Informasi Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 49

Informasi Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 49

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 49 merupakan hal yang dinantikan banyak orang. Pasalnya kartu prakerja bisa memberikan banyak keuntungan kepada para pesertanya.

Informasi mengenai seputar kartu prakerja apakah pendaftaran gelombangnya sudah dibuka kembali atau belum bisa dicek pada akun prakerja atau melalui media mainstream seperti AshefaNews atau media lainnya.

Apa Itu Kartu Prakerja?

Kartu prakerja merupakan program nasional yang diusung oleh pemerintahan presiden Joko Widodo dan sudah dilaksanakan gelombang pertamnya pada 11 Apris 2020 lalu.

Program ini merupakan upaya yang dilakukan untuk membantu banyak orang meningkatkan kompetensi angkatan kerja seperti soft skill maupun hard skill dengan menyediakan berbagai macam pelatihan.

Ada berbagai jenis pelatihan yang tersedia yang bisa dipilih seperti cara berjualan secara online, menjadi fotografer, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial dan lain-lain.

Selain mendapatkan keuntungan berupa skill yang diperoleh dari pelatihan yang disediakan oleh progam kartu prakerja ini, peserta juga berhak mendapatkan uang insentif.

Uang insentif yang disediakan ini tersedia dalam 3 jenis yaitu dalam bentuk non-tunai yang digunakan untuk membeli pelatihan, uang yang bisa ditarik tunai yang diperuntukkan untuk peserta mencari pekerjaan nantinya serta uang survey.

Detail skema nominalnya sebagai berikut:

  • Saldo Pelatihan : Rp 3.500.000
  • Insentif Pasca Pelatihan : Rp 600.000
  • Insentif Survey Evaluasi : Rp 50.000 (2x)

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 49

Sejauh ini program kartu prakerja di sudah mencapai gelombang 48 di tahun 2023 ini. Proses pendaftaran dibuka sejak bulan 17 Februari ini.

Bagi yang belum sempat mendaftar ataupun belum berhasil lolos pada tahap seleksi penerimaan peserta kartu prakerja gelombang sebelumnya bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi pada gelombang berikutnya.

Untuk bisa mengikuti program kartu prakerja pada gelombang 49 atau gelombang berikutnya, Anda bisa mengikuti skema pendaftaran yang sudah tersedia.

Jika Anda sebelumnya sudah pernah mendaftar dan memiliki akun prakerja yang sudah aktif, maka Anda cukup mengecek pada dashboard apakah pendaftaran gelombang sudah dibuka atau tidak.

Sedangkan untuk Anda yang belum pernah mendaftar atau membuat akun sebelumnya, Anda bisa mengakses situs Prakerja untuk membuat akun dulu.

Berikut ini cara daftar prakerja yang kami rangkum dari situs AshefaNews:

1. Persyaratan

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia 18 – 64 tahun
  3. Peserta tidak sedang menempuh pendidikan formal
  4. Peserta sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan
  5. Peserta bukan merupakan pekerja penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  6. Peserta bukan penerima bantuan sosial lainnya dari pemerintah selama pandemi COVID-19
  7. Peserta bukan pejabat negara, pejabat daerah, pejabat desa, anggota TNI/Polri atau direksi/komisaris/dewan pengawas BUMD atau BUMN.
  8. Dalam satu KK hanya boleh ada dua peserta yang menerima manfaat Kartu Prakerja

2. Membuat Akun Prakerja

  1. Log in ke situs www.prakerja.go.id
  2. Klik Daftar
  3. Isi data diri lengkap
  4. Melakukan konfirmasi akun yang dikirim melalui email
  5. Setelah melakukan konfirmasi, kemudian log in kembali dengan username dan password yang sudah dibuat
  6. Memasukkan nomor KTP dan KK
  7. Mengisi data pribadi secara lengkap
  8. Memasukkan nomor telepon dan konfirmasi lewat OTP yang dikirim melalui SMS dan Akun Kartu Prakerja selesai dibuat

3. Mendaftar Prakerja

  1. Log in ke situs www.prakerja.go.id
  2. Masukkan nomor NIK dan KK
  3. Masukkan data diri yang diminta
  4. Siapkan kertas dan alat tulis karena akan ada Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online
  5. Setelah selesai mengikuti tes, klik Gabung
  6. Setelah proses selesai, peserta tinggal menunggu pengumuman lolos atau tidaknya.

Penutup

Kartu Prakerja adalah platform dari program nasional yang diusung oleh pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas serta daya saing angkatan kerja.

Selain itu pelatihan ini juga diharapkan bisa mengembangkan kreatifitas peserta hingga mampu melihat luasnya potensi kerja yang tersedia saat ini. sehingga bisa mengurangi angka pengangguran.

Pendaftaran kartu prakerja gelombang 49 akan dibuka satu bulan atau lebih setelah pendaftaran gelombang sebelumnya dibuka. Agar tidak ketinggalan maka sebaiknya Anda mengecek dasboard prakerja secara berkala.

edit
Tambahkan Komentarmu Sembunyikan Komentar 1

Batalkan

1 Komentar