila melakukan perpanjangan pada durasi perlindungan merek?

1. Menjaga Nama Baik Usaha

Manfaat yang pertama adalah hal ini mampu menjaga nama baik perusahaan dan memperoleh kepercayaan yang tinggi dari konsumen. Sebab, apabila usaha Anda memiliki status merek dagang yang tidak terlalu jelas, maka segala usaha yang ingin Anda lakukan dalam memasarkan produk tersebut akan menjadi sia-sia.

Sebab, konsumen akan merasa kurang bisa mempercayai bisnis yang masih abu-abu kejelasannya. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk memperpanjang perlindungan merek tersebut sehingga nama baik usaha yang Anda miliki pun tidak tercemar sama sekali. Dengan nama baik usaha yang selalu terjaga martabatnya, maka konsumen pun akan berusaha untuk membeli produk Anda.

2. Mencegah Plagiarisme

Terkadang, ada beberapa pihak tidak bertanggung jawab dengan tingkat kreativitas rendah yang bisa melakukan tindakan plagiarisme pada merek lainnya. Apabila tiba-tiba muncul produk atau jasa yangmemiliki kemiripan terlalu identik dengan usaha Anda, maka tentunya hal ini dapat membuat Anda dirugikan sebab mereka tidak meminta persetujuan sama sekali.

Agar terhindar dari hal seperti ini, maka ada baiknya apabila Anda mendaftarkan merek tersebut pada pihak hukum sehingga Anda pun bisa menuntut pihak lain yang melakukan plagiarisme pada produk usaha Anda. Dengan begitu, tidak akan ada pihak lain yang berani atau pun melakukan tindakan semena-mena yang mengganggu usaha Anda.

3. Nilai Merek Akan Bertambah

Merek usaha yang Anda miliki adalah salah satu aset yang begitu berharga sebab aset ini penting untuk membantu proses kelangsungan bisnis yang sedang Anda jalani. Apabila Anda memperpanjang durasi perlindungan merek, maka nilai aset tersebut pun akan semakin bertambah setiap saat.

Hal ini akan sangat menguntungkan bagi Anda sebab merek yang nilainya besar tidak akan pernah sepi dari permintaan klien atau pembeli. Bahkan, ketika merek yang Anda miliki tersebut memiliki jangka waktu yang sangat lama, maka Anda menjadikan merek tersebut sebagai waralaba yang dibangun di seluruh daerah Indonesia.

4. Jangka Waktu Perlindungan Hukum Akan Bertambah

Manfaat yang terakhir tentu saja jangka waktu perlindungan hukum yang akan dimiliki oleh merek tersebut akan semakin bertambah. Umumnya, jangka waktu perlindungan hukum untuk merek akan berlangsung hingga 10 tahun lamanya. Ketika pertama kali mendaftarkan merek, maka pemilik akan diberi hak yang eksklusif oleh negara.

Ketika Anda memperpanjang perlindungan merek, maka Anda dilindungi selama 10 tahun lagi. Bahkan, Anda sebagai pemilik merek yang sudah diperpanjang dapat melayangkan gugatan kepada pihak lain untuk membatalkan pendaftaran merek dagang yang memiliki kesamaan dengan merek dagang Anda.

Begitulah manfaat penting perpanjangan merek yang bisa menjadi informasi bagi Anda. Tidak salah lagi, mendaftarkan dan memperpanjang merek adalah hal yang dapat memberikan manfaat besar untuk Anda sebagai pelaku usaha yang baru saja merintis bisnis atau bahkan sudah berpengalaman sebelumnya.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan