Yandex, alternatif mesin pencari Google

Mesin pencari (Search Engine) adalah hal penting yang digunakan setiap hari oleh banyak orang untuk menemukan informasi yang dibutuhkan. Salah satu mesin pencari yang paling populer adalah Google. 

Namun, tahukah Anda bahwa ada alternatif lain yang bisa Anda gunakan? Mungkin yang Anda tahu adalah Yahoo. Pasalnya Yahoo juga cukup populer di Indonesia, setidaknya beberapa tahun yang lalu.

Selain Yahoo terdapat juga mesin pencari Bing yang merupakan produk dari Microsoft, Baidu mesin pencari terbesar di Cina dan juga Yandex yang berasal dari Rusia.

Pada artikel ini penulis akan memberi pembahasan singkat tentang Yandex, layanan mesin pencari yang populer di Rusia ini.

Apa Itu Yandex?

Yandex adalah mesin pencari yang berasal dari Rusia. Diluncurkan pada tahun 1997, Yandex saat ini menjadi mesin pencari terbesar di Rusia dan negara-negara sekitarnya.

Sejarah Yandex dimulai ketika sekelompok ilmuwan dan insinyur dari Universitas dan Pusat Ilmu Komputer Moskow memutuskan untuk membuat mesin pencari yang khusus diterapkan untuk pasar Rusia.

Proyek yang dipimpin oleh Arkady Volozh dan Ilya Segalovich, yang kemudian menjadi pendiri dan CEO Yandex akhirnya mulai meluncurkan mesin pencari Yandex pada bulan September 1997.

Tidak butuh waku yang lama, Yandex menjadi mesin pencari yang sangat populer di negara Rusia dan sekitarnya.

Mesin pencari Yandex ini kemudian dilengkapi fitur-fitur unggulan seperti pencarian suara, pencarian gambar, dan pencarian video, serta memiliki kebijakan privasi yang ketat untuk melindungi informasi pengguna. 

Yandex bisa digunakan di beberapa negara, terutama di wilayah Rusia dan negara-negara sekitarnya seperti Belarus, Kazakhstan, dan Uzbekistan. Namun, Yandex belum sepopuler Google dan mungkin kurang dikenal di negara-negara lain. 

Begitu pula di Indonesia. Yandex kurang populer, dalam hal ini, Google masih menjadi pilihan utama bagi kebanyakan pengguna internet di Indonesia dan di seluruh dunia.

Sedangkan di beberapa negara seperti Amerika dan sekutunya, layanan Yandex maupun layanan lain yang berasal dari Rusia diblokir. Hal ini sebagai imbas perang Rusia-Ukraina.

Saat ini Yandex tidak hanya menyajikan mesin pencari tetapi juga layanan internet lain seperti portal web, map, navigator, transportasi umum, taksi, cuaca, berita, musik, program TV, e-commerce, email, gratis, scloud storage dan banyak layanan lainnya.

Yandex Vs Google

Sama-sama mesin pencari dengan keunggulannya masing-masing, Yandex mampu bersaing dan menjadi mesin pencari paling populer di Rusia.

Yandex menguasai sekitar 10% market share di Rusia. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa Yandex merupakan produk asli asal negara tersebut yang memberi rasa "local pride" bagi orang Rusia.

Selain itu Yandex teroptimasi untuk bahasa lokal di sana sehingga hasil pencarian yang ditampilkan jauh lebih akurat dibanding dengan Google.

Lalu bagaimana jika menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Indonesias?, berdasarkan pengalaman penulis, hasil yang ditampilkan oleh Google masih lebih relevan.

Apalagi anatomi hasil pencarian yang ditampilkan oleh Google lebih lengkap seperti hasil teks, hasil kaya (rich snippet), hasil gambar, hasil video, hasil eksplorasi berupa grup pertanyaan terkait dan grup penelusuran terkait.

Namun untuk hasil penelusuran gambar Yandex menyajikan hasil yang lebih relevan. Apalagi di tambah terdapat keyword penelusuran terkait gambar tersebut ketika gambar diklik dan jika gambarnya adalah orang/tokoh maka mucul penelusuran nama orang/tokoh tersebut.

Untuk mengetahui yang mana yang lebih baik antara Google dan Yandex tentunya butuh comparasi yang mendalam namun hal itu tidak akan penulis lakukan di artikel ini.

Yandex Sebagai Alternatif Google

Mesin pencari sudah terpasang di setiap browser yang terinstal pada gadget. Pada PC atau laptop bersistem Microsoft Windows 7 ke atas, browser bawaan internet explorer dan Edge secara default menggunakan Bing sebagai mesin pencarinya.

Sedangkan jika browsernya menggunakan Google Chrome maka mesin pencari default-nya adalah Google Search. Kalau Mozilla Firefox umumnya juga menggunakan Google Search.

Google masih mendominasi pangsa mesin pencari di seluruh dunia. Apalagi di perangkat ponsel pintar berbasis android yang notabene juga merupakan produk Google.

Hasil pencarian yang ditampilkan Google bisa dibilang lebih relevan dibandingkan Yandex untuk target lokasi Indonesia. Ditambah lagi adanya fitur grup pertanyaan terkait yang menurut penulis sangat membantu.

Anda bisa menggunakan Yandex sebagai alternatif jika Anda sedang berada atau mencari kontent berbahasa Rusia karena hasilnya akan jauh lebih akurat.

Atau Anda ingin melakukan penulusuran gambar, maka Yandex adalah pilihan terbaik.

Cara Menggunakan Yandex

Di Indonesia layanan Yandex bisa digunakan tanpa masalah. Cara menggunakannya pun cukup mudah, sama halnya dengan mesin pencari lainnya seperti Google.

Cukup buka browser Anda, lalu pada kolom address bar silahkan ketikkan yandex.com nanti halaman beranda Yandex Search akan terbuka. Atau Anda juga bisa menggunakan browser Yandex untuk menjelajahi internet.

Dengan menggabungkan Yandex dengan Google, Anda mungkin akan memperoleh hasil terbaik dari kedua mesin pencari ini.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan