Tips Memasarkan Bisnis Kos Kosan Agar Cepat Laku

— Diupdate Januari 13, 2023
Tips Memasarkan Bisnis Kos Kosan Agar Cepat Laku

Masa pandemi membuat banyak bisnis di berbagai sektor mengalami kerugian. Termasuk juga bisnis kos kosan karena adanya sistem belajar dan bekerja dari rumah. Sebagian besar mahasiswa pulang kampung membuat banyak kamar kos yang kosong.

Tidak sedikit juga pemilik kos yang memilih untuk menjual bisnisnya agar tidak merugi. Namun kini kondisi berangsur pulih, bisnis kos mulai kembali memberikan untung. Anda yang memiliki bisnis ini sebaiknya mengenali bagaimana memasarkan kos agar tidak ada kamar yang kosong.

Tips Pemasaran Bisnis Kos Kosan Wajib Ditiru Pemula

Cara memasarkan bisnis kos tidak jauh berbeda dengan jenis bisnis lainnya baik itu penjualan makanan atau pakaian. Selama lokasinya strategis pemasaran tidak akan sulit dilakukan. Bahkan Anda bisa melakukannya kini secara online dan offline.

Beberapa tips berikut ini akan membantu Anda untuk memasarkan kamar kos sehingga cepat terisi.

1. Menciptakan Promosi Harga

Saat memasarkan, kata yang menarik di benak orang lain adalah promosi harga. Banyak orang yang mencari promosi harga ketika mencari kos. Hal inilah yang harus Anda lakukan untuk menarik perhatian.

Buat promo harga sewa murah dalam waktu tertentu untuk menciptakan kesan urgensi. Selain harga Anda juga bisa memberikan kesan urgent dengan menjelaskan bahwa hanya tersisa kamar sedikit

2. Memasarkan melalui Media Sosial

Tips selanjutnya adalah memasarkan melalui media sosial. Cara ini gratis sehingga tidak membuat Anda harus mengeluarkan uang. Sangat mudah, Anda hanya perlu membuat akun di media sosial.

Kemudian pasang iklan yang berisi konten foto. Buat tampilan kos kosan menarik dan bersih sehingga orang tertarik untuk melihatnya. Tambahkan juga informasi promo harga yang tadi telah Anda buat. 

3. Membuat Poster

Pemasaran yang selanjutnya ini cukup tradisional yaitu dengan membuat poster menarik. Anda bisa menempelkan poster ini di sekitar area kampus, di depan halaman atau pagar kos sampai area perkantoran.

Pastikan bahwa poster yang dibuat ini meliputi biaya, nomor yang bisa dihubungi sampai sekilas foto kamar kos yang menarik. Berbeda dengan cara sebelumnya, Anda harus menyediakan modal untuk mencetak poster dan meluangkan waktu untuk memasangnya.

4. Memberikan Pelayanan Terbaik bagi Anak Kos

Bukan hanya pemasaran secara eksternal seperti ketiga cara di atas. Anda juga harus bersikap baik dan ramah kepada anak kos yang saat ini ada. Tujuannya adalah membuat mereka betah dan mau menyewa kamar dalam jangka panjang.

Kedua adalah supaya memberikan impresi baik dan mereka pun tidak segan untuk menawarkan kamar kos Anda ke kerabat atau teman. Marketing dari mulut ke mulut sampai saat ini masih memberikan dampak yang cukup besar dan menguntungkan.

5. Bekerja Sama dengan Agen Kos 

Anda sibuk dan tidak bisa melakukan pemasaran sendiri secara intens? Solusinya adalah meminta bantuan dari agen kos. Agen ini akan membantu Anda untuk memasarkan bisnis kos secara online dan offline.

Beberapa bahkan akan membawa langsung calon anak kos untuk melihat kamar. Langkah ini akan mempermudah Anda ketika tidak paham dengan cara pemasaran atau tidak memiliki waktu. Tentunya dibandingkan pemasaran yang dilakukan sendiri, Anda harus mempersiapkan modal yang cukup besar ketika bekerjasama.

Inilah beberapa cara untuk memasarkan bisnis kos kosan yang Anda miliki. Pastikan saja bahwa Anda rutin melakukan pemasaran sehingga kos lebih cepat dikenal. Persiapkan juga fasilitas yang lengkap karena kebanyakan orang akan mempertimbangkan masalah ini juga.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan