Mengenal Oploverz serta alternatifnya

Bagi para pecinta anime kata Oploverz mungkin sudah tidak asing lagi. Oploverz merupakan website yang menyediakan banyak anime yang bisa ditonton secara gratis.

Industri animasi mengalami perkembang pesat dari masa ke masa. Terutama animasi Jepang yang lebih dikenal dengan istilah anime. Kepopulerannya bahkan merambah ke seluruh dunia.

Kepupopuleran anime dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk kemajuan teknologi yang membuat lebih mudah untuk mengakses konten anime, penambahan genre dan sub-genre yang membuat anime lebih cocok dengan berbagai selera, serta popularitas kultur Jepang secara umum. 

Anime juga memiliki fanbase yang sangat setia, yang membantu mempromosikan dan meningkatkan popularitas anime. Popularitas anime terus berkembang dan saat ini tersebar di seluruh dunia.

Berbicara tentang kemudahan mengakses anime, di era dimana penggunaan gadget digital merata ini, sangat mudah bagi orang-orang untuk bisa mengakses dan menonton anime.

Jika dulu kita harus menyewa CD atau menunggu anime yang terjadwal di TV tayang, sekarang lebih fleksibel karena platform penyaluran anime tidak terbatas di situ saja.

Terdapat banyak platform streaming berupa website dan aplikasi smartphone yang menyajikan anime yang bisa ditonton secara gratis maupun berbayar, baik yang statusnya legal maupun ilegal.

Apa Itu Oploverz?

Oploverz merupakan salah stu situs yang menyediakan anime yang bisa ditonton bahkan didownload. Di situs terdapat banyak genre anime yang tersedia. List anime terupdate-pun tersedia di sana.

Situs ini cukup terkenal bersama dengan situs streaming anime lainnya seperti Anoboy atau Otakudesu di kalangan para pecinta anime. Pasalnya terdapat banyak anime yang bisa ditonton di sana.

Hanya saja perlu diketahui bahwa situs-situs ini bersatus ilegal sehingga mungkin beberapa di antaranya atau bahkan semuanya masuk dalam daftar blokir internet sehat Kemetrian Komunikasi dan Informasi.

#1. Daftar Anime

Terdapat banyak sekali anime di situs ini, mulai dari yang judulnya tidak pernah terdengar sampai anime yang sangat populer. Bahkan anime-anime terbaru yang statusnya ongoing atau sedang berjalan juga ada.

Berikut daftar anime populer yang terdapat di situs ini:

  1. Naruto
  2. One Piece
  3. Kimetsu No Yaiba (Demon Slayer)
  4. One Punch Man
  5. Haikyuu
  6. Hunter x hunter
  7. Gintama
  8. Sword Art Online (SAO)
  9. Samurai X
  10. Shingeki No Kyojin (Attack On The Titan)
  11. dll

#2. Cara Menonton

Untuk menonton anime di Oploverz caranya sebenarnya cukup mudah yaitu hanya dengan mengakses situs resmi dari Oploverz. Hanya saja mungkin alamat situsnya berubah dari masa ke masa.

Ini adalah problem yang sering dialami oleh banyak penyedia streaming anime yang tidak resmi. Pasalnya mereka harus bermain kucing-kucingan dengan pemerintah.

Jika alamat webnya kedapatan oleh internet positf, maka mereka akan membuat alamat lain dengan mengganti ekstensinya (domain). Makanya jangan heran jika hari ini ekstensinya *.com dan 2 bulan kedepannya berubah menjadi *.info.

#3. Resiko Mengakses

Sangat penting bagi kalian untuk memahami resiko dari mengakses sebuah situs streaming ilegal termasuk Oploverz. Umumnya situs-situs menampilkan banyak sekali iklan-iklan yang intrusive.

Beberapa situs kadang akan mengalihkan pengguna ke halaman download aplikasi yang tidak tahu itu aplikasi apa. Bisa saja aplikasi tersebut mengandung virus atau malware.

Selain rentan akan kejahatan siber, terinveksi virus atau malware dan gangguan iklan intrusif, dengan mengakses situs semacam ini kalian secara tidak langsung mendukung pelanggaran hak cipta yang mereka lakukan.

Dengan mempertimbangkan hal di atas, kami sangat tidak merekomendasikan Oploverz atau situs-situs sejenisnya ini kepada kalian yang ingin menonton anime. Maka dari itu kami juga akan menyediakan alternatif situs streaming anime yang legal.

Alternatif Legal Lain Untuk Menonton Anime

Jika kalian mencari alternatif lain Oploverz yang lebih aman, nyaman dan pastinya legal, berikut beberapa situs streaming anime gratis yang wajib kalian kunjungi.

#1. Muse Asia

Muse Asia merupakan channel Youtube yang menyediakan banyak anime termasuk beberapa anime yang sedang berjalan. Bahkan anime populer seperti One Punch Man, Spy x Family, That Time I Got Reincarnated as a Slime juga tersedia di sini.

Channel ini adalah milik Muse Communication Co., Ltd, sebuah perushaan yang memegang lisensi/hak siar banyak animasi Jepang.

Saat ini Muse sudah memiliki beberapa channel regional seperti Muse Indonesia, Muse Vietnam, Muse Philippines dan lain-lain.

Platform: Channel Youtube

#2. Ani One Asia

Sama halnya dengan Muse, Ani One merupakan channel streaming anime gratis yang tersedia di Youtube. Channel ini juga dimiliki oleh perusahan bernama Medialink Group Entertainment.

Ada banyak anime populer yang tersedia di sisni slah satunya Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo! atau Konosuba serta banyak anime lawas juga.

Perusahaan ini memegang lisensi banyak anime yang bisa dinikmati di chanel Youtube Ani One Asia. Terdapat juga anime dengan status "Ultra" yang menayangkan beberapa anime populer seperti Haikyuu! dan Bleach.

Platform: Channel Youtube

#3. Gundam Info

Berikutnya adalah Channel Gundam Info. Anime yang tersedia di sini khusus serial gundam saja. Channel ini juga termasuk resmi yang dimiliki oleh perusahaan Bandai.

Platform: Channel Youtube

#4. Iqiyi

Meskipun merupakan brand dari Tiongkok, namun animasi yang disediakan di sini tidak hanya donghua saja tapi termasuk animasi Jepang. Terdapat banyak judul anime populer di platform streaming ini seperti That Time I Got Reincarnated as a Slime, My Hero Academia, Haikyuu! dan sebagainya.

Di aplikasi Iqiyi tidak hanya animasi yang bisa kalian nikmati, tapi terdapat juga banyak serial drama dan juga film terutama yang bergenre wuxia (silat)

Platform: Aplikasi Mandiri (Iqiyi), Channel Youtube (khusus Donghua)

#5. Crunchyroll

Berikutnya adalah Crunchyroll. Platform yang satu ini memiliki banyak sekali koleksi anime dan terupdate. Tidak hanya anime, terdapat juga manga digital yang bisa dinikmati.

Untuk bisa mengakses anime dan manga di Crunchyroll, kalian harus membuat akun terlebih dahulu. Kalian akan mendapatkan akses gratis layanan premium selama 14 hari.

Setelah akses gratis tersebut habis kalain bisa memilih untuk berlangganan dengan buaya yang cukup murah yaitu sekitar 39 ribuan perbulannya.

Platform: Website, Aplikasi Mandiri (Crunchyroll)

Akhir Kata

Menonton anime merupakan hal yang sangat menyenangkan. Apalagi saat untuk mengakses anime terbilang cukup mudah. Terdapat banyak platform yang menyediakan anime untuk ditonton. Beberapa di antaranya seperti Oploverz.

Namun dengan alasan kenyamanan dan keamanan maka ada baiknya jika kalian memilih platform streaming anime yang legal. Ada banyak opsinya mulai dari yang gratis seperti Muse Asia sampai yang berbayar seperti di Crunchyroll.

Sumber gambar: www.myanimelist.net

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan